Mempelajari tentang sejarah dan peran ternak potong dan kerja di Indonesia. Bangsa-bangsa ternak potong dan kerja [sapi, kerbau, kuda, kambing, domba, babi dan kelinci]. Standar Nasional Indonesia (SNI) ternak potong. Mempelajari pola pertumbuhan dan perkembangan ternak potong dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Membahas karkas ternak potong. Mempelajari handling dan perawatan pada ternak potong. Mempelajari pengenalan tentang pakan, kandang, perkembangbiakan pada ternak potong.

Menguasai pengetahuan dan teknologi rumah potong, teknik pemotongan ternak, bagian-bagian karkas dan penilaiannya.https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/329021/course/summary/RPS.pdf

Matakuliah ini mempelajari Peran sapi perah dalam produksi pangan; Bangsa-bangsa ternak perah; Napak tilas sejarah peternakan sapi perah dan persusuan nasional; Anatomi saluran pencernaan, sistem biologis sapi perah, kelenjar susu dan sintesis susu serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi dan komposisi susu.

Mata kuliah manajemen ternak unggas ini mempelajari dan menjelaskan pokok-pokok bahasan : Manajemen pemeliharaan ternak unggas yang meliputi ayam petelur, ayam pedaging, itik, puyuh, dan lain-lain dilihat dari aspek hulu hingga hilir. Pada mata kuliah ini, akan dipelajari kajian teoritis dan praktis mengenai manajemen brooding, growing, laying, penetasan, pengolahan limbah, dan berbagai aspek teknis lain di bidang manajemen pemeliharaan unggas.

Mata kuliah BPFR meliputi pengertian tentang nomen klatur internasional bahan pakan ternak, jenis-jenis dan kebutuhan  nutrien untuk ternak serta menyususn ransum ternak, baik ternak unggas, non ruminansia dan ruminansia

Kesehatan Ternak merupakan mata kuliah bagi mahasiswa D3 Budidaya Ternak Semester 3. Mata kuliah ini akan membahas mengenai manajemen kesehatan ternak, ciri hewan sehat dan sakit serta faktor yang mempengaruhi, dan penyakit-penyakit yang dapat menyerang ternak dan penanggulangannya. 

PKPP-D3Mahasiswa mampu menjelaskan  tentang ilmu penyuluhan pertanian umumnya dan peternakan khususnya, meliputi sejarah, arti, fungsi, tujuan dan etika penyuluhan, proses belajar-mengajar dalam penyuluhan, komunikasi sebagai dasar penyuluhan, adopsi dan difusi inovasi dalam komunikasi, perencanaan program, pelaksanaan dan evaluasi program, kelembagaan penyuluh dan peran kelompok tani ternak dalam penyuluhan