Discussion on the result of reading activity. POST YOUR ANSWERS HERE!

Translating Tourism Promotion Text

Translating Tourism Promotion Text

by Putri Wulandari -
Number of replies: 1

1. What are the important aspects we need to consider when translating tourism promotion texts?

Aspek yang perlu diperhatikan dalam menerjemahkan teks promosi wisata adalah menerjemahkannya secara siktaksis dan hal-hal yang perlu diperhatikan adalah terjemahan kata, terjemahan kalimat, dan terjemahan kalimat kiasan. 

Pemilihan diksi yang tepat adalah hal yang penting dalam menerjemahkan kata agar kita dapat mempengaruhi pembaca untuk mengunjungi destinasi wisata yang sedang dipromosikan.

Terdapat 4 macam kalimat dalam teks promosi wisata, yaitu kalimat sederhana, kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan kalimat elipsis. Masing-masing kalimat tersebut memiliki teknik penerjemahan yang berbeda, contohnya kalimat sederhana dapat diterjemahkan secara literal dan sederhana. 

Kita tidak dapat menerjemahkan teks promosi wisata secara literal karena akan terlihat kaku dan kurang menarik bagi pembaca sehingga aspek lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan teknik repetisi, amplifikasi, dan fleksibilitas dalam menerjemahkan. Dalam menerjemahkan teks promosi wisata akan lebih baik jika tidak ada pengulangan agar teks tersebut terlihat lebih menarik dan variatif. Teknik amplifikasi (penambahan) digunakan untuk memudahkan penerjemah dalam menjelaskan suatu topik kepada pembaca. Agar terjemahan terlihat natural dan berterima maka sangat diperlukan fleksibilitas dalam menerjemahkan teks promosi wisata.


2. What kinds of challenges that we probably face when translating tourism brochures in Indonesian context and culture to those in Western context and culture?

Tantangan yang mungkin dihadapi penerjemah dalam menerjemahkan teks promosi wisata berbahasa Indonesia ke budaya Barat adalah perbedaan aspek budaya dan kemungkinan istilah-istilah kebudayaan tidak dapat diterjemahkan yang akan mempengaruhi pemilihan padanan dan teknik yang tepat untuk menerjemahkan teks promosi wisata tersebut.

In reply to Putri Wulandari

Re: Translating Tourism Promotion Text

by Ardianna Nuraeni -

Pemahaman terhadap isi artikel lumayan bagus, namun perlu diberikan penjelasan lebih mendalam dengan memberikan contoh.

Jawaban nomor 2 masih teoritis, belum memunculkan jawaban analitik situasi yang ada di pertanyaan.

Nilai: 70