Kelas ini sebagai wahana bimbingan tugas akhir Skripsi, Tesis dan Disertasi

Mata kuliah ini membahas tentang hakekat matematika, teori belajar matematika SD, model-model pembelajaran matematika SD, teori pengembangan pembelajaran
matematika SD, model, media dan penilaian pembelajaran matematika SD, permasalahan pada topik matematika SD dan pengembangan pembelajaran pada topik-topik matematika SD

Mata kuliah membahas dan mengkaji hakikat konsep dasar IPS SD, karakteristik konsep dasar IPS, sejarah perkembangannya, ruang lingkup dan cakupan IPS


Mata kuliah ini 
memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk memahami Teori belajar, memahami Konsep-konsep dasar strategi, pendekatan dan model pembelajaran, Pembelajaran berbasis konteks, agar Melek matematika dan  Prinsip dan standar untuk matematika sekolah berdasarkan NCTM serta mampu memanfaatkan sejarah matematika untuk mengajar matematika


Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mengenal apa sebenarnya hakekat manusia dan pengembangannya, sehingga lebih menjiwai tentang apa hakekat pendidikan dan unsur unsur pendidikan, memahami  landasan dan Asas asas pendidikan, melakukan Perkiraan dan Antisipasi terhadap Masyarakat masa depan, memahami Pengertian, fungsi dan Jenis Lingkungan Pendidikan, mengidentifikasi Aliran aliran Pendidikan, menganalisis, Permasalahan Pendidikan, menelaah Sistem Pendidikan Nasional, serta mengevaluasi keterkaitan Pendidikan dan pembangunan

Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mengenal apa sebenarnya unsur penting dalam proses perancangan pembelajaran, bagaiman menganalisis kebutuhan belajar dan tujuan pembelajaran, bagaimana mengembangkan isi pembelajaran (bahan ajar), aktivitas belajar, dan interaksi pembelajaran, bagaimana mengembangkan penilaian pembelajaran, mengidentifikasi metode pengembangan dan menggunakannya dalam proses pengembangan, serta mampu mengevaluasi program yang telah dirancang

Mata kuliah ini berisi konsep  dasar dan penerapan analisis korelasi dan analisis komparasi disertai pemanfaatan aplikasi statistical software  terutama MINITAB dan SPSS untuk menganalisis data hasil penelitian kemudian menginterpretasikan hasil analisis tersebut dengan baik dan benar untuk keperluan  penelitian kuantitatif.

Metode Penelitian Kuantitatif adalah Matakuliah Prodi Pendidikan Matematika Smt 5

Good Morning Class!

How are you today?

The topic is about "Home Activities"


Mata Pelajaran matematika 

Statistika Non Parametrik merupakan mata kuliah yang membahas tentang metode-metode statisika non parameter yang digunakan dalam penelitian

Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi IPA melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik

Metode Statistika 2 merupakan mata kuliah lanjutan dari Metode Statistika 1 yang berisi tentang metode-metode statistika yang digunakan dalam penelitian. Adapun beberapa metode yang dimaksud adalah Analisis Variansi, Analisis Regresi dan Analisis Kovariansi

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah yang bertujuan Menjadi ilmuwan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air demokratis yang berkeadaban, menjadi warga negara yang memiliki daya saing berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.

Bahan Kajian Keilmuan  :

Deskripsi Mata Kuliah     :

Mata kuliah memberikan bekal  kepada mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang :

  1. Statistik Deskriptif yang mencakup pengertian statistik, data dan penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran letak, dan ukuran penyebaran.
  2. Distribusi normal, distribusi-t, distribusi c2, dan distribusi F
  3. Statistik Inferensial meliputi: uji hipotesis, uji normalitas, uji rerata, uji varians, analisis varians dan analisis regresi

 

 

Daftar Referensi                  :

1.       Anas Sudijono Prof.Drs..1987. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta.

2.       Hasan Iqbal M, Ir,MM.2011. Pokok-Pokok Materi Statistik1. PT Bumi Aksara. Jakarta.

3.       ____________.2012. -Pokok Materi Statistik 2. PT Bumi Aksara. Jakarta.

4.       Sujana, Prof.Dr.,MA, MSc.1984. Metode Statistika. Transito. Bandung

5.       _________________________.1992. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Transito. Bandung.

6.       Winarsunu.2007. Statistik. UMM. Malang.

7.       Walpole Ronald E.1992. Pengantar Statistika. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta


 Membangun paradigma pembelajaran dan tujuan pembelajaran, konsep dasar manajemen kelas, prosedur dan perancangan manajemen kelas , pengaturan kondisi dan iklim belajar , disiplin kelas dan evaluasi pembelajaran yang komprehensif.

Mempelajai teori membatik

SELAMAT DATANG DI PERKULIAHAN PENDIDIKAN IPA SD (3 SKS)

Dosen Pengampu:

Kartika Chrysti Suryandari, M.Si

Capaian Pembelajaran       :

1. Menguasai secara luas dan mendalam substansi dan metodologi dasar hakekat IPA yang mendukug pembelajaran IPA SD / MI

2. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual di bidang Konsep Dasar IPA SD dalam bidang pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.


Mata kuliah Konsep Dasar IPA II membahas tentang Tumbuhan dan hewan beserta proses kehidupannya, Kemajuan Teknologi, Sumber Daya dan Konservasinya, Peranan Sumber Daya Manusia, Suhu dan Kalor, Gelombang bunyi dan cahaya

Mata kuliah ini membahas tentang subtansi dan metodologi dasar keilmuan geometri dan pengukuran (baik geometri datar maupun geometri ruang), aritmetika sosial serta penerapannya dalam kehidupan  sehari-hari.

Mata kuliah ini membahas tentang subtansi dan metodologi dasar keilmuan geometri dan pengukuran (baik geometri datar maupun geometri ruang), serta aritmetika sosial, penerapannya dalam kehidupan  sehari-hari.

Mata kuliah ini membahas tentang Teori belajar, strategi, pendekatan, metode, media dan penilaian serta terampil melaksanakan pembelajaran matematika SD tentang Bilangan dan Lambangnya,  Bilangan Asli, Bilangan Cacah, Bilangan Bulat, Bilangan Prima, komposit, FPB, KPK,  Pecahan, dan Bilangan Rasional.

Matakuliah wajib dengan beban 3 sks berisi tentang statistika deskriptif dan inferensial

Komputasi Statistika adalah Makul pilihan sebesar 2 sks pada semester 7 yang membahas tentang komputasi alat-alat statistika pada penelitian secara umum dan skripsi mahasiswa pada khususnya

Mata kuliah ini membahas tentang Proses Pelaksanaan Penelitian dengan Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan PTK Langkah-langkah dalam Proses Penelitian, Tinjauan Kepustakaan, Penetapan Maksud dan Pertanyaan atau Hipotesis, Pengumpulan Data Kuantitatif, Analisis dan Interpretasi data Kuantitatif, Analisis dan Interpretasi Data Kualitatif, Analisis dan Interpretasi Data Kualitatif dan Laporan dan Evaluasi Penelitian dalam pemecahan masalah penelitian /penelitian pendidikan.

Mata kuliah Tesis 1 ini merupakan mata kuliah wajib  yang ditawarkan di semester 2. Mata kuliah  ini memfasilitasi  mahasiswa agar mampu mengidentifikasi permasalahan dalam  pendidikan matematika baik di lingkup pendidikan dasar, pendidikan menengah, maupun pendidikan tinggi,   serta mampu menyusun rancangan  (proposal) penelitian yang sesuai dengan masalah yang diminati untuk diteliti, baik berupa penelitian  kualitatif,  penelitian kuantitatif, maupun penelitian pengembangan serta  mampu  mempresentasikan proposal yang disusun untuk persiapan penyusunan Tesis