Indikator proses pembelajaran agar mahasiswa memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik (KAP) suatu mata kuliah dapat tercapai apabila dilakukan secara interaktif (interaksi 2 arah, mhs-dosen),holistik, (bepikir komprehensif), integratif, (antar disiplin), saintifik (pendekatan ilmiah), kontekstual (menyelesaikan masalah), tematik (karakteristik keilmuan prodi), efektif (Lulusan yg berhasil guna), kolaboratif (interaksi antar mhs),berpusat pada mahasiswa, sehingga : Mampu Menjelaskan dan mendeskripsikan terjadinya pencemaran lingkungan. Mampu menjelaskan proses pencernihan air dan pengadaan air bersih serta penyaluran air limbah. Mampu mengetahui dasar-dasar AMDAL

Statistik dan probabilitas 2 ini berisikan tentang pemahaman dalam penerapan statistic dan probabilitas dalam rekayasa teknik Sipil melalui:

1. Pembelajaran yang interaktif, holistik untuk memahami inferensi statistic, parameter statistic, hipotesa statistik

2. Pembelajaran integratif, kontekstual, dan tematik untuk memahami variabel bebas dan terikat, serta Regresi dan korelasi

3. Pembelajaran yang efektif dan kolaboratif untuk memahami hipotesa secara keseluruhan dalam suatu kasus.

Mata kuliah Hidraulika membahas tentang aliran air dalam pipa, aliran mantap memalui sistem pipa, aliran air di saluran terbuka dan model hidraulika meliputi: model fisik dan analisis dimensi.

MK RSDA membahas tentang:
  1. konsep pengembangan SDA, air permukaan dan air tanah
  2. Reservoir, flood routing, dan flood control (perancangan)
  3. Analisis SDA sesuai UU SDA 2019 dan Permen terkait
  4. Penerapan water resources management for sustainability
Statistik dan probabilitas 2 ini berisikan tentang pemahaman dalam penerapan statistik dan probabilitas dalam rekayasa teknik Sipil. Metode yang digunakan dalam mengambil keputusan serta pengembangan dalam konteks rekayasa.

Mata kuliah Hidraulika membahas tentang aliran air dalam pipa, aliran mantap memalui sistem pipa, aliran air di saluran terbuka dan model hidraulika meliputi: model fisik dan analisis dimensi.

Matakuliah ini menjelaskan tentang desain pondasi dangkal (shallow foundation) dan dinding penahan tanah dengan mempertimbangkan berbagai faktor, yaitu desain menggunakan data pengujian di laboratorium & lapangan.

Mata-kuliah Analisis Struktur membahas tentang cara menghitung gaya-dalam (internal forces) pada suatu struktur statis-tak-tentu. Bagian awal membahas tentang cara menghitung perpindahan pada elemen balok berdasarkan prinsip metode energi. Metode analisis yang dibahas meliputi metode yang didasarkan atas prinsip konsistensi deformasi, yaitu metode Persamaan Tiga-Momen (metode Clapeyron) dan metode Slope Deflection. Pada bagian akhir disajikan bahasan metode yang bersifat iteratif yaitu metode Distribusi Momen (metode Cross). Jenis struktur statis-tak-tentu yang dibahas meliputi struktur balok menerus dan portal kaku.


Deskripsi:

Mata kuliah pendidikan kewarganegaraan membahas tentang hakikat Pendidikan Kewarganegaraan. Pokok bahasan: Identitas nasional, integrasi nasional, konstitusi, hak dan kewajiban warga negara, demokrasi, penegakan hukum, wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

 

CPMK:

Menjadi warganegara dan ilmuwan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis yang berkeadaban, bertanggungjawab, memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

 


Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan ktrampilan kepada mahasiswa untuk menjalanlan kegiatan manajemen konstruksi mulai dari soft skilss sebagai manager, pemahaman tentang proyek dan pembangunan, proses lelang, pelaksanaan dan pengendalian suatu proyek Konstruksi

Hidrologi adalah matakuliah yang berisi pemahaman, pembelajaran dan analisis mengenai estimasi hujan wilayah, analisis distribusi hujan dan menghitung hujan kala ulang. Analisis evaporasi, evapotranspirasi dan infiltrasi, perhitungan debit banjir rancangan kala ulang baik untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) kecil maupun sedang. Dapat menghitung debit banjir rancangan dengan metode Hidrograf Satuan Sintetis (HSS). 

Perkiraan hidrograf aliran berdasarkan hidrograf aliran di hulu dengan metode penelusuran banjir di sungai. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan interactive, SCL (Student Centered Learning), PBL (Problem base Learning) dan simulasi perancangan drainase. Media pembelajaran menggunakan computer/LCD, dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas. Tahap penilain kompetensi mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi tugas parsial dan tugas komprehensif

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan transportasi . Perancangan jalan raya meliputi perancangan geometri dan perkerasannya. Substansi dari matakuliah ini adalah melakukan perancangan geometri jalan raya. Perancangan geometri jalan raya yang baik, yang merupakan perpaduan antara alinemen horisontal dan vertikal yang harmonis, akan dapat memenuhi aspek keselamatan,lingkungan,  kenyamanan , dan efisiensi biaya.

Pokok bahasan matakuliah jalan raya meliputi sejarah perkembangan jalan, klasifikasi dan fungsi jalan, unsur-unsur pembentuk lalu lintas, kriteria perencanaan, alinemen horisontal, alinemen vertikal, koordinasi alinemen horisontal dan vertikal yang diwujudkan dalan penarikan rute jalan, potongan melintang jalan, dan perhitungan volume galian serta timbunan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang geometri jalan antar kota yang mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan antar Kota, Direktorat Jen. Bina Marga, 1997, dan menuangkan gambar perencanaan.

 

Highway is one of the land transportation infrastructure that plays an important role in the fulfillment of transportation needs. The design of the highway includes the design of geometry and pavement. The substance of this course is to design the road geometry. The design of good road geometry, which is a harmonious combination of horizontal and vertical alignments, will be able to meet safety, environmental, comfort and cost efficiency aspects.

The core of this subject covers the history of road development, road classification and function, traffic forming elements, planning criteria, horizontal alignment, vertical alignment, horizontal and vertical alignment coordination embodied in road route withdrawal, cross-sectional road, cut and fills volume calculation. The learning achievement of this course is the students able to design the inter-city road geometry which refers to the Procedures of Geometry Planning of Inter-City Roads, Directorate General of Bina Marga, 1997, and poured the planning into engineering drawings.


Mata-kuliah Analisis Struktur membahas tentang cara menghitung gaya-dalam (internal forces) pada suatu struktur statis-tak-tentu. Bagian awal membahas tentang cara menghitung perpindahan pada elemen balok berdasarkan prinsip metode energi. Metode analisis yang dibahas meliputi metode yang didasarkan atas prinsip konsistensi deformasi, yaitu metode Persamaan Tiga-Momen (metode Clapeyron) dan metode Slope Deflection. Pada bagian akhir disajikan bahasan metode yang bersifat iteratif yaitu metode Distribusi Momen (metode Cross). Jenis struktur statis-tak-tentu yang dibahas meliputi struktur balok menerus dan portal kaku

Mata kuliah Hidraulika akan mengajarkan kepada mahasiswa tentang :

Aliran zat cair melalui pipa

Kecepatan rerata aliran.

Aliran zat cair melalui pipa bukan lingkaran

Pengaruh umur pipa pada pengaliran

Aliran mantap melalui sistem pipa.

Aliran mantap melalui turbin dan pompa.

Aliran mantap melalui jaringan pipa

Aliran mantap dan tidak mantap melalui saluran terbuka.

Aliran seragam dan aliran tidak seragam.

Konsep Energi Khas

Aliran berubah beraturan dan berubah secara cepat

Konsep hitungan profil muka air.

Konsep pemodelan hidraulik

Matakuliah ini menjelaskan tentang desain pondasi dangkal (shallow foundation) dan dinding penahan tanah dengan mempertimbangkan berbagai faktor, yaitu desain menggunakan data pengujian di laboratorium & lapangan.

Matakuliah ini merupakan metode pemecahan persoalan-persoalan di bidang teknik sipil yang tidak bisa diselesaikan secara analitis. 

Metode ini menggunakan data diskrit sebagai bahan kajian untuk melakukan pemodelan. 

Pokok-pokok materi pada matakuliah ini antara lain: Sistim Angka dan Kesalahan, Akar Persamaan, Pencocokan Kurva, Persamaan Linier Simultan, Integrasi Numerik, Persamaan Diferensial Biasa dan Persamaan Diferensial Numerik

Matakuliah ini merupakan metode pemecahan persoalan-persoalan di bidang teknik sipil yang tidak bisa diselesaikan secara analitis. Metode ini menggunakan data diskrit sebagai bahan kajian untuk melakukan pemodelan. Pokok-pokok materi pada matakuliah ini antara lain: Sistim Angka dan Kesalahan, Akar Persamaan, Pencocokan Kurva, Persamaan Linier Simultan, Integrasi Numerik, Persamaan Diferensial Biasa dan Persamaan Diferensial Numerik.

Matakuliah ini merupakan metode pemecahan persoalan-persoalan di bidang teknik sipil yang tidak bisa diselesaikan secara analitis. Metode ini menggunakan data diskrit sebagai bahan kajian untuk melakukan pemodelan. Pokok-pokok materi pada matakuliah ini antara lain: Sistim Angka dan Kesalahan, Akar Persamaan, Pencocokan Kurva, Persamaan Linier Simultan, Integrasi Numerik, Persamaan Diferensial Biasa dan Persamaan Diferensial Numerik.

Matakuliah ini merupakan metode pemecahan persoalan-persoalan di bidang teknik sipil yang tidak bisa diselesaikan secara analitis. Metode ini menggunakan data diskrit sebagai bahan kajian untuk melakukan pemodelan. Pokok-pokok materi pada matakuliah ini antara lain: Sistim Angka dan Kesalahan, Akar Persamaan, Pencocokan Kurva, Persamaan Linier Simultan, Integrasi Numerik, Persamaan Diferensial Biasa dan Persamaan Diferensial Numerik.


Hidrologi adalah matakuliah yang berisi pemahaman, pembelajaran dan analisis mengenai estimasi hujan wilayah, analisis distribusi hujan dan menghitung hujan kala ulang. Analisis evaporasi, evapotranspirasi dan infiltrasi, perhitungan debit banjir rancangan kala ulang baik untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) kecil maupun sedang. Dapat menghitung debit banjir rancangan dengan metode Hidrograf Satuan Sintetis (HSS). perkiraan hidrograf aliran berdasarkan hidrograf aliran di hulu dengan metode penelusuran banjir di sungai. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan interactive, SCL (Student Centered Learning), PBL (Problem base Learning) dan simulasi perancangan drainase. Media pembelajaran menggunakan computer/LCD,  dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas. Tahap penilain kompetensi mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi tugas parsial dan tugas komprehensif.

Hidrologi adalah matakuliah yang berisi pemahaman, pembelajaran dan analisis mengenai estimasi hujan wilayah, analisis distribusi hujan dan menghitung hujan kala ulang. Analisis evaporasi, evapotranspirasi dan infiltrasi, perhitungan debit banjir rancangan kala ulang baik untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) kecil maupun sedang. Dapat menghitung debit banjir rancangan dengan metode Hidrograf Satuan Sintetis (HSS). perkiraan hidrograf aliran berdasarkan hidrograf aliran di hulu dengan metode penelusuran banjir di sungai. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan interactive, SCL (Student Centered Learning), PBL (Problem base Learning) dan simulasi perancangan drainase. Media pembelajaran menggunakan computer/LCD,  dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas. Tahap penilain kompetensi mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi tugas parsial dan tugas komprehensif.

Hydrology is a course which contains understanding, learning and analysis of the rainfall estimates of the region, analysis of rain distribution and return period rainfall. Evaporation analysis, evapotranspiration and infiltration, flood flow return period design planning for small as well as medium Watershed. Able to calculate the design flood discharge by Synthetic Unit Hydrograph (HSS) method. estimation of hydrograph flow based on upstream hydrograph flow with flood tracking method in the river. The implementation of lectures using interactive approach, SCL (Student Centered Learning), PBL (Problem base Learning) and drainage design simulation.


Mata kuliah Hidraulika akan mengajarkan kepada mahasiswa tentang :

Aliran zat cair melalui pipa

Kecepatan rerata aliran.

Aliran zat cair melalui pipa bukan lingkaran

Pengaruh umur pipa pada pengaliran

Aliran mantap melalui sistem pipa.

Aliran mantap melalui turbin dan pompa.

Aliran mantap melalui jaringan pipa

Aliran mantap dan tidak mantap melalui saluran terbuka.

Aliran seragam dan aliran tidak seragam.

Konsep Energi Khas

Aliran berubah beraturan dan berubah secara cepat

Konsep hitungan profil muka air.

Konsep pemodelan hidraulik.


Mata kuliah Hidraulika membahas tentang aliran air dalam pipa, aliran mantap memalui sistem pipa, aliran air di saluran terbuka dan model hidraulika meliputi: model fisik dan analisis dimensi.

Hydraulika course discusses the flow of water in pipes, steady flow through the piping system, the flow of water in the open channel and the hydraulic model includes: physical model and dimensional analysis.


Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan transportasi . Perancangan jalan raya meliputi perancangan geometri dan perkerasannya. Substansi dari matakuliah ini adalah melakukan perancangan geometri jalan raya. Perancangan geometri jalan raya yang baik, yang merupakan perpaduan antara alinemen horisontal dan vertikal yang harmonis, akan dapat memenuhi aspek keselamatan,lingkungan,  kenyamanan , dan efisiensi biaya.


Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan transportasi . Perancangan jalan raya meliputi perancangan geometri dan perkerasannya. Substansi dari matakuliah ini adalah melakukan perancangan geometri jalan raya. Perancangan geometri jalan raya yang baik, yang merupakan perpaduan antara alinemen horisontal dan vertikal yang harmonis, akan dapat memenuhi aspek keselamatan,lingkungan,  kenyamanan , dan efisiensi biaya.

Pokok bahasan matakuliah jalan raya meliputi sejarah perkembangan jalan, klasifikasi dan fungsi jalan, unsur-unsur pembentuk lalu lintas, kriteria perencanaan, alinemen horisontal, alinemen vertikal, koordinasi alinemen horisontal dan vertikal yang diwujudkan dalan penarikan rute jalan, potongan melintang jalan, dan perhitungan volume galian serta timbunan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang geometri jalan antar kota yang mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan antar Kota, Direktorat Jen. Bina Marga, 1997, dan menuangkan gambar perencanaan.

 

Highway is one of the land transportation infrastructure that plays an important role in the fulfillment of transportation needs. The design of the highway includes the design of geometry and pavement. The substance of this course is to design the road geometry. The design of good road geometry, which is a harmonious combination of horizontal and vertical alignments, will be able to meet safety, environmental, comfort and cost efficiency aspects.

The core of this subject covers the history of road development, road classification and function, traffic forming elements, planning criteria, horizontal alignment, vertical alignment, horizontal and vertical alignment coordination embodied in road route withdrawal, cross-sectional road, cut and fills volume calculation. The learning achievement of this course is the students able to design the inter-city road geometry which refers to the Procedures of Geometry Planning of Inter-City Roads, Directorate General of Bina Marga, 1997, and poured the planning into engineering drawings.

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan transportasi . Perancangan jalan raya meliputi perancangan geometri dan perkerasannya. Substansi dari matakuliah ini adalah melakukan perancangan geometri jalan raya. Perancangan geometri jalan raya yang baik, yang merupakan perpaduan antara alinemen horisontal dan vertikal yang harmonis, akan dapat memenuhi aspek keselamatan,lingkungan,  kenyamanan , dan efisiensi biaya.

Pokok bahasan matakuliah jalan raya meliputi sejarah perkembangan jalan, klasifikasi dan fungsi jalan, unsur-unsur pembentuk lalu lintas, kriteria perencanaan, alinemen horisontal, alinemen vertikal, koordinasi alinemen horisontal dan vertikal yang diwujudkan dalan penarikan rute jalan, potongan melintang jalan, dan perhitungan volume galian serta timbunan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang geometri jalan antar kota yang mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan antar Kota, Direktorat Jen. Bina Marga, 1997, dan menuangkan gambar perencanaan

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan transportasi . Perancangan jalan raya meliputi perancangan geometri dan perkerasannya. Substansi dari matakuliah ini adalah melakukan perancangan geometri jalan raya. Perancangan geometri jalan raya yang baik, yang merupakan perpaduan antara alinemen horisontal dan vertikal yang harmonis, akan dapat memenuhi aspek keselamatan,lingkungan,  kenyamanan , dan efisiensi biaya.

Pokok bahasan matakuliah jalan raya meliputi sejarah perkembangan jalan, klasifikasi dan fungsi jalan, unsur-unsur pembentuk lalu lintas, kriteria perencanaan, alinemen horisontal, alinemen vertikal, koordinasi alinemen horisontal dan vertikal yang diwujudkan dalan penarikan rute jalan, potongan melintang jalan, dan perhitungan volume galian serta timbunan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang geometri jalan antar kota yang mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan antar Kota, Direktorat Jen. Bina Marga, 1997, dan menuangkan gambar perencanaan

Mata-kuliah Analisis Struktur membahas tentang cara menghitung gaya-dalam (internal forces) pada suatu struktur statis-tak-tentu. Bagian awal membahas tentang cara menghitung perpindahan pada elemen balok berdasarkan prinsip metode energi. Metode analisis yang dibahas meliputi metode yang didasarkan atas prinsip konsistensi deformasi, yaitu metode Persamaan Tiga-Momen (metode Clapeyron) dan metode Slope Deflection. Pada bagian akhir disajikan bahasan metode yang bersifat iteratif yaitu metode Distribusi Momen (metode Cross). Jenis struktur statis-tak-tentu yang dibahas meliputi struktur balok menerus dan portal kaku.


Mata-kuliah Analisis Struktur membahas tentang cara menghitung gaya-dalam (internal forces) pada suatu struktur statis-tak-tentu. Bagian awal membahas tentang cara menghitung perpindahan pada elemen balok berdasarkan prinsip metode energi. Metode analisis yang dibahas meliputi metode yang didasarkan atas prinsip konsistensi deformasi, yaitu metode Persamaan Tiga-Momen (metode Clapeyron) dan metode Slope Deflection. Pada bagian akhir disajikan bahasan metode yang bersifat iteratif yaitu metode Distribusi Momen (metode Cross). Jenis struktur statis-tak-tentu yang dibahas meliputi struktur balok menerus dan portal kaku.

The course contains subject on how to calculate internal forces of statically indeterminate structures. At the beginning of the course, there is a discussion on how to calculate the displacement of the beam element based on the principle of energy method, and the discussion of the statically indeterminate structure. The methods of analysis of statically indeterminate structures are discussed covering methods based on consistent deformation principles (Consistent Deformation method, Clapeyron method, Slope Deflection method), and iterative method (Moment Distribution method). The methods are applied to solve problems of statically indeterminate structure of beams, truss frames and rigid frames.