Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil normal dengan bantuan, didasari konsep-konsep, sikap dan ketrampilan serta hasil evidence based dalam praktik antenatal yang menggunakan pendekatan manajemen kebidanan dengan pokok-pokok bahasan konsep terjadinya kehamilan, adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil, faktor yang mempengaruhi ibu hamil, kebutuhan ibu hamil, asuhan ibu hamil pada pandangan awal dan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

Mata kuliah ini mengajarkan pengertian dasar bisnis hingga pemahaman mengenai bisnis sehingga mahasiswa mampu untuk menganalisa dan memilih bentuk bisnis serta strategi yang tepat dalam memenangkan kompetisi bisnis.

Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana berinteraksi untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi karena komunikasi.


Forum bagi staf pendidik di lingkungan Sekolah Vokasi untuk berbagi tentang sistem pembelajaran daring (spada). 
Setelah mengikuti forum ini, partisipan diharapkan dapat memanfaatkan fitur yang disediakan spada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang membahas komunikasi yang terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda bisa beda ras, etnik, atau sosio ekonomi, atau gabungan dari semua perbedaan ini. Kebudayaan adalah cara hidup yang berkembang dan dianut oleh sekelompok orang serta berlangsung dari generasi ke generasi.

Mata Kuliah ini bertujuan agar Mahasiswa  dapat  menyajikan pos-pos neraca dalam laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum

Mata kuliah ini mahasiswa diajarkan meningkatkan kemampuan analisis dan kemampuan teknis dalam menyelesaikan berbagai macam kasus dalam akuntansi keuangan, khususnya untuk pos-pos Neraca, yaitu Kas, Piutang, Persediaan, Investasi, Aktiva Tetap, Kewajiban dan Modal.

Mata Kuliah ini bertujuan agar Mahasiswa  dapat  menyajikan pos-pos neraca dalam laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum

Kimia organik adalah studi tentang struktur, sifat, komposisi, reaksi dan pembuatan senyawa yang mengandung karbon, termasuk diantaranya

hidrokarbon dan beberapa elemen lain.

MK MR1, adalah MK yang menghitung gaya-gaya dalam berupa Gaya Lintang / Gaya Geser (Bid D), Gaya Lentur / Bidang M, dan Gaya Lateral / Gaya Normal (Bid N). MK MR1 ini merupakan analisa Balok Statis Tertentu, dengan beban Merata, Titik (terpusat), baik beban mati atau beban hidup (berjalan)

Mata kuliah ini merupakan penguatan penggunaaan komputer dan perlengkapannya dalam penyusunan aneka dokumenMS Word, MS Excel danMS PowerPoint untuk pembelajaran maupun persiapan bekerja di bidang rekayasa sipil. SKKNI Sektor TIK, Sub Sektor Operator Komputer menjadi acuan dalam pembelajaran maupun uji kompetensi. Peserta kuliah melaksanakan perkuliahan menggunakan komputer masing-masing yang terhubung dengan jejaring internet.

Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar (Klimchuk dan Krasovec, 2006:33).

Teori OPEN SOURCE

Mata kuliah ini memberi kesempatan mahasiswa untuk mempelajari dan menerapkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia dalam praktik klinik kebidanan metode Ceramah dan diskusi serta praktik dan demontrasti, serta simulasi di skill lab.

Mata kuliah Terjemahan Bahasa Mandarin - Indonesia I merupakan mata kuliah wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Mandarin. Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini sebelumnya harus sudah mengambil mata kuliah Teori Dasar Penerjemahan Bahasa.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan difokuskan pada bahasa Mandarin sebagai bahasa sumber dan bahasa Indonesia sebagai bahasa sasaran. Mahasiswa akan berlatih menerjemahkan dari tingkat kata, kalimat dan paragraf. 

Materi pada mata kuliah ini meliputi :
1. Perbandingan bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia secara umum
2. Pemilihan kata dalam penerjemahan
3. Penerjemahan kalimat dengan pola tata bahasa aktif " 把”
4. Penerjemahan bentuk khusus
5. Penerjemahan paragraf


Struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.


Mahasiswa mempelajari berbagai jenis tulisan ragam jurnalistik dan kaidah penulisannya. Kegiatan pembelajaran meliputi

observasi teks otentik, mengidentifikasi register bahasa yang digunakan, praktek wawancara, berlatih menulis dan

menyunting teks jurnalistik


Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep dasar neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; pertumbuhan dan perkembangan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; stimulasi, deteksi dini, pertumbuhan dan perkembangan balita; pemberian imunisasi dan vaksinasi; KIPI dan cara mengatasinya; masalah- masalah atau penyakit yang lazim timbul pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; manajemen bayi dan balita sakit, manajemen bayi dan balita sehat, manajemen bayi dan balita muda; evidence based dan kajian jurnal dalam asuhan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; upaya- upaya promotif dan preventif terkait dengan pemberian asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; dan asuhan kebidanan pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah dengan pendekatan problem solving, crithical thinking dengan menerapkan metode manajemen kebidanan dan pendokumentasian dengan SOAP