Diskusi DNA

Sintesis Protein

Sintesis Protein

by Kezia Ariella -
Number of replies: 3
Picture of Biologi A

Saya Kezia Ariella dengan NIM H0921035 izin bertanya.

Bagaimana proses terminasi pada transkripsi sintesis protein?

In reply to Kezia Ariella

Re: Sintesis Protein

by Adila Rifa Mutia -
Picture of Biologi A
Permisi Bu Ardhea, saya Adila Rifa Mutia dengan NIM H0921001 izin menjawab pertanyaan dari Kezia Ariella Bu. Urutan sintesis protein yang pertama adalah transkripsi. Proses ini merupakan tahapan sintesis protein di mana informasi dalam untai DNA akan disalin ke dalam molekul baru yang disebut messenger RNA (MRNA). Proses transkripsi dalam sintesis protein terdiri dari tiga tahap, yaitu inisiasi (permulaan), elongasi (pemanjangan) dan terminasi (pengakhiran) rantai MRNA.
In reply to Adila Rifa Mutia

Re: Sintesis Protein

by Anindya Dwi Kusuma Wijayanti -
Picture of Biologi A
Saya Anindya Dwi Kusuma dengan NIM H0921012 izin menambahkan jawaban dari Adila bahwa dalam proses terminasi atau pengakhiran itu terjadi di terminator untuk menghentikan proses transkripsi. Setelah mengalami perhentian proses, rantai DNA akan menyatu kembali menjadi mRNA (Messenger RNA), merupakan RNA yang mengandung kode genetik (kodon) hasil transkripsi basa nitrogen pada DNA yang menjadi cetakan untuk menjadi urutan asam amino polipeptida yang mengkode suatu protein tertentu. Kemudian mRNA akan keluar dari inti sel melalui pori-pori nukleus dan masuk ke dalam sitosol.
In reply to Kezia Ariella

Re: Sintesis Protein

by Alisha Berylnova Saptomo -
Picture of Biologi A
Saya Alisha Berylnova Saptomo dengan NIM H0921009 izin menjawab pertanyaan Kezia Ariella.
Terminasi pada proses Transkipsi Sintesis protein terjadi ketika polimerase mencapai Terminator. Pada saat mencapai terminator akan memberikan sinyal bahwa proses transkripsi dihentikan.
Pada sel eukariotik terjadi proses pematangan mRNA, yaitu menambahkan 5’ cap dan poli A pada 3’. Setelah itu dilakukan splicing, yaitu menghilangkan bagian intron sehingga mRNA yang terbentuk hanya terdiri dari exon saja.
Setelah mRNA terbentuk, mRNA akan meninggalkan nukleus menuju ribosom dan berfungsi sebagai pembawa kode DNA yang akan di translasikan.