Diskusi Tugas: 10. HUJAN ASAM

Diskusi Hujan Asam

Diskusi Hujan Asam

by Agnes Greatassa -
Number of replies: 19

Assalamualaikum. Selamat siang teman-teman. Semoga hari ini dan seterusnya bapak dan teman-teman selalu dalam keadaan sehat, dan semoga dilancarkan ibadah puasanya bagi teman-teman yang menjalankan


Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang "HUJAN ASAM".


Untuk pertanyaan kami buka 1 termin dengan 5 pertanyaan. Silakan bagi teman-teman yang ingin bertanya.
Terimakasih 😊🙏

In reply to Agnes Greatassa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Sally Ishaya -

Selamat Sore, Saya Sally Chosia dengan NIM F0117102


saya ingin bertanya, apakah terjadinya hujan asam dapat dideteksi sebelumnya? ataukah terjadinya hujan asam tidak disadari hingga pengambilan sampel air hujan itu sendiri? kemudian pada PPT disebutkan bahwa hujan asam yang jatuh ditanah akan menyebabkan turunnya PH tanah, lalu bagaimana cara menanggulangi hal tersebut jika hujan asam terlanjur jatuh ke tanah? Terimakasih 

In reply to Sally Ishaya

Re: Diskusi Hujan Asam

by ADYA RARAS HERNOWO -

Saya Adya Raras H - F0117006,izin menjawab pertanyaan dari sally

terjadinya hujan asam dapat dideteksi dari semakin banyaknya industri yang berbahan baku fosil yang merupakan salah satu penyebab dari hujan asam,sehingga kemungkinan besar daerah yang dekat dengan industri tersebut akan terkena hujan asam. tetapi perlu adanya pengambilan sample air dan tanah untuk memastikannya. 

cara mengatasi turunnya ph tanah yang disebabkan dari hujan asam dapat dilakukan beberapa upaya untuk mengatasinya yaitu dengan:

1.   Pengapuran

Pengapuran merupakan upaya pemberian bahan kapur ke dalam tanah masam

2.   Penambahan Unsur Hara / Pemupukan

Pemupukan merupakan jalan termudah dan tercepat dalam menangani masalah kahat hara, 

3. Pemberian Mikrorganisme Pengurai

Terdapatnya bahan organik yang belum terurai juga akan menyumbangkan tingkat keasaman tanah,Pemberian mikroorganisme pengurai akan mempercepat dekomposisi bahan organik dalam tanah sehingga akan membantu ketersediaan dan keseimbangan unsur hara.

In reply to Agnes Greatassa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Sinta Dewi Laksmi Santosa -

Saya Sinta F0117108 izin bertanya, untuk materi ini disebutkan upaya untuk mengatasi hujan asam tetapi pada nyatanya tetap saja masih banyak yang dilanggar

Lalu bagaimana kah efek jangka panjang Hujan Asam pada lingkungan dan pada Bumi sendiri


Terimakasih

In reply to Sinta Dewi Laksmi Santosa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Agnes Greatassa -

Terimakasih Sinta atas pertanyaannya 😊

Sebelumnya, untuk pengendalian hujan asam ini diberlakukan agar setidaknya dapat mengurangi terjadinya hujan asam.

Sedangkan untuk efek jangka panjang dari hujan asam pada lingkungan yaitu
1. Adanya penurunan pH tanah akan berdampak pada kesuburan hutan dan lahan pertanian, tanah akan entan dengan kekeringan dan serangan hama/penyakit.

2. hujan asam juga mengandung kadar SO2 yang akan menyebabkan keracunan kronik dan penurunan hasil pertanian dalam jangka panjang dapat mencapai penurunan hasil panen sampai 30%.

3. Hujan asam yang berkepanjangan juga akan mempengaruhi pH air ekosistem akuatik yang dalam jangka panjang akan menurunkan populasi ikan, tumbuhan akuatik dan juga jasad renik(mahluk hidup yang terdiri dari satu atau beberapa kumpulan sel dengan ukuran beberapa mikron)

In reply to Agnes Greatassa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Ryan Septyan -

saya ryan septyan f0117101 izin bertanya , ketika tiba tiba terjadi hujan asam langkah langkah apa yg dapat kita ambil untuk menyelamatkan lahan pertanian kecil didepan pekarangan rumah kita?

In reply to Ryan Septyan

Re: Diskusi Hujan Asam

by Shindi Oktavia -

Shindi Oktavia - F0117107, izin menjawab jika hujan asam tiba-tiba terjadi akan sulit untuk menyelamatkan lahan pertanian karena akan menyebabkan kondisi tanah yang cukup rendah, namun ada beberapa cara untuk menanggulanginya yaitu dengan teknologi yang bernama LIMB yang berfungsi untuk mengurangi emisi dari SO2 dan NOx, selain itu juga bisa menambahkan penambahan zat kapur agar bisa menyeimbangkan kandungan tanah.

Terimakasih

In reply to Agnes Greatassa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Putri Irfiani Mustarifah -

Saya Putri Irfiani Mustarifah - F0117089

izin bertanya, apakah hujan asam dan hujan biasa dapat dibedakan secara langsung oleh diri kita sendiri?

jika iya, perbedaannya apa saja ya? 

In reply to Putri Irfiani Mustarifah

Re: Diskusi Hujan Asam

by widhi jati prakoso -

terimakasi sodara putri atas pertanyaannya,

ijin menjawab,

Hujan asam dan hujan biasa dapat dirasakan namun sangat sulit dibedakan, tetapi kita bisa merasakan hujan asam apabila terkena kulit akan memerah dan gatal apalagi jika kekebalan tubuh seseorang kurang makan akan merasakan pusing.

Perbedaannya:

- Hujan asam = hujan yang setiap tetes airnya mengandung kadar keasaman
  Hujan biasa = hujan yang airnya dari uapan air laut

- Hujan asam memiliki PH yg lebih rendah atau sekitar <7 sedangkan hujan biasa yg memiliki kadar PH tepat 7 atau netralisasi.

Terima kasih.

In reply to widhi jati prakoso

Re: Diskusi Hujan Asam

by Agnes Greatassa -

Mohon maaf izin menambahi untuk pH air hujan asam terdapat 3 tingkatan, yaitu

1. pH 4,1-5,5 : Hujan asam

2. pH 3-4 : Hujan asam (tinggi)

3. ph < 3 : Hujan asam (ekstrem)

Terimakasih 🙏

In reply to Agnes Greatassa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Fatihul Mu'tashim -

fatihul mt-F0117048

Mau tanya sudah efektifkah menurut kalian  Upaya yang dilakukan Untuk Mengurangi dan Mencegah Dampak dari Hujan Asam dengan pertumbuhan industri saata ini yang semkain pesat


In reply to Fatihul Mu'tashim

Re: Diskusi Hujan Asam

by Agnes Greatassa -

Terimakasih pertanyaannya Fatihul


Menurut kelompok kami, upaya yang dilakukan untuk mengurangi dan mencegah dampak dari hujan asam sudah diterapkan masyarakat. Pasalnya Indonesia sendiri sudah menetapkan sejak 2019 yaitu industri pelayaran harus menggunakan bahan bakar rendah sulfur. lalu untuk industri yang melakukan proses pembakaran diharuskan untuk mempunyai pengelolaan dalam pengendalian setelah proses pembakaran. dan untuk masyarakat sendiri sudah memulai mengaplikasikan 3R dengan adanya bank sampah dimana-mana

In reply to Agnes Greatassa

Re: Diskusi Hujan Asam

by Diah Kusuma -

Diah Kusuma Wardani - F0117037

izin bertanya, penyebab terjadinya hujan asam dari Berbagai aktivitas manusia seperti penggunaan batu bara dan minyak bumi secara berlebihan dapat memicu terjadinya hujan asam. bagaimana cara yang efektif untuk mengurangi penggunaan batu bara dan minyak bumi bagi masyarakat yang masih bergantung pada dua hal tersebut?

In reply to Diah Kusuma

Re: Diskusi Hujan Asam

by widhi jati prakoso -

Terimakasi sodari Diah atas pertanyaannya,

Izin menjawab,

Untuk mengurangi penggunaan batu bara dan minyak bumi yang berlebihan maka dilakukan penggantian bahan bakar alternatif yaitu dengan bahan bakar rendah belerang seperti etanol, hydrogen dan methanol. Mengurangi sulfur sebelum melakukan pembakaran dengan eknologi tertentu juga dapat mengurangi hujan asam.Untuk mengurangi penggunaan batu bara dan minyak bumi yang berlebihan maka dilakukan penggantian bahan bakar alternatif yaitu dengan bahan bakar rendah belerang seperti etanol, hydrogen dan methanol. Mengurangi sulfur sebelum melakukan pembakaran dengan eknologi tertentu juga dapat mengurangi hujan asam. serta Pengendalian Pencemaran Selama Pembakaran,Beberapa teknologi untuk mengurangi emisi SO2 dan Nox pada waktu pembakaran telah dikembangkan. Salah satu teknologi ialah lime injection in multiple burners (LIMB). Selain itu, bisa juga dilakukan dengan penggunaan Scrubbers. Alatini mampu mengurangi emisi sulfur okida hingga 80-95 %.

Terimakasih.