Diskusi Tugas: 11. GLOBAL WARMING

Efek rumah kaca ~ Global warming

Efek rumah kaca ~ Global warming

by Salim Widono -
Number of replies: 34

Global warming identik dg efek rumah kaca, yaitu akibat yg berlebihan dari fenomena efek rumah kaca dikenal dg istilah global warming (peningkatan suhu rata rata permukaan bumi.  Adalkah manfaat dari global warming atau efek rumah kaca  bagi kehidupan manusia ?

Saya persilahkan 3 orang peserta untuk menjawab pertanyaan diskusi ini, peserta lainnya mhn me-replay posting-an 3 peserta sebelumnya.

In reply to Salim Widono

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Dian Kurnia -

Saya Dian Kurnia W (F0117038) izin menjawab. Manfaat dari global warming atau efek rumah kaca  bagi kehidupan manusia, yaitu :

  1. Arktik, Antartika, Siberia, dan daerah lainnya di bumi yang beku mungkin akan mengalami pertumbuhan lebih banyak tanaman dan iklim yang lebih hangat.
  2. Zaman es berikutnya mungkin tidak akan terjadi lagi
  3. Transportasi laut akan lebih luas karena lebih banyaknya daratan es yang mencair
  4. Berkurangnya kebutuhan konsumsi energi untuk menghangatkan tempat dingin.
  5. Berkurangnya kematian atau sakit akibat cuaca dingin.
  6. Musim semi yang lebih lama bisa berarti peningkatan produksi pertanian di beberapa wilayah di dunia.
  7. Pulau-pulau kecil yang menghilang (tenggelam) akan mengurangi klaim kepemilikan pulau oleh beberapa negara, yang biasanya bisa menyebabkan konflik perang
  8. Kutub selatan menjadi lebih ramah sebagai tempat hunian, karena suhu di sana menjadi lebih hangat
Terima Kasih
In reply to Dian Kurnia

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Dian Kurnia -

izin menambahkan. 

9. Transportasi di Utara Akhirnya Terbuka Lebar, karen jalur tempuh distribusi barang yang lebih pendek dan singkat

10. Ekstra Karbon Dioksida bagi Tumbuhan, yang merupakan makanan bagi mereka untuk berfotosintesis yang akhirnya akan diproses untuk menghasilkan oksigen

11. Eksploitasi Kutub Utara Menjadi Memungkinkan, karena mungkin saja akan ditemukan banyak sekali minyak di sana yang jumlahnya melebihi tanah Arab

12. Global Warming Bisa Jadi Sumber Energi Tak Terbatas, global warming mampu menyediakan panas berlebih, ini artinya kita bisa memanfaatkannya untuk dikonversi menjadi bentuk energi lain, listrik misalnya.

In reply to Dian Kurnia

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Fatihul Mu'tashim -
izin menanggapi klo memang terdapat sisi positif dari global warming mengapa hal tersebut masih ditakutkan dampaknya bagi kehidupan manusia coba

In reply to Fatihul Mu'tashim

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Nurul Febriana -

Sebenarnya, efek rumah kaca memang fenomena yang memberikan cukup banyak manfaat bagi kelangsungan hidup di Bumi. Namun akan jadi masalah jika konsentrasi gas rumah kaca di udara semakin banyak, maka semakin banyak panas yang terperangkap di Bumi. Hal itu menyebabkan suhu Bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Jika dibiarkan terus menerus, banyak populasi makhluk hidup yang akan musnah. Dan suhu Bumi akan terus meningkat.

In reply to Dian Kurnia

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Abigail Charisma Putri -

Saya Abigail Charisma Putri (NIM F0117002) izin menanggapi.

Kalau perihal mencairnya kutub (daratan es yang mencair) sehingga transportasi laut menjadi lebih luas, apakah benar dapat dikatakan sebagai manfaat?

Karena kalau ditinjau kembali, tanpa bertambahnya volume air laut pun transportasi laut tetap dapat berlangsung worldwide.

In reply to Abigail Charisma Putri

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Sinta Dewi Laksmi Santosa -

Saya Sinta Dewi Laksmi Santosa - F0117108 setuju dengan pendapat Abigail dampak negatif dari rumah kaca dinilai lebih disoroti daripada dampak positifnya akan tetapi terdapat beberapa efek positif dari adanya efek rumah akac diantaranya :

1. Efek rumah kacasangat berguna bagi kehidupan di bumi karena gas-gas dalam atmosfer dapat  menyerap gelombang panas dari sinar matahari menjadikan suhu di bumi tidak terlalu rendah untuk dihuni makhluk hidup. Seandainya tidak ada gas rumah kaca jadi tidak ada efek rumah kaca, suhu di bumi rata-rata hanya akan -18C, suhu yang terlalu rendah bagi sebagian besar makhluk hidup, termasuk manusia. Tetapi dengan adanya efek rumah kaca suhu rata-rata di bumi menjadi 330C lebih tinggi , yaitu 150C, suhu  ini sesuai bagi kelangsungan kehidupan makhluk hidup.

2. Dengan adanya efek rumah kaca manusia menjadi sadar bahwa pohon dan hutan memiliki arti penting bagi kelangsungan kehidupan, yaitu salah satunya dapat menyerap gas polutan dan menghasilkan oksigen. Maka reboisasikembali digalakkan dan penanaman pohon di kota-kota besar mulai dilakukan.

3. Manusia menjadi kreatif, karena mengolah limbah seperti plastik, kertas untuk didaur ulang menjadi barang yang ekonomis.


Terimakasih

In reply to Abigail Charisma Putri

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Sally Ishaya -
Menurut saya bertambahnya luas laut memang bermanfaat untuk transportasi laut, namun efek sampingnya daratan pun akan terkikis dan digantikan oleh laut. Seperti yang dapat kita perhatikan bahwa kehidupan mayoritas berada di darat sehinga bila daratan banyak tertutup oleh air maka perlu dilakukan penyesuaian dalam segala hal termasuk urusan transportasi. Terimakasih


Sally Chosia F0117102

In reply to Dian Kurnia

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Salim Widono -

Jawabanmu cukup memuaskan sy, memang tidak selamanya global warming merugikan, tp juga menguntungkan terutama bagi tempat-tempat belahan bumi yg dingin akan menjadi lebih hangat mk tempat-tempat tersebut akan naik produktivitas pertaniannya dan meningkat pula keanekaragaman hayatinya. Tapi bagi tempat yg sudah panas akan bertambah menjadi lebih panas lagi -- secara umum dampak negatifnya dianggap lebih merugikan bagi kehidupan manusia.

In reply to Dian Kurnia

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Luvi Khasanah -

Ijin menanggapi, menurut saya dengan adanya pemanasan global, manusia menjadi lebih inovatif dengan menciptakan teknologi2 yang dapat digunakan oleh manusia guna memanfaatkan adanya pemanasan global dan bertahan hidup dengan usaha mengurangi global warming (mis: panel surya untuk dijadikan listrik, teknologi hijau yang digunakan untuk menghasilkan energi atau produk tanpa mencemari lingkungan). Selain itu, manusia menjadi lebih kuat karena penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan dan iklim yang berubah ubah.

In reply to Salim Widono

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Kuni Fiatus -

Kuni Fiatus Solihah Amalina-F0117066

Izin menjawab:

Ada beberapa manfaat global warming bagi kehidupan manusia, yaitu:

  1. Sumber energi tak terbatas
  2. Ekploitasi kutub utara menjadi memungkinkan
  3. Ekstra karbon dioksida bagi tumbuhan. 

Terimakasih.


In reply to Kuni Fiatus

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Nisa Amalia -

Saya Nisa Amalia F0117087, izin menanmbahkan

Global warming juga memberikan beberapa manfaat, antara lain :

1. Mengurangi badai : Para ahli oceanografi mengatakan kalau samudera dan lautan menjadi lebih hangat, badai yang menerap Amerika jadi seidkit. Temperatur yang panas mampu menambah gerakan angin yang bisa membasmi petir dan badai.

2. Menyelamatkan hutan tropis : Di sini global warming memiliki peranan untuk meningkatkan temperatur udara. Temperatur yang hangat dan nitrogen dari hujan asam sebenarnya bagus untuk vegetasi hujan tropis. Meski tanpa hujan, hutan tropis bisa tetap tumbuh subur asalkan ada temperatur yang cukup.

3. Mencegah terjadinya zaman es : fakta lain menunjukkan kalau manusia mampu bertahan di cuaca yang panas dibandingkan dengan cuaca yang dingin.

Terima kasih


In reply to Kuni Fiatus

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Salim Widono -

Apa maksud dari sumber energi tak terbatas ?

In reply to Salim Widono

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Arkhania Fiza Astari -

Arkhania Fiza Astari_F0117026 izin menanggapi pak, menurut saya sumber energi tak terbatas adalah asal muasal energi tercipta oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan tidak akan pernah terhabiskan serta dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari hari. Contoh dari sumber energi tak terbatas seperti energi matahari, energi angin, arus dan gelombang pasang, energi ombak diatas permukaan air laut, dan energi panas bumi.

Mohon koreksinya pak. 

Terima kasih. 

In reply to Salim Widono

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Wulan Wahyuningtyas -

Saya Wulan Wahyuningtyas - F0117117 

izin menjawab pak, fenomena global warming tidak hanya memberikan dampak yang buruk saja bagi kehidupan akan tetapi terdapat manfaatnya juga bagi kehidupan. dengan adanya global warming akan mengakibatkan musim panas berlangsung lebih lama sehingga masa tanam para petani juga akan menjadi lebih panjang. selain itu fenomena global warming juga menjadikan transportasi laut lebih luas karena banyaknya daratan es yang mencair. global warming juga dapat menyelamatkan hutan tropis, mengurangi badai serta mencegah terjadinya zaman es.


Terimakasih...

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Ryan Septyan -

selain itu jg manfaatnya adalah membuat tempat2 dingin seperti kutub utara menjadi lebih hangat dan tentunya jika tidak ada fenomena ini suhu bumi akan rendah dan tentunya akan menyulitkan manusia yang hidup di bumi.

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Anastasia Devi -

Saya Anastasia - F0117017 ijin menambahkan jawaban dari Wulan,

Manfaat efek rumah kaca bagi kehidupan di Bumi juga dapat menjaga kehangatan permukaan bumi. Apabila tidak ada efek rumah kaca dan gas rumah kaca, maka temperatur bumi akan dingin sekali (karena panas bumi dipantulkan atau dilepas seluruhnya ke ruang angkasa saat malam) atau panas sekali (akibat panas dari radiasi matahari diterima seluruhnya tanpa ada yang dikembalikan ke ruang angkasa oleh atmosfer).


In reply to Anastasia Devi

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Rizal Ramudya -

Ijin menanggapi pernyataan saudari Anas

Jika pada malam hari suhu bumi sangat dingin karena panas bumi dilepas seluruhnya ke ruang angkasa, apakah dapat mengakibatkan seolah-olah di kutub utara maupun selatan air menjadi es kembali? 

Karena saya berpikir bahwa global warming akan mencairkan semua es, maka yang terjadi justru daratan semakin sempit karena banyak dataran rendah yang tergenang air

In reply to Rizal Ramudya

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Anastasia Devi -

Ijin menanggapi tanggapan dari Saudara Rijal,


Mungkin bila suhu Bumi terus menerus rendah dan dingin, bisa menyebabkan air (baik dari kutub yang mencair atau tidak) dapat membeku.

Terimakasih, mohon maaf apabila salah :)

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Asri Kusuma Dewi -

Saya Asri Kusuma D - F0117027

Izin menambahi. Selain yang sudah disebutkan diatas, global warming juga memiliki manfaat antara lain :

1. Mengurangi badai 

Global warming menyebabkan temperature tinggi sehingga mampu menambah gerakan angin yang akan mengurangi badai.

2. Menyelamatkan hutan tropis

Global warming menyebabkan temperatur yang hangat yang dapat membantu vegetasi hutan tropis.

3. Ekstra karbon dioksida bagi tumbuhan

Global warming menyebabkan produksi CO2 meningkat, sehingga bermanfaat bagi tumbuhan.

Terimakasih


In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Salim Widono -

Terkait dg jumlah CO2 di udara, mana yg benar: global warming menyebabkan kenaikan jumlah CO2 di udara atau jumlah kenaikan CO2 diudara menyebabkan terjadinya global warmin ?

In reply to Salim Widono

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Asri Kusuma Dewi -

Terimaksih sudah mengkoreksi pak, yang benar adalah global warming di sebabkan oleh peningkatan Co2 di udara, peningkatan tersebut bermanfaat bagi tumbuhan

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Faris Alfiansyah -
Saya Faris Alfiansyah (F0117047), izin menambahkan, selain itu manfaat dari global warming adalah:

Pertama, iklim yang hangat akibat global warming berpengaruh pada perangkat tambahan seperti tagihan pemanasan yang lebih rendah dan mengurangi penundaan transportasi dan kecelakaan.

Kedua, global warming menyebabkan penurunan cuaca dingin yang memengaruhi berkurangnya keharusan untuk menyekop salju, mengurangi risiko mengemudi di jalan yang tertutup es, serta mengurangi tagihan pengeluaran untuk pemakaian alat pengering pakaian. Cuaca yang lebih hangat mengurangi kemungkinan pemadaman listrik dan interupsi kabel komunikasi. Global warming akan mengurangi jumlah penyakit dunia, dengan demikian, menjauhkan sejumlah besar orang dari kematian yang mendekat. Global warming bisa menghindarkan miliaran orang dari malnutrisi.

In reply to Faris Alfiansyah

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Avita Indah Pangestika -

izin menanggapi, saya sependapat dengan pernyataan bahwa global warming bisa menurunkan tagihan pemanasan. namun bisa tolong jelaskan, bagaimana global warming mengurangi jumlah penyakit dunia dan menghindarkan orang dari malnutrisi? terima kasih

In reply to Avita Indah Pangestika

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Faris Alfiansyah -

Izin menjawab, global warming bisa mengurangi jumlah penyakit akibat kelaparan dan menghindarkan orang dari malnutrisi karena dengan adanya global warming akan mengakibatkan musim panas berlangsung lebih lama sehingga masa tanam para petani juga akan menjadi lebih panjang, sehingga stok pangan akan tercukupi dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat dari pangan tsb.

Terimakasih

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Fatika Yusuf -

Saya Fatika Afiani Yusuf - F0117049, izin menambahkan jawaban dari saudari Wulan

Dampak positif dari global warming selain yang sudah dituliskan oleh saudari Wulan, selain itu global warming juga dapat sumber energi. Panas akibat dari global warming tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Karena sekarang sudah mulai ada inovasi pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga panas matahari.

Sekian, terima kasih

In reply to Fatika Yusuf

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Salim Widono -

Mana yg lebih diutamakan terkait dg energi suya: panasnya sinar matahari atau lamanya matahari bersinar ?

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Yofna Daniel Theodorus Mordekai -

F0117119 yofna daniel izin menambahkan, manfaat lsin dari efek rumah kaca adalah masa tanam makin panjang orang-orang akan menikmati musim panas yang lebih lama, dan fenomena kedua petani akan membuat mereka punya masa tanam yang lebih panjang. Suhu yang lebih hangat untuk tanaman tumbuh dari pada dingin. Ditambah fakta jika musim panas akan lebih panjang, maka ini akan jadi peluang petani untuk mendapatkan banyak pendapatan. Pada akhirnya, pemanasan global gara-gara ini bahan makanan pun melimpah ruah.

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Hutan tropis

by Salim Widono -

Bagaimana mekanismenya, global warming dapat menyelamatkan hutan tropis ?

In reply to Salim Widono

Re: Hutan tropis

by Sinta Dewi Laksmi Santosa -

Saya ijin  Sinta Dewi Laksmi Santosa F0117108 menjawab Pak, mengenai proses mekanisme mengapa hal tersebut bisa terjadi saya kurang mengetahui tetapi yang jelas dengan adanya efek rumah kaca manusia menjadi sadar bahwa pohon dan hutan memiliki arti penting bagi kelangsungan kehidupan, yaitu salah satunya dapat menyerap gas polutan dan menghasilkan oksigen. Maka reboisasikembali digalakkan dan penanaman pohon di kota-kota besar mulai dilakukan. 

Terimakasih 

In reply to Salim Widono

Re: Hutan tropis

by Wulan Wahyuningtyas -

izin menanggapi pak,

Banyak hutan tropis yang ditebang sampai habis oleh orang tak bertanggung jawab. Semakin menipisnya hutan tropis, itu bisa membawa dampak negatif pada keseimbangan bumi.

Di sini global warming memiliki peranan untuk meningkatkan temperatur udara. Temperatur yang hangat dan nitrogen dari hujan asam sebenarnya bagus untuk vegetasi hujan tropis. Meski tanpa hujan, hutan tropis bisa tetap tumbuh subur asalkan ada temperatur yang cukup.

Terimakasih...


In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Andhini Permata -

Izin menambahkan..

Fungsi dari efek rumah kaca yakni bermanfaat sebagai salah satu cara untuk mengurangi suhu dingin. Dengan meningkatnya efek rumah kaca akan otomatis menyebabkan suhu di bumi menjadi lebih hangat karena semakin tipisnya lapisan ozon yang ada di atmosfer. Akan tetapi jika hal ini terus menerus meningkat maka akan sangat berbahaya bagi keseimbangan alam terutama akan menyebabkan lelehnya gunung es yang berada di Kutub.

In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Listiana Nuri Fajarwati -
Listiana Nuri Fajarwati - F0117067

Ijin menanggapi terkait manfaat global warming bagi petani yaitu masa tanam semakin panjang. Jadi benar apa yang dikatakan mbak wulan. Terjadinya peningkatan CO2 akibat global warming dapat memudahkan tanaman untuk tumbuh.
Namun disisi lain peningkatan CO2 juga dapat menurunkan kandungan protein dan nitrogen pada tanaman sehingga tanaman kehilangan kualitasnya. Fenomena global warming ini juga dapat menimbulkan efek negatif bagi daerah yang rawan kekeringan sehingga petani harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk irigasi. Selain itu kondisi yang panas dapat meningkatkan serangan hama dan penyakit pada tumbuhan. Terimakasih
In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Diah Kusuma -

Diah Kusuma Wardani - F0117037

Izin menambahkan jawaban, Efek rumah kaca sangat berguna bagi kehidupan di bumi karena gas-gas dalam atmosfer dapat  menyerap gelombang panas dari sinar matahari menjadikan suhu di bumi tidak terlalu rendah untuk dihuni makhluk hidup.

Terima kasih

In reply to Salim Widono

Re: Efek rumah kaca ~ Global warming

by Ahmad Saiful -

Saya Ahmad Saiful - F0117008, Izin menambahkan 

manfaat Global Warming bagi kehidupan manusia diantaranya sebagai berikut :

  1. Potensi yang lebih tinggi pada hasil pertanian di daerah yang terletak pada posisi lintang tengah.
  2. Potensi penambahan kayu global pada hutan yang dikelola dengan baik dan benar.
  3. Peningkatan ketersediaan air untuk populasi pada beberapa wilayah yang relatif kering, sebagai contoh di sebagian wilayah Asia Tenggara.
  4. Pengurangan angka kematian pada musim dingin pada bumi di belahan lintang tengah dan lintang tinggi.
  5. Pengurangan permintaan energi untuk pemanas ruangan akibat suhu udara pada musim dingin tidak terlalu dingin.