Diskusi DNA

Replikasi DNA

Replikasi DNA

by Aisyah Nur Aqilah -
Number of replies: 2
Picture of Biologi A
Selamat Siang Bu, saya Aisyah Nur Aqilah dengan NIM H0921006 izin bertanya. Apayang dimaksud dengan leading strand dan lagging strand? terima kasih.
In reply to Aisyah Nur Aqilah

Re: Replikasi DNA

by Jasmine Aderia Rizqita Maharani -
Picture of Biologi A
Selamat siang Bu Ardhea dan teman-teman, saya Jasmine Aderia Rizqita Maharani dengan NIM H0921032, izin menajwab. Leading strand adalah untaian DNA pengawal yang disintesis dengan arah 5`- 3` secara berkesinambungan. Sedangkan lagging strand terletak berseberangan dengan leading strand yang disintesis dalam segmen yang dikata fragmen okizaki. Perbedaannya, lagging membawa untaian DNA secara putus-putus (lag), sengkan leading membawanya secara berkesinambungan.
In reply to Aisyah Nur Aqilah

Re: Replikasi DNA

by Aisyah Mutiara Ningrum -
Picture of Biologi A
Selamat siang bu, Saya Aisyah Mutiara Ningrum dengan NIM H0921005 izin menjawab bu.
Menurut sumber yang saya baca, yang dimaksud dengan leading strand (untaian pengawal) adalah untaian DNA yang disintesis dengan arah 5'→3' secara berkesinambungan, sedangkan lagging strand merupakan untaian DNA yang terletak pada sisi yang berseberangan dengan leading strand. Untaian ini disintesis dalam segmen-segmen yang dinamakan fragmen Okazaki. Pada untaian ini, primase membentuk primer RNA.