Students are able to understand the concepts of community empowerment theories, as well as microeconomic concepts. Able to also recognize micro-economic empowerment models that exist in the community. In addition, students are expected to be able to plan micro-economic empowerment programs using appropriate techniques, and be able to evaluate micro-economic empowerment.


Mata kuliah ini menjelaskan dan mengkritisi filosofi, paradigma, teori sosiologi, metode dan eksemplar yang menuntut digunakannya metode penelitian kuantitaif berbentuk korelasionaliitas dan kausalitas pada survey atau eksperimen, atau kualitatif berbentuk deskriptif, Fenomenologi, etnografi, Studi kasus, Penelitian aksi partispatoris (Participatory action research/PAR), CAR (class action Research), ataupun grounded tentang Sosiologi Pendidikan: khususnya tentang Pendidikan dan Kebijakan Politik, Ekonomi, Kebudayaan, Multikultur, Gender, Keluarga, Sekolah, Masyarakat, Sosialisasi, Stratifikasi Sosial, Mobilitas Sosial, Perubahan Sosial, dan sebagainya, yang dilakukan baik secara daring ataupun luring.

Mahasiswa mampu memahami, konsep-pendekatan-teori pemberdayaan masyarakat, serta konsep ekonomi mikro. Mampu juga mengenali model-model pemberdayaan ekonomi mikro yang ada dalam masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu merencanakan program pemberdayaan ekonomi mikro dengan menggunakan teknik yang tepat, serta mampu mengevaluasi pemberdayaan ekonomi mikro.

Teori Sintesis dan Post Modern adalah mata Kuliah teoritik mata kuliah yang berisi setting materi yang ditujukan untuk Memberikan kemampuan peserta didik untuk memetakan Teori Sosiologi, Teori Sosiologi Klasik, Teori Sosiologi Modern, Teori Kritis, dan Teori Post Modern beserta tokoh-tokohnya, Memberikan kemampuan peserta didik tentang Teori Post Modern, Memberikan kemampuan peserta didik tentang Garis Besar Teori Sosiologi Modern, tokoh-tokoh, dan garis besar pemikirannya. Memberikan kemampuan peserta didik untuk menganalisa masalah sosial dengan Teori Sosiologi Modern.


Mata kuliah ini membahas tentang:

1. pengertian lingkup, dan sejarah perkembangan Sosiologi Pendidikan serta sumbangan Sosiologi terhadap dunia pendidikan

2. Filosofi, Paradigma dan Teori-teori, serta aplikasi metode penelitian pada Sosiologi Pendidikan

3. Pendidikan dan Kebijakan Politik - Ekonomi – Kebudayaan – Multikultur- Gender- Keluarga – Sekolah - Masyarakat- Mobilitas Sosial -Perubahan Sosial

khususnya agar mahasiswa dapat memberikan analisis kritis terhadap persoalan pendidikan dari kacamata sosiologi.