Diskusi tentang metode optimasi geometri

alasan pemilihan suatu metode

alasan pemilihan suatu metode

by M0319050_Nandy Isamu -
Number of replies: 1

untuk pembahasan ini belum terlalu paham untuk kenapa metode tersebut dipilih karena untuk setiap metode belum saya pahami secara mendalam. namun yang jelas harus berpacu pada tujuan perhitungan dimana beberapa metode membutuhkan waktu perhitungan yang banyak dan efesiensi menjadi dasar pada pemilihan metode. tujuan akhir dari semua metode adalah pendekatan untuk mendapatkan potensial energi terendah sehingga perhitungan dapat teroptimalisasi. 


jika ada yang bisa menjelaskan dengan visual aplikasi kepada kenapa dipilih suatu metode mungkin bisa reply karena saya belum paham secara jelas kenapa dipilihnya suatu metode meskipun saya tau setiap metode memiliki perbedaan cara perhitungan 

In reply to M0319050_Nandy Isamu

Re: alasan pemilihan suatu metode

by Fajar Rakhman Wibowo -
Secara sederhana dapat dikatakan pemilihan metode optimasi geometri didasarkan pada karakter dari PES dan kelebihan/kekurangan suatu metode. Sebagai contoh untuk metode steepest descent, akan mencari penurunan yang paling curam. Dengan demikian apabila PES menujukkan jurang yang curam, maka metode ini dengan mudah mencapai minima. Namun apabila PES bersifat landai, maka metode ini tidak mudah menemukan minima. Setiap metoda punya kelebihan dan kekurangan, sehingga kita harus menyesuaikan dengan karakter PES. Kombinasi metode sering juga dilakukukan untuk mencapai hasil terbaik.