Mata  kuliah  ini    membekali  mahasiswa  pemahaman  tentang  hakikat,  fungsi,  dan  kriteria  presentasi ilmiah yang baik dan penulisan resensi buku, review artikel jurnal, teks proposal, teks artikel ilmiah, dan teks sastra secara problem solving dan melalui penugasan baik secara individual maupun kelompok.

Matakuliah ini dimaksudkan untuk mempelajai tata cara dan prosedur pengembangan evaluasi dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia sertakemampuan menggunakan berbagai bentuk asesmen bahasa. Pokok bahasan meliputi: prinsipprinsip evaluasi pembelajaran, pendekatan dan dasar pengembangan dan penggunaan alat evlauasi bahasa dalam ranah afektif, kognitif, prikomotor, serta penafsiran dan penetapan hasilnya. Diskusi dan presentasi merupakan kegiatan utama perkuliahan, disusul dengan proyek akhir semester yang berupa laporan analisis pelaksanaan nyata suatu bentuk evaluasi pembelajaran bahasa

Assalammualaikum warohmatullahi wabarakatu


Rekan-rekan yang saya hormati, selamat datang di perkuliahan daring mata kuliah Penulisan Proposal Tesis. 
Perkuliahan ini diampu oleh tim pengajar, yaitu:

Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.



selaku pengampu pertama.

Prof Dr. Andayani, M.Pd.

Portal Portofolio Dosen ::.

selaku pengampu kedua. 

Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan,

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan teoretik tentang perpektif penulisan proposal tesis, dalam perspektif bahasa, sasatra, dan kebudayaan Indonesia, dan pembelajarannya; memberikan pengetahuan tentang desain, tipologi dan epistemologi riset, kajian literatur, standar dan triangulasi riset, menulis akademik; meningkatkan keterampilan memetakan isu/masalah/fenomena dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,memilih topik riset tesis yang baik; meningkatkan kemampuan menyusun proposal penulisan proposal tesis untuk tesis dalam bidang pendidikan bahasa Indnesia dengan baik serta melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Indoesia dan menyusun laporan penulisan proposal tesis dengan baik; dan menunjukkan perilaku jujur, tekun, teliti, disiplin, responsif, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan menghasilkan karya.


Sekali lagi selamat datang di perkuliahan Penulisan Proposal Tesis. 
Semangat selalu dalam mengikuti perkuliahan daring. 
Dan pastinya, jaga selalu kesehatan: kesehatan diri, kesehatan keluarga, dan kesehatan masyarakat. 

Selamat dan semangat untuk belajar...

Wassalamualaikum warohmatullahi wabaratuh

Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan buah pikiran, hasil telaah, dan hasil penelitian dalam bidang psikolinguistik secara jelas, sistematis, runtut, dan logis, serta mampu menanggapi dan memanfaatkan tanggapan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas pemikiran dan penulisannya. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan mengenai psikolinguistik. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk menyeminarkan (mendiskusikan) karya mahasiswa dalam bidang psikolinguistik.

 


Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa pada kajian prosa, puisi, dan drama. Kajian dan apresiasi prosa fiksi ini perlu diajarkan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai cara menganalisis prosa, puisi, dan drama dalam berbagai karya sastra angkatan BP sampai angkatan 200 dengan berbagai pendekatan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penguasaan terhadap mata kuliah prasyarat diperlukan sekali sehingga mahasiswa benar-benar mampu mengimplementasikan apresiasi dan kajan sastra secara patut (appropriateness) dan layak

(feasible).


BIPA sebagai mata kuliah di S2 PBI Pascasarjana FKIP UNS merupakan mata kuliah wajib dengan yujuan memberi bekal bagi lulusan untuk dapat mengajar bahasa Indonesia bagi orang asing atau non penutur asli

Keterampilan Ekspresif Bahasa dan Sastra Indonesia

Semantik

Mata kuliah ini membekali mahasiswa  tentang konsep-konsep dan implementasi evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang mencvakup  konsep-konsep umum penilaian, teknik, dan instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran bahasa dan sastra sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang berlaku.. Teknik dan instrumen evaluasi tersebut  diimplementasikan dalam pengembangan  evaluasi kemampuan berbahasa secara reseptif maupun produktif yang diuji validitas dan reliabilitasnya serta pngelolaah hasil penilaian dan tindak lanjutnya. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan konsep-konsep penilaian kelas, satuan pendidikan, dan nasional.