Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

Tugas Analisis Gizi

Tugas Analisis Gizi

by Miftakhul Falaah Imtikhani N -
Number of replies: 0

1. Apakah menu yang Anda rancang sudah termasuk dalam menu makanan sehat? Berikan alasannya.

Jawab :

Menurut saya, menu yang saya rancang yakni Banana Oatmeal Pancake sudah termasuk dalam menu makanan sehat. Menu Banana Oatmeal pancake merupakan makanan sehat karena dalam menu ini terdapat bahan-bahan yang memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi tubuh seperti adanya 2 bahan utama yaitu pisang dan oatmeal. Dimana pisang merupakan buah mengandung banyak nutrisi terutama bagi anak usia dini, yaitu protein, karbohidrat, serat, vitamin C yang bermanfaat bagi anak. Bahan utama lain yaitu Oatmeal yang dapat menggantikan nasi dalam pemenuhan karbohidrat serta mengandung kalsium, protein, magnesium, zinc, vitamin B1, zat besi, lemak, vitamin E, serta asam folat yang ada di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan anak. Selain itu, terdapat telur dan susu sebagai bahan lain untuk pembuatan pacake yang juga memiliki banyak nutrisi  bagi anak.

2. Klasifikasikan zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam menu rancangan Anda.

Jawab :

a. Zat Gizi Makro : Karbohidrat, Protein dan Lemak yang terkandung dalam buah pisang, oatmeal, susu dan telur.

b. Zat Gizi Mikro : Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B1, Zat Besi yang terkandung dalam buah pisang dan oatmeal.

3. Berkaitan dengan materi dari pertemuan 9-13, buatlah daftar manfaat apakah yang bisa diambil dari menu yang Anda rancang, dan berikan masing-masing alasannya.

Jawab :

Manfaat yang dapat diambil dari menu yang saya buat yaitu sebagai berikut:

1. Merupakan menu sehat yang mengandung nutrisi cukup lengkap seperti adanya karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang dibutuhkan oleh anak usia dini setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Dibuat dari bahan-bahan  yang sehat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak, meningkatkan imunitas anak, memperlancar pencernaan anak dan meningkatkan fungsi otak dan otot anak. (Oatmeal dan buah pisang)

3. Banana Pancake merupakan makanan yang disukai anak karena memiliki rasa manis dan gurih yang khas sehingga membuat anak tertarik dan memiliki nafsu makan.