The seminar on thesis proposal aims to assist students to finalize their thesis proposal drafts through an activity of mentoring and peer review in a writing center-like atmosphere. Students will examine the components of the research proposal's introduction, literature review, and methodology section. The result of the examination will be used to guide students revise their original draft. Peer review will be conducted in class sessions. Feedback and suggestions on the three sections of the thesis proposal will be given during the first eight sessions of the course. The remaining eight sessions will be used to present, discuss, and revise the completed draft. At the end of the semester, students have to recap their progress, input, revision

made, and future revision/ plan in form of a journal.

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa berkaitan dengan metodologi evaluasi dan penilaian dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Isu tentang penilaian dan evaluasi serta bagaimana melaporkan hasil penilaian dan evaluasi mejadi isu yang menarik karena hasil dari keduanya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran (assessment for learning) dan juga untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran (assessment of learning). Pada tahap awal, mata kuliah ini berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar berkaitan dengan sistem pengujian (test), pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi program pembelajaran secara berkesinambungan serta teknik pengembangannya. Pembahasan tersebut mencakup pula hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik tes yang baik, bagaimana mendesain tes yang baik, dan teknik penskoran. Selanjutnya, mahasiswa secara khusus akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian dan penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengetahuan dan keterampilan ini mencakup hakikat dan variasi penilaian dalam pembelajaran Inggris (language assessment), integrasi penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran Inggris, dan penilaian terhadap empat keterampilan berbahasa Inggris (listening, speaking, reading, writing). Perkuliahan didesain mengikuti metode studi kasus, yaitu mahasiswa berusaha memecahkan berbagai kasus faktual pembelajaran bahasa Inggris melalui diskusi kelompok, sedangkan dosen lebih berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan diskusi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, penugasan, penulisan artikel ilmiah dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai aktivitas perkuliahan.

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian, penilaian dan evaluasi hasil belajar. Cakupan mata kuliah ini meliputi introduction to language testing; the principles of constructing instruments; techniques of scoring; characteristics of good tests; test item analysis using ITEMAN; formal language assessment v.s. informal language assessment; types of language tests; and assessing four language skills.


Setelah mengikuti kuliah mahasiswa memahami dengan baik konsep, tujuan, macam metode dan desain serta prosedur dari penelitian kualitataif dan kuantitatif dalam bidang pembelajaran dan evaluasi hasil serta proses pembelajaran bahasa Inggris.

Perkuliahan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar  merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian pendidikan bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berakar pada paradigma postpositivism. Setelah mempelajari filosofi yang mendasarinya, mahasiswa akan mempelajari desain umum penelitian kualitatif dan tahapan penelitian tersebut, yang meliputi pemilihan topik penelitian, perumusan masalah, pengumpulan dan analisis data, penyusunan teori substanstif, dan penjustifikasian teoretis terhadap teori substantif yang telah dikonstruksi. Mahasiswa akan lebih banyak melakukan latihan untuk memperlihatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang dipelajari terkait dengan unsur-unsur dalam desain penelitian itu.  Di samping itu, mahasiswa juga akan mengkaji contoh proposal, laporan penelitian, dan artikel hasil penelitian kualitatif terpilih sebagai model untuk penulisan tugas akhir mereka. Untuk mencapai kebutuhan ini, perkuliahan  akan diformat dalam bentuk workshop – dosen menyampaikan konsep-konsep kunci secara ringkas dan memberi contoh yang relevan, kemudian mahasiswa melakukan latihan sebagai follow up. Karena mata kuliah ini hanya berbobot 2 sks, tagihan akhir perkuliahan ini hanya berupa penulisan proposal penelitian kualitatif yang dikerjakan secara berkelompok.


Mahasiswa belajar internal validity and reliability, external validity and reliability, frequency distribution,  mode, mean, median, and standard deviation,  data normality,    linearity and significance of  regression,  single correlation,  the significance of multiple regression,  multiple correlation,  data homogeneity, t-test non-independent, t-test independent, F-test (ANOVA), dan Tukey-test.