Forum Diskusi Kelas 6 A

Konsep Ilmu Gizi

Konsep Ilmu Gizi

by Cindy Natasha -
Number of replies: 0

1) Pengertian Ilmu Gizi

ilmu gizi yaitu ilmu yang mempelajari zat-zat dari pangan yang bermanfaat bagi kesehatan dan proses yang terjadi pada pangan sejak dikonsumsi, dicerna, diserap sampai dimanfaatkan tubuh serta dampaknya terhadap pertumbuhan, perkembangan, dan kelangsungan hidup manusia serta faktor yang mempengaruhinya.

2) Ruang Lingkup Ilmu Gizi

- ilmu gizi memiliki ruang lingkup mulai dari ilmu bahan makanan seperti cara produksi pangan, perubahan pascapanen (penyediaan pangan, distribusi dan pengolahan pangan, konsumsi makanan serta cara pemanfaatan makanan oleh tubuh yang sehat dan sakit).

- ilmu gizi juga berkaitan dengan ilmu agronomi, peternakan, ilmu pangan, mikrobiologi, biokimia, faal, biologi molekular, dan kedokteran.

3) Kebutuhan Gizi Berkaitan Dengan Tubuh

- karbohidrat : karbohidrat simpleks adalah karbohidrat yang cukup mudah diserap oleh tubuh dan bila glukosa yang terbentuk tidak segera digunakan, akan disimpan oleh tubuh dan menjadi lemak. sementara, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang diserap secara perlahan dan meningkatkan kadar glukosa di tubuh secara perlahan.

- protein : makanan yang mengandung lebih banyak protein di antaranya susu, telur, keju, daging, biji-bijian yang masih berkulit ari, kacang tanah, dan kedelai. susu dan sejenisnya menjadi sumber protein terbaik.

- lemak : jenis lemak masuk ke dalam kategori gizi yang dibutuhkan tubuh. lemak berguna untuk memproduksi energi dan pertumbuhan, baik badan maupun otak, serta memelihara pergantian jaringan. lemak dibagi menjadi 3 golongan, yakni asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak tak jenuh ganda.

4) Gangguan Gizi Terhadap Fungsi Tubuh

Akibat kurang gizi terhadap proses tubuh bergantung pada zat-zat gizi apa yang kurang. kekurangan gizi secara umum (makanan kurang dalam kuantitas dan kualitas) menyebabkan gangguan pada proses-proses :

- pertumbuhan : anak-anak tidak tumbuh menurut potensialnya. protein digunakan sebagai zat pembakar, sehingga otot-otot menjadi lembek dan rambut mudah rontok. anak-anak yang berasal dari tingkat sosial ekonomi menengah ke atas rata-rata lebih tinggi daripada yang berasal dari keadaan sosial ekonomi rendah.

- produksi tenaga : kekurangan energi berasal dari makanan, menyebabkan seseorang kekurangan tenaga untuk bergerak, bekerja, dan melakukan aktivitas. orang menjadi malas, merasa lemah, dan produktivitasnya menurun.

- pertahanan tubuh : daya tahan terhadap tekanan atau stress menurun. sistem imunitas dan antibody berkurang sehingga orang mudah terserang penyakit atau infeksi seperti pilek, batuk, dan diare.

- struktur dan fungsi otak : kurang gizi pada usia muda dapat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan kemampuan berpikir. otak mencapai bentuk maksimal pada usia 2 tahun. kekurangan gizi dapat berakibat terganggunya fungsi otak secara permanen.

- perilaku : baik anak-anak maupun orang dewasa yang kurang gizi menunjukkan perilaku tidak tenang, mereka mudah tersinggung, cengeng, dan apatis.

5) Sistem Pangan dan Gizi

sistem pangan dan gizi yaitu serangkaian masukan, proses dan keluaran sejak pangan masih dalam tahap produksi sampai dengan tahap akhir, yaitu pemanfaatannya dalam tubuh manusia yang diwujudkan oleh status gizi. hal ini berarti dalam sistem tersebut memiliki serangkaian komponen yaitu produksi, ketersediaan pangan, distribusi, konsumsi, gizi.