3.3. Ruang Diskusi Mahasiswa

Nabila Isnaeni

Nabila Isnaeni

by Nabila Isnaeni -
Number of replies: 0

Silahkan analisis tantangan apa saja yang dihadapi oleh Ideologi Pancasila baik dari dalam maupun luar bangsa Indonesia?

Jawab: Era digital telah mengantarkan fenomena The Internet Of Things yang mengindikasikan ancaman ideologi luar terasa begitu dekat dan nyata. Fenomena fenomena The Internet Of Things menjadikan ancaman paparan ideologi asing seperti liberalisme, komunisme, sosialisme, kapitalisme, radikalisme, dan lain sebagainya, dan tentu berbagai varian ideologi tersebut tidak dapat dihindari dan akan terus berinteraksi dengan Ideologi Pancasila.

  1. Sebutkan minimal satu contoh kasus akibat lemahnya Ideologi Pancasila?

Jawab: Berdasarkan pemaparan jawaban pada soal sebelumnya, apabila ideologi pancasila melemah, maka peluang masuknya ideologi asing di Indonesia semakin besar. Dengan kata lain hal tersebut menjadi ancaman terhadap Pancasila sebagai dasar negara. Untuk itu, Indonesia harus menjaga diri agar tidak terjerumus dalam adiksi ideologi asing yang membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam Pasal 30 Ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 secara tegas menyatakan bahwa  “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara” jadi pada hakikatnya menjaga, melindungi, dan memelihara ketahanan ideologi Pancasila merupakan tugas bersama seluruh rakyat Indonesia.