Diskusi tentang metode optimasi geometri

Pentingnya Optimasi Geometri

Pentingnya Optimasi Geometri

by M0319008_Alifiananda Rahmatul Dafa Kesuma -
Number of replies: 6
Dari yang saya pahami, optimasi geometri itu mengoptimalkan bentuk geometri dari struktur senyawa yang dianalisis, agar nilai energi total sistemnya (potential energy surface) bernilai minimal (baik itu lokal minimal ataupun global minimal). Oleh karena itu dalam komputasi kimia optimasi geometri sangatlah penting karena dengan dilakukannya optimasi geometri maka akan mempermudah dalam analisis yang lebih lanjut.
Mengapa menjadi lebih mudah?
Karena energi struktur senyawa pada kondisi optimal memiliki nilai yang rendah, sehingga memudahkan dalam perhitungan algoritma yang dilakukan oleh komputer sehingga waktu yang dibutuhkan dalam analisis lebih cepat.

Seperti itu yang saya pahami, silahkan mereply topik diskusi ini kalau ada pendapat lain atau pertanyaan tentang topik "Pentingnya Optimasi Geometri"
In reply to M0319008_Alifiananda Rahmatul Dafa Kesuma

Re: Pentingnya Optimasi Geometri

by agung prakoso -
Dalam bahasan pentingnya optimasi geometri,memaang benar adalah bahwa dengan diketahui kondisi struktur yang paling optimum (energi terendah), akan lebih mudah untuk dilakukan perhitungan. Hanya saja, pentingnya optimasi juga adalah kemudahan dalam membandingkan hasil perhitungan komputasi dengan hasil eksperimen yang relevan.
In reply to agung prakoso

Re: Pentingnya Optimasi Geometri

by M0319050_Nandy Isamu -
jika optimasi geometri adalah perubahan yang dibuat untuk menganalisis struktur pada keadaan energi terendah atau energi optimal maka relevansi ketika potensial energi surface pada keadaan yagn tidak minimum menjadi tidak akurat? atau di setarkan dengan tujuan akhir, seperti memperkirakan struktur senyawa yg dianalisis pada keadaan tertentu.

jadi apakah optimasi geometri merupakan sebuah cara untuk mempermudah perhitungan pada semua jenis analisis karena energi dari senyawa pada keadaan rendah sehingga analisis menjadi lebih efesien ?
In reply to agung prakoso

Re: Pentingnya Optimasi Geometri

by Syifa Hanifah -
menambahkan jawaban dari Agung, dalam membandingkan hasil perhitungan komputasi dan hasil eksperimen, pada perhitungan komputasi biasanya diambil satu titik, karena ketika berpindah ke suatu titik lain dperlukan energi, jika energi tidak terpenuhi, tidak dapat diperoleh posisi ke2, sedangkan ketika dengan eksperimen digunakan rata-rata.

optimasi geometri penting dilakukan karena sedikit perbedaan yang ditampilkan dapat menyebabkan perbedaan karakter yang signifikan.
In reply to M0319008_Alifiananda Rahmatul Dafa Kesuma

Re: Pentingnya Optimasi Geometri

by Junissa Alifia Sriwidartika -
Saya ingin menambahkan, geometri optimasi memiliki tujuan untuk menghasilkan energi terendah, dimana gerakan inti dan elektron dapat dipisahkan dengan menggunakan pendekatan Born-Oppenheimer. Optimasi geometri penting dikarenakan hasil yang diperoleh merupakan seperangkat perhitungan energi titik tunggal, sehingga memudahkan dalam perhitungan hasil eksperimen.
In reply to Junissa Alifia Sriwidartika

Re: Pentingnya Optimasi Geometri

by Fajar Rakhman Wibowo -
Optimasi geometri tidak terkait dengan pendekatan Born Oppenheimer
In reply to M0319008_Alifiananda Rahmatul Dafa Kesuma

Re: Pentingnya Optimasi Geometri

by Fajar Rakhman Wibowo -
Dalam optimasi geometri tidak ada penjelasan yang menyatakan bahwa analisis lebih lanjut akan lebih mudah. Utamanya adalah memastikan bahwa geometri yang akan kita gunakan sebagai landasan menghitung parameter yang akan kita pelajari merupakan salah satu minima dalam PES, karena riil system mempunyai populasi yang tinggi pada minima. Sehingga relevan dengan data eksperimen