Forum Diskusi Kelas 6 A

konsep dasar ilmu gizi

konsep dasar ilmu gizi

by Devina Dewi irawan -
Number of replies: 0

1) Pengertian ilmu gizi

´ilmu gizi yaitu ilmu yang mempelajari zat-zat dari pangan yang bermanfaat bagi kesehatan dan proses yang terjadi pada pangan sejak di konsumsi, dicerna, diserap, sampai dimanfaatkan tubuh serta dampaknya terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kelangsungan hidup manusia serta faktor yang mempengaruhinya

2) Ruang lingkup ilmu gizi

Ruang lingkup ilmu gizi cukup luas. Fokus perhatian gizi dimulai dari cara produksi pangan (agronomi dan peternakan), perubahan-perubahan yang terjadi pada tahap pascapanen mulai dari penyediaan pangan, distribusi dan pengolahan pangan, konsumsi makanan dan cara-cara pemanfaatan makanan oleh tubuh dalam keadaan sehat dan sakit. Karena konsumsi makanan dipengaruhi oleh kebiasaan makan, perilaku makan dan keadaan ekonomi maka ilmu gizi Oleh karena itu ilmu gizi juga sangat erat kaitannya dengan ilmu agronomi, peternakan, ilmu pangan, mikrobiologi, biokimia, faal, biologi molekuler dan kedokteran. 

3) Kebutuhan gizi berkaitan dengan tubuh

1. Karbohidrat merupakan komponen makanan sebagai sumber energi utama yang mudah dicerna dan cepat bisa digunakan.Kebutuhan energi karbohidrat ini sebesar kisaran 55-67% dari seluruh total kalori.  Dibagi menjadi dua yaitu karbohidrat simpleks adalah karbohidrat yang cukup mudah diserap oleh tubuh dan bila glukosa yang terbentuk tidak segera digunakan, akan disimpan oleh tubuh dan menjadi lemak. Sementara, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang diserap secara perlahan dan meningkatkan kadar glukosa di tubuh secara perlahan. 

2. Protein adalah suatu zat organik yang membentuk utama sel dan jaringan. Tubuh tidak dapat menyimpan kelebihan protein. Namun protein menjadi sumber energi secara tidak langsung dengan sejalannya aktivitas meningkat guna pembentukan dan membangun sel dan jaringan baru setelah rusak akibat berbagai aktivitas. Kebutuhan energi berasal dari protein 13-15% dari total kalori per hari. Makanan yang mengandung banyak protein yaitu protein di antaranya susu, telur, keju, daging, biji-bijian yang masih berkulit ari, kacang tanah, dan kedelai.

3. Lemak merupakan zat makanan yang tidak larut didalam air. Namun mereka dicerna menjadi sumber energi cadangan setelah otot menghabiskan sebagian besar glikogennya. Kebutuhan energi yang berasal dari lemak +20-30% dari total kalori perhari.Lemak dibagi menjadi 3 golongan, yakni asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak tak jenuh ganda. 

4)gangguan gizi terhadap fungsi tubuh

Akibat kurang gizi terhadap proses tubuh bergantung pada zat-zat gizi apa ang kurang. Kekurangan gizi secara umum (makanan yang kurang dalam kuantitas dan kualitas) menyebabkkan gangguan pada proses:
 Pertumbuhan anak2 tidak tumbuh menurut potensialnya. Protein digunakan sebagai zat pembakar, jika kekurangan, maka otot2 menjadi lembek dan rambut mudah rontok.
 Produksi tenaga berkurang, sehingga tubuh menjadi lemah, malas, dan produktivitas kerja menurun.
 Daya tahan tubuh terhadap tekanan atau stress menurun. System imunitas dan antibody berkurang, sehingga lebih mudah terserang infeksi.
 Struktur dan fungsi otak: kurang gizi pada usia muda dapat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan kemampuan berpikir. Otak mencapai bentuk maksimalnya pada usia 2 tahun. Kekurangan gizi dapat berakibat terganggunya fungsi otak secara permanen.
 Anak anak maupun orang dewasa yang kurang gizi menunjukkan perilaku tidak tenang, mudah tersinggung, cengeng, dan apatis.

5) sistem pangan dan gizi
´Sistem pangan dan gizi yaitu serangkaian masukan,proses dan keluaran sejak pangan masih dalam tahap produksi sampai dengan tahap akhir,yaitu pemanfaatannya dalam tubuh manusia yang diwujudkan oleh status gizi. Hal ini berarti dalam system tersebut memiliki serangkaian komponen yaitu produksi,ketersediaan pangan, distribusi,konsumsi,gizi.