Diskusi DNA

Replikasi DNA

Replikasi DNA

by Aisyiyaturrosyadah H0921007 -
Number of replies: 2
Picture of Biologi A
Selamat siang. Saya Aisyiyaturrosyadah NIM H0921007 izin bertanya. Apakah ada ketentuan jumlah basa DNA untuk primer? Contohnya harus 10 setiap replikasi. Lalu, apakah ada ketentuan pula untuk jenis basa DNA penyusun primer tersebut? Misalnya harus dimulai dengan ATG atau yang lainnya. Terima kasih.

In reply to Aisyiyaturrosyadah H0921007

Re: Replikasi DNA

by Asyfina Syifa Dhialhusna -
Picture of Biologi A
Saya Asyfina Syifa D dengan NIM H0921017 izin menjawab.
Menurut sumber yang saya peroleh dan baca, primer merupakan rangkaian yang diperoleh dari rangkaian basa nukleotida dengan jumlah basa DNA untuk pimer 16-28. Pendapat lain adalah 18-22 basa saja, tidak lebih dari 30 basa sebab jika lebih dari 30, tidak menunjukkan spesifisitas yang lebih tinggi juga berakibat terhibridasi dengan primer lainnya sehingga tidak dapat membentuk polimerisasi DNA.
In reply to Aisyiyaturrosyadah H0921007

Re: Replikasi DNA

by Aisha Arsya -
Picture of Biologi A
Permisi, saya Aisha Arsya Aurelia dengan NIM H0921004 izin menjawab pertanyaan Aisy. Untuk setiap amplifikasi DNA primer rata-rata dibutuhkan 20 pasang basa setiap primer. Untuk ketentuannya, pada ujung 3' pada setiap primer harus G atau C, tetapi dihindari urutan G dan C berturut-turut pada ujungnya. Misal: CCG, GCG, GGC, GGG, CCC, GCC. Perlu diperhatikan juga saat penyusunan primer adalah primer tidak saling komplementer sehingga membentuk dimers-primer. Hal lain yang perlu dihindari yaitu menyusun primer pada DNA repetitif. Mohon maaf jika masih terdapat kesalahan dalam menjawab pertanyaan