Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas mengkaji aspek teoritis dan praktis dalam lingkup konsep penelitian pendidikan, hakikat penelitian tindakan (action research), Hakikat penelitian tindakan kelas (PTK/classroom action research), model penelitian tindakan, desain penelitian tindakan kelas, pelaksanaan dan pelaporan PTK AUD

Mata kuliah ini mengkaji aspek teoritis dan praktis mengenai hakikat pembelajaran mikro, hakikat pembelajaran anak usia dini, model pembelajaran anak usia dini, keterampilan dasar mengajar, perangkat pembelajaran, dan praktik micro teaching

Pada mata kuliah Pembelajaran Sains dan Matematika AUD ini mahasiswa diajarkan tentang (1) Konsep sains dan matematika AUD; (2) Hakikat pembelajaran sains dan matematika AUD; (3) Pendekatan dan metode pembelajaran sains dan matematika AUD; (4) Menyusun program dan kegiatan pembelajaran sains dan matematika AUD; (5) Teknik penilaian pembelajaran sains dan matematika AUD; (6) Implementasi pembelajaran sains dan matematika AUD.

Mahasiswa diajarkan tentang konsep dan teori tentang proses dan aktivitas Kegiatan Pembelajaran di Kelas AUD, pembelajaran mikro untuk AUD, Komponen-komponen Keterampilan Dasar dalam Proses, Program Pengalaman Lapangan di PAUD, dan Perangkat pembelajaran di PAUD. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek membuat perangkat pembelajaran serta praktek micro teaching pembelajaran pada kegiatan AUD.

Bermain merupakan sebuah kegiatan yang menjadi media efektif bagi anak untuk mempelajari pengetahuan baru. Sifatnya yang menyenangkan akan membuat anak semakin antusias. Tugas mahasiswa sebagai seorang calon pendidik untuk AUD adalah mampu merancang kegiatan bermain yang terarah dan terukur agar aspek perkembangan peserta didik mampu dioptimalkan. Mata kuliah bermain dan permainan mengajak mahasiswa mengkaji konsep, jenis, pendekatan dan strategi serta dasar-dasar teori bermain dan permainan. Mata kuliah bermain dan permainan mengintegrasikan multiple intelegences dalam kegiatan bermainnya. Mengenalkan ragam permainan dan mendesain pembelajaran dengan metode bermain untuk Anak Usia Dini.

Mata kuliah ini menyajikan materi yang berkenaan dengan Hakikat PTK, Langkah-langkah PTK, Merancang PTK, Melaksanakan perbaikan dalam pembelajaran, Menganalisis dan menginterpretasikan  data serta menindaklanjuti hasil PTK, Laporan PTK.

Mata kuliah ini membahas mengenai hakikat modifikasi perilaku (pengertian, sejarah, ruang lingkup, dan urgensi modifikasi perilaku dalam pembelajaran bagi anak usia dini); proses terbentuknya perilaku; abnormalitas perilaku pada anak; penyebab abnormalitas perilaku pada anak; konsep dasar modifikasi perilaku; cara-cara membangun perilaku baru (yang diinginkan); assesmen perilaku; strategi pengubahan tingkah laku (perilaku) untuk AUD, serta implementasi strategi pengubahan tingkah laku (perilaku) pada AUD.

Penelitian tindakan kelas merupakan satu penelitian pula, yang dengan sendirinya mempunyai berbagai aturan dan langkah yang harus diikuti. Penelitian tindakan kelas merupakan terjemahan dari Classroom Action Research, yaitu satu Action Research yang dilakukan di kelas. Agar Anda memiliki pengertian yang mantap tentang PTK, mari kita bahas makna PTK dari segi semantik (arti kata). Action research, sesuai dengan arti katanya, ditersjemahkan menjadi penelitian tindakan; yang oleh Carr & Kemmis (McNiff, 1991, p.2)

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang ruang lingkup kesehatan dan gizi AUD, pertumbuhan dan perkembangan AUD, anatomi dan fungsi system organ AUD, kekebalan AUD, urgensi kebersihan pada AUD, tatalaksana dasar managemen anak sakit, tanda awal gawat darurat pada AUD, konsep dasar ilmu gizi, zat gizi makro dan zat gizi mikro, gizi seimbang untuk bayi, gizi seimbang untuk pertumbuhan perkembangan anak usia dini/pra sekolah, menu makanan sehat, penataan dan penyajian makanan untuk AUD Perkuliahan juga mengkaji isu-isu dan masalah kesehatan dan gizi AUD yang dihadapi di lapangan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek langsung misalnya praktik menyusun dan memasak serta menyajikan makanan untuk AUD.

Mahasiswa diajarkan tentang konsep dan teori terkait proses dan aktivitas kegiatan pembelajaran di kelas AUD, pembelajaran mikro untuk AUD, komponen keterampilan-keterampilan dasar dalam proses , program pengalaman lapangan di PAUD, dan perangkat pembelajaran di PAUD. Kegiatan Pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, praktek membuat perangkat pembelajaran serta praktek micro teaching pembelajaran pada kegiatan AUD

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian jenis-jenis alat musik, dasar-dasar memainkan musik, sensitivitas bunyi, apresiasi karya musik, gerak dasar anak melalui gerak dan lagu, mengarang lagu untuk anak, bernyanyi di PAUD, perencanaan pembelajaran musik untuk AUD, metode pembelajaran musik untuk AUD, evaluasi pembelajaran musik di PAUD.

Mata kuliah ini memberikan pengalaman dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengolah materi musik dan lagu anak-anak untuk pembelajaran anak usia dini

Mata kuliah ini memberikan pengalaman dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengolah materi musik dan lagu anak-anak untuk pembelajaran anak usia dini

Mata kuliah ini mempelajari tentang hakikat kreativitas AUD, faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas, bentuk kreativitas AUD, bidang pengembangan kreativitas, metode pengembangan kreativitas AUD,  isu-isu dan masalah pengembangan kreativitas AUD di lembaga PAUD, riset-riset tentang pengembangan kreativitas untuk AUD, implementasi stimulasi kreativitas pada AUD, dan penilaian kreativitas untuk AUD


Pada mata kuliah ini mahasiswa akan merancang strategi pengubahan perilaku pada anak usia dini

Selamat datang di laman MK Gizi dan Kesehatan Anak Usia dini.

Mata kuliah Gizi dan Kesehatan membahas materi yang berkaitan dengan bahan makanan yang seimbang dan kesehatan untuk anak usia dini. Gizi dan kesehatan untuk anak usia dini disusun secara seimbang. 

Setelah mempelajari materi dalam kelas ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai konsep-konsep gizi dan kesehatan dengan baik dan mengaplikasika konsep-konsep yang ada dalm kelas ini kedalam lingkungan mahasiswa.