Topic outline

  • General

    N


    Deskripsi Matakuliah: Mata kuliah Pancasila merupakan mata kuliah wajib umum yang mengkaji hakekat pendidikan Pancasila , Periodesasi perkembangan Pancasila, Pancasila sebagai sumber dan norma hukum ,Pancasila sebagai dasar dan deologi Negara,Pancasila sebagai filsafat dan etika dan Pancasila sebagai pengembangan ilmu.


    CPMK: Menghargai dan Mengamalkan nilai nilai Ketuhanan,kemanusiaan,Persatuan,Kerakyatan dan keadilan berdasarkan pada agama, moral dan etika Mampu berfikir kritis , logis, inovatif ,bermutu dan terukur dalam mengembangkan kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan nilai nilai Pancasila.


    Dosen Pengampu: Widya Noventari


    • 1. Pengantar

      b

      Hallo rekan-rekan mahasiswa semuanya, 

      selamat datang di MK Pendidikan Pacnasila, semoga semuanya dalam keadaan sehat senantiasa. Pada sesi ini rekan-rekan saya harapkan dapat membaca bahan tayang yang sudah saya sajikan di kelas SPADA ini.


      Salam,

      Widya Noventari.

    • 2. Historitas Pancasila

      c


      Selamat Pagi dan semoga dalam keadaan baik selalu semuanya, Pada kesempatan pertemuan ke-2 ini kita akan mempelajari materi tentang "Historitas Pancasila ". Selama proses perkulihan berlangsung Anda diharapkan mematuhi tata terbib pembelajaran daring yang sudah disepakati bersama dan memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.


       Selamat Belajar dan tetap semangat.

    • 3. Pancasila sebagai Ideologi, Dasar, dan Pandangan Hidup Bangsa

      W

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan makna dari ideologi melalui tanya jawab.

      2. Mahasiswa dapat menjelaskan ideologi Pancasila melalui tanya jawab.

      3. Mahasiswa mampu menganalisis tantangan apa saja yang mengancam Ideologi Pancasila di Indonesia.

    • 4. Dinamika Revitalisasi Pancasila dari Era Demokrasi terpimpin Hingga Kini

      a

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa dapat menjelaskan dinamika revitalisasi nilai-nilai Pancasila dari masa ke masa malalui penjelasan video.

      2. Mahasiswa mampu menganalisis strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila dari masa ke masa malalui soal pendalaman materi.

    • 5. Etika Pancasila

      pancasila

      Tujuan Pembelajaran:

      1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan makna dari etika Pancasila melalui tayangan video dan bahan tayang materi.
      2. Mahasiswa dapat menjelaskan urgensi etika Pancasila bagi mahasiswa.
      3. Mahasiswa mampu menganalisis contoh penyimpangan etik Pancasila dalam kehidupan mahasiswa melalui forum diskusi.

    • 6. Team Base Project

      n

      Proyek Pancasila ini sebagai salah satu bentuk penugasan yang bersifat kelompok untuk menganalisis permasalhan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu mengaktualisasikan materi perkuliahan Pendidikan Pancasila serta mampu terlibat dalam upaya penyelesaian permasalahan dinamika dan tantangan implementasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat. 

    • Pertemuan ke-15: Mengenal Budaya Mancanegara dan lebih dalam tentang Indonesia

      budaya

      Pepatah mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang" untuk semakin menyayangi bangsa dan negara kita maka harus mengenal lebih dekat dengan Indonesia melalui seni budayaanya yang menjadi identitas bangsa. Pancasila sendiri sebagai identitas nasional merupakan ciri khas yang hanya dimiliki bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain, oleh karena itu Pancasila harus terus dipahami, diamalkan, dan dilestarikan. 

      Pada sesi pertemuan ke-15 ini, mahasiswa dimintak untuk menonton beberapa video yang memperkenalkan ragam budaya mancanegara untuk memperluas wawasan kita tentang budaya global dan memperkuat akan budaya nasional. Mahasiswa dimintak untuk mengerjakan tagihan individu sesuai dengan LK yang disiapkan.


      ~Selamat menikmati sajian video ragam budaya mancanegara melalui kanal youtube budaya saya~


    • Pertemuan ke-16: Ujian Akhir Semester

      UAS