Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

Tugas Analis Gizi

Tugas Analis Gizi

by Sarah Puspandari -
Number of replies: 0

1. Apakah menu yang Anda rancang sudah termasuk dalam menu makanan sehat? Berikan alasannya.

Menurut saya, menu makanan yang saya rancang yaitu Bubur Singkong Saus Jeruk
Termasuk dalam menu makanan sehat karena dibuat dari beberapa bahan seperti singkong, tahu, daun bayam, telur ayam, jeruk, dan tomat. Masing-masing bahan tersebut memiliki manfaat dan
kandungan gizi yang baik untuk anak.
Bubur singkong ini sudah menggunakan prinsip TGS yang ditujukan untuk anak usia 6-12 bulan dimana anak usia tersebut membutuhkan energi sekitar 70-80 kilo kalori/kilogram berat badannya dan berdasarkan penyusunannya bubur ini sudah memenuhi syarat.

2. Klasifikasikan zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam menu rancangan Anda

- Zat gizi makro : karbohidrat (singkong), protein & lemak (tahu dan telur) 

- Zat gizi mikro : vitamin C, zink, kalsium dan vitamin A, C dan K yang terkandung dalam sayur & buah yang saya gunakan dalam menu makanan sehat yg saya rancang yaitu jeruk,daun bayam dan tomat

3. Berkaitan dengan materi dari pertemuan 9-13, buatlah daftar manfaat apakah yang bisa diambil dari menu yang Anda rancang, dan berikan masing-masing alasannya.

1. Memenuhi gizi untuk anak dibawah 1 tahun. Kandungan karbohidrat dalam singkong sangat tinggi setelah beras dan jagung. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, singkong merupakan makanan pokok di beberapa negara berkembang.

2. Memperlancar sistem pencernaan. Singkong kaya akan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Serat yang tidak larut membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan dengan menyerap semua racun yang tersimpan di usus. Selain itu, juga mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan Anda. Dengan demikian, kandungan serat dalam singkong dapat mencegah timbulnya masalah pencernaan.

3. Salah satu manfaat lain yang dimiliki oleh singkong adalah bagi kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A yang membantu meningkatkan penglihatan.