Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan Micro Teaching

    Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

    Selamat datang pada mata kuliah Micro Teaching! Mata kuliah ini memiliki bobot 50% teori dan 50% praktik.

    Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji aspek teoritis dan praktiks dalam lingkup hakikat pembelajaran mikro, hakikat pembelajaran anak usia dini, model pembelajaran anak usia dini, keterampilan dasar mengajar, perangkat pembelajaran, dan praktik micro teaching. Praktik microteaching meliputi praktik pengajaran di PAUD dengan model area, model sentra, dan model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan daring (sinkronus dan asinkronus) dan/ atau luring (praktik).

    Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, merancang, mengembangkan, mengevaluasi, dan mengimplementasikan kurikulum PAUD pada pembelajaran dan penelitian di lingkup permasalahan PAUD.

    Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan berbagai metode yang banyak melibatkan mahasiswa untuk aktif seperti metode diskusi kelompok, case study, dan team based project.

    Mata Kuliah Micro Teaching ini diampu oleh Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum. dan Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd.

    ok

    Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
    NIP. 197906122009122002
    Email: rulihafidah@staff.uns.ac.id

    ok

    Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd.
    NIP. 199304092019032023
    Email: verasholeha@staff.uns.ac.id


    Semangat belajar untuk menjadi guru yang berkompeten ya, teman-teman!

  • Topik 1. Hakikat Pembelajaran Mikro (Pertemuan 1)

    Pada topik ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami pengertian pembelajaran mikro, landasan pemikiran, tujuan, sasaran dan fungsi pembelajaran mikro, prosedur pembelajaran mikro, serta komponen pembelajaran mikro.

    • Topik 2. Hakikat Pembelajaran AUD (Pertemuan 2)

      Pada topik ini, diharapkan mahasiswa mampu untuk:

      • Memahami hakikat pembelajaran AUD.
      • Mahasiswa mampu menganalisis suatu kasus peran guru dalam pembelajaran serta menyimpulkan manfaat yang telah dipelajari.

      • Topik 3. Model Pembelajaran PAUD (Pengelolaan Kelas PAUD) (Pertemuan 3)

        Pada topik ini, diharapkan mahasiswa mampu untuk:

        • Mahasiswa mampu memahami model-model pembelajaran PAUD.
        • Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik dari masing-masing model pembelajaran PAUD.
        • Mahasiswa mampu menganalisis penerapan model pembelajaran PAUD di masa pandemi COVID-19.

      • Topik 4. Penyusunan Perangkat Pembelajaran PAUD (Pertemuan 4-5)

        Pada topik ini, diharapkan mahasiswa mampu untuk:

        • Memahami penerapan kurikulum 2013 PAUD.
        • Menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran.

      • Topik 5. Keterampilan Mengajar (Pertemuan 6-7)

        Pada topik ini, diharapkan mahasiswa mampu untuk mempraktikkan 8 keterampilan dasar mengajar anak usia dini, yaitu:

        • Membuka dan menutup pelajaran
        • Menjelaskan
        • Bertanya
        • Mengadakan variasi
        • Memberikan penguatan (reinforcement)
        • Mengelola kelas
        • Membimbing diskusi
        • Mengajar kelompok kecil dan perseorangan

      • Topik 6. Ujian Tengah Semester (Pertemuan 8)

        Mahasiswa diharapkan mampu untuk menyusun satu set perangkat pembelajaran PAUD Model Area, dengan komponen berikut:

        • RPPM (menggunakan format RPP Inspiratif)
        • RPPH
        • Rencana Penilaian
        • Media Pembelajaran
        • Instrumen Penilaian
        • Bahan Ajar
        • Skenario main peran (jika ada)
        • Lembar Kerja Peserta Didik (jika ada)


      • Topik 8. Ujian Akhir Semester (Pertemuan 16)