Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk: 1.mengkaji evaluasi pembelajaran, yang mencakup penilaian dan pengukuran, melalui tes dan non tes. 2.Mengkaji pengertian, jenis, macam, dan pesyaratan serta pembuatan butir tes yang baik. 3.Menguji coba, menganalisis hasil tes dan butir tes tertulis bentuk objektif dan uraian. 4.Mengkaji penilaian penglaman belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor melalui non tes mencakup observasi, wawancara, penilaian dengan skala sikap, catatan insidental, jurnal, dan portofolio. 5.Mengkaji pemanfaatan dan refleksi pelaksanaan evaluasi melalui diskusi

Mahasiswa diarahkan untuk menguasai konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS (Manajemen: Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Keuangan, Penilaian Pendidikan, Humas dan Layanan Prima) dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa dituntut untuk memahami kepemimpinan dan tata kelola serta cara mengevaluasi pelaksanaan MBS. Supervisi dan Koordinasi dalam Pendidikan. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.

Mata kuliah ini membahas substansi bidang Seni Teater secara konseptual serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk anak usia SD yang meliputi: konsep dan fungsi seni teater, ruang lingkup seni teater, karakteristik seni teater anak, apresiasi seni teater, pengalaman pementasan seni tari teater, pembelajaran seni teater.

Menguasai konsep pendidikan inklusif di SD,karakteristik peserta didik kebutuhan khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional dan intelektual, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan khusus SD ,cara menangani ABK,penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan inklusi SD

Menguasai konsep pendidikan inklusif di SD,karakteristik peserta didik kebutuhan khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional dan intelektual, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan khusus SD ,cara menangani ABK,penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan inklusi SD

Menguasai konsep pendidikan inklusif di SD,karakteristik peserta didik kebutuhan khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional dan intelektual, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan khusus SD ,cara menangani ABK,penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan inklusi SD

Menguasai konsep pendidikan inklusif di SD,karakteristik peserta didik kebutuhan khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional dan intelektual, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan khusus SD ,cara menangani ABK,penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan inklusi SD

Maata kuliah keterampilan berbahasa dan sastra bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan berbahasa mahasiswa yang meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis, dan keterampilan bersastra. 

Mahasiswa diajarkan: (1) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses menyimak, serta  berlatih  menyimak ; (2) konsep dasar, tujuan jenis, karakteristik dan proses berbicara,  serta  aktualisasi  diri  secara  ; (3) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses membaca,  serta praktek membaca  ; (4) konsep dasar, tujuan jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri secara tertulis . Kegiatanpembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa seperti: diskusi, observasi di lapangan, praktek keterampilan berbahasa.

Mahasiswa mampu menerapkan pembelajaranSD tentang  geometri datar, transformasi, ruang, pengukuran geometri data dan, ruang, aritmatika sosial dan pemecahan masalah tentang (penerapan geometri datar, transformasi, dan pengukuran). 

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran, strategi dan prosedur penilaian,
menyusun instrument penilaian dan evaluasi, pengolahan data hasil penilaian dan evaluasi, analisis butir
soal, pelaporan hasil penilaian

Mata Kuliah ini adalah Mata Kuliah yang membelajarkan calon-calon guru SD untuk menerapkan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari disertai dengan fakta dan Miskonsepsi yang terjadi

Mahasiswaumpah: (1) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses menyimak, juga berlatih menyimak berita, pidato, khotbah, ceramah, diskusi, dan apresiasi satra anak; (2) konsep dasar, tujuan jenis, karakteristik dan proses berbicara, serta aktualisasi diri dalam lisan, berpidato, seminar, pembuatan majalah dinding, dan penyelenggaraan lomba bidang studi Bahasa IndonesiaSD / MI; (3) konsep dasar, tujuan jenis, dan proses membaca, serta membacakan cerita, berita, naskah, pidato, dialog dialog, membaca laporan, artikel dan buku ilmiah, serta cirri-ragam jenis dan ragam sastra anak-anak dengan pantun, syair, talibun, soneta, puisi modern, dongeng, legenda, mite, sage, cerpen, novel, roman, komedi, dan drama modern; (4) Konsep d , tujuan jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri seperti tertulis tujuan, jenis dan proses menullis, serta proses aktualisasi yang dituliskan mengatur tujuan, jenis dan proses menulis, serta aktualisasi diri. , surat dinas / resmi, deskripsi narasi, eksposisi, argumentasi, persuasi, karya ilmiah, parafrase dan menulis sastra anak. Kegiatan belajar memuat perkuliahan dengan berbagai diskusi dan metode yang banyak melibatkan siswa seperti: diskusi, pengamatan di lapangan, latihan keterampilan bernapas.

Menguasa ikonsep pendidikan inklusif di SD,karakteristik peserta didik kebutuhan khusus dari aspek fisik, psikhis, emosional dan intelektual, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik berkebutuhan khusus SD ,cara menangani ABK,penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan inklusi SD untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, serta bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak diskriminatif terhadap peserta didik berkebutuhan khusus dalam memenuhi hak dan memperoleh layanan pendidikan sesuai kebutuhan individualnya.


Menjelaskan pengertian proses , unsur  dan komunikasi pembelajaran

2. Menjelaskan pengertian, fungsi/kegunaan media dalam pembelajaran

3.Membedakan pengertian alat peraga, media dan sumber belajar

4. Menganalisis jenis dan karakteristik  media pembelajaran

5. Menjelaskan landasan teoritis media pembelajaran.

 

M

mempelajari jenis 2 bangun datar, pembelajaran bangun datar di SD, pengukuran luas dsn keliling bangun datar, luas dan volum bangun datar , dan arutmstka sosial.

Mahasiswa melakukan diskusi dan presentasi dilanjutkan tanya jawab tentang materi: Tujuan, Ruang Lingkup PPKn SD,  Teori Belajar dan Pembelajaran PPKn SD,Konsep PPKn SD Kelas Rendah,  Konsep PPKn SD Kelas Tinggi, Model dan Metode Pembelajaran PPKn, Media Pembelajaran PPKn, Penilaian Ranah Kognitif, Penilaian Ranah Afektif-Psikomotorik, Pembelajaran PPKn untuk Mengembangkan Civic Knowledge (Dimensi Pengetahuan Kewarganegaraan),  Pembelajaran PPKn untuk Mengembangkan Civic Skill (Dimensi Keterampilan Kewarganegaraan),  Pembelajaran PPKn untuk Mengembangkan Civic Disposition (Dimensi Sikap dan Nilai Kewarganegaraan), RPP PPKn Kelas Rendah dan RPP PPKn Kelas Tinggi

Pada mata Kuliah ini diajarkan tentang cara atau metode mengajarkan matematika  khususnya pada kajian geometri dan aritmetika sosial berserta instrumen pembelajarannya

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran SD dengan pokok bahasan geometri dan pengukuran (baik geometri datar maupun geometri ruang), serta penerapannya dalam kehidupan  sehari-hari.

Mata Kuliah Kewirausahaan adalah Mata Kuliah yang disiapkan untuk memfasilitasi mahasiswa dalan pengembangan softskill terkait dengan bidang Kewirausahaan. Mata Kuliah ini terbagi menjadi beberapa kompetensi yang harus dipelajari oleh Mahasiswa yakni  Hakikat Entreprenuer, Manajemen Perencanaan Usaha, Manajemen Pengelolaan dan Pengembangan Usaha, dan Manajemen Pemasaran Usaha. Model yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran ini menerapkan model I CARE yakni Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension


Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan ,menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran ,mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada dibawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliaannya,memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa berkaitan prinsip-prinsip sikap mental wirausaha, ketrampilan kreativitas dan inovasi, manajemen usaha,negosiasi dan etika bisnis.