Fermentasi tradisional

FERMENTASI TEH KOMBUCHA

FERMENTASI TEH KOMBUCHA

by Marsela Desi -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020a
Teh kombucha merupakan suatu ramuan minuman tradisional hasil dari simbiosis murni dari bakteri dan ragi kombucha yang berasal dari Asia Timur dan sampai di Jerman melalui Russia sekitar akhir abad lalu. Teh kombucha adalah produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 7-14 hari. Kombucha berfungsi sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit ini telah digunakan berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia.

Berdasarkan info dari teman saya yang telah membuat teh kombucha, cara pembuatannya yaitu air dididihkan terlebih dahulu setelah itu ditambahkan daun teh hijau, setelah itu teh disaring sampai bersih dan dicampurkan laruta gula, kemudian teh dimasukan kedalam starter yang tertutup dengan rapat didalam toples agar terhindari dari serangga atau kotoran, setelah itu difermentasi selama 7-14 hari pada suhu ruang.

Hal-hal yang harus dihindari agar produk fermentasinya jadi yaitu Hindari nhexan, Hindari etanol pa, hindari pemakaian wadah menggunakan toples plastik untuk menghindari adanya oksidasi, serta perlu memperhatikan sanitasi dan hygene pada produk