Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

Tugas Analisis Gizi

Tugas Analisis Gizi

by Lina Dani L -
Number of replies: 0

Nama : Lina Dani Lestari/K8118044

1. Apakah menu yang Anda rancang sudah termasuk dalam menu makanan sehat? Berikan alasannya.

Jawab :

Menurut saya menu bubur oatmeal sayuran yang saya rancang pada pertemuan sebelumnya sudah termasuk dalam menu makanan sehat karena Oat adalah sereal sehat dengan banyak elemen nutrisi di dalamnya. Salah satunya menjaga kesehatan sistem pencernaan balita yang seringkali terserang penyakit. Selain itu, oatmeal seringkali dipilih orangtua sebagai menu sarapan sehat karena mudah dikombinasikan dengan makanan lain. Menu makanan bubur oatmeal sayuran rumahan untuk balita ini merupakan versi asin dari bubur oat biasa, serta mengandung kebaikan sayuran yang dikemas di dalamnya.

     Sarapan yang ideal adalah sarapan yang mengandung nutrisi yang cukup untuk menghadapi. Oat adalah salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Semangkuk bubur oat tiap hari kurangi kolesterol jahat, Oatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut ini juga membantu meningkatkan waktu transit usus dan mengurangi penyerapan glukosa,” ungkap ahli nutrisi Gargi Sharma, seperti dikutip dari NDTV Food. American Academy of Pediatrics bahkan juga merekomendasikan oatmeal untuk MPASI bayi yang memiliki masalah gastroesophageal reflux atau dysphagia. Biasanya, bayi yang memiliki masalah refluks memerlukan makanan yang lebih padat agar dapat menelan dengan baik atau mengurangi refluks.

2. Klasifikasikan zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam menu rancangan Anda.

Jawab :

a. Zat Gizi Makro :

Karbohidrat, Protein dan Lemak yang terkandung dalam sayuran, oatmeal, dan susu.

b. Zat Gizi Mikro :

Vitamin C, vitamin B3, vitamin A, vitamin K, vitamin B , vitamin E, vitamin D yang terkandung dalam sayur-sayuran. Serta mineral yang terkandung pada bubur.


3. Berkaitan dengan materi dari pertemuan 9-13, buatlah daftar manfaat apakah yang bisa diambil dari menu yang Anda rancang, dan berikan masing-masing alasannya.

Jawab :

Beberapa manfaat yang bisa anak dapatkan dari menu ini, adalah: 

(1) Oat memiliki banyak serat yang membantu pencernaan. Karena Kandungan serat dalam makanan bisa membantu melancarkan tubuh, termasuk serat yang terkandung dalam oatmeal. Itu sebabnya, mengonsumsi oatmeal bisa membantu mengobati masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), penyakit radang usus, sembelit, hingga menurunkan risiko kanker usus besar. 

(2) Oat juga merupakan sumber beta-glukan yang membangun sistem kekebalan tubuh anak. Beta glucan merupakan polisakarida yang alami. Polisakarida merupakan tipe karbohidrat kompleks di dalam makanan berserat. Kandungan ini juga mampu mengatasi masalah sembelit dan menjaga bakteri sehat dalam usus. Konsumsi makanan yang mengandung beta glucan juga membantu mengontrol berat badan anak. Melalui riset tersebut, peneliti berkesimpulan bahwa kandungan ini dapat membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi secara efektif.

(3) Kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh dan otak anak. Karena Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

(4) selain itu oat juga memiliki avenanthramide yang merupakan jenis antioksidan dan memiliki kapasitas untuk melindungi dari penyakit jantung. Oatmeal mengandung antioksidan jenis tertentu yang bernama avenanthramide. Antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas yang menyerang kolesterol baik (HDL). Selain itu, senyawa ini juga dapat melindungi kolesterol LDL (jahat) dari proses oksidasi sehingga risiko penyakit kardiovaskular bisa diperkecil.

(5) Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari bermacam-macam sayur. Banyak sekali manfaat saat mengkonsumsi sayuran yakni Mencegah dan mengurangi stres berlebih, Memperlancar buang air besar, Mencegah penyakit jantung dan kanker, Mempertahankan berat badan seimbang, Sumber energi tubuh, Membersihkan racun dalam tubuh (Detoksifikasi), menjaga kesehatan mata dan masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi sayuran.