Fermentasi tradisional

PEMBUATAN TAPE SINGKONG

PEMBUATAN TAPE SINGKONG

by Jasmine Anggaraningrum Hutomo -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020a
Tape singkong merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar singkong kemudian diolah dengan cara fermentasi menggunakan ragi.
Berdasarkan pengalaman pembuatan tape singkong menggunakan bahan singkong dan ragi. Pembuatan tape singkong dengan cara singkong direbus hingga matang sekitar 20 menit. Lalu taburi singkong dengan ragi yang sudah dihaluskan. Setelah itu diletakkan dalam wadah tertutup agar terjadi proses fermentasi, tunggu selama 2 sampai 3 hari.
Hal yang harus diperhatikan agar fermentasi berhasil yaitu suhu antara 25-30°C, pastikan wadah tidak memiliki rongga udara, proses fermentasi tidak terlalu lama ( lebih dari 3 hari ) karena akan membuat singkong terasa sangat asam.
Hal yang harus dihindari agar produk fermentasi jadi yaitu tidak menaburkan ragi terlalu banyak, pastikan ragi tersebut tertabur dengan rata, tidak meletakkan tape singkong di atas suhu ruang, tidak membiarkan proses fermentasi tape singkong terlalu lama karena dapat menghasilkan singkong dengan rasa yang sangat masam.