Mata kuliah ini memuat materi tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai, pengalaman, dan literasi digital dalam merancang pembelajaran digital.

Mata kuliah kajian matematika lanjut adalah mata kuliah yang bertujuan untuk memberi bekal mahasiswa agar mampu membahas satu topik matematika (dapat berupa topik pada bidang analisis, aljabar, geometri, statistik, atau terapan) secara mandiri sebagai pengembangan dan pendalaman materi perkuliahan dan menuliskan dalam bentuk makalah yang diseminarkan

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai konsep-konsep dasar geometri ruang. Materi pada mata kuliah ini mencakup mengenal bangun ruang, menggambar bangun ruang, kedudukan titik, garis dan bidang serta sifat-sifatnya, konsep luas permukaan dan volume bangun ruang serta penerapannya.

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan penerapan  teori belajar, model-model pembelajaran terkini, menganalisis keunggulan dan kelemahan model pembelajaran serta melakukan modifikasi model pembelajaran berdasarkan kelemahan-kelemahannya

Mata Kuliah Program linier berisi ciri-ciri masalah Program linier dan cara memodelkan permasalahan program linier. Pada mata kuliah ini dibahas berbagai metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan program linier. Metode yang dibahas pada mata kuliah ini meliputi metode grafik, metode simpleks, metode Teknik M, metode dua fase, dualitas, metode Transportasi dan metode Hungaria.

Mata Kuliah ini memberikan wawasan tentang keterampilan dasar mengajar, pengembangan perangkat pembelajaran, pemilihan model/strategi/metode pembelajaran serta praktek mengajar

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari isu-isu terbaru dalam pembelajaran matematika melalui kajian literatur hasil penelitian dari beberapa pakar dunia seperti Jo Boaler, Lyn D. English dan pakar-pakar pendidikan matematika  tingkat internasional lainnya. Mahasiswa akan mempelajari konsep growth mindset dan fixed mindset dalam belajar matematika dan bagaimana teori ini dapat membantu guru dan siswa mempelajari matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan bermakna. Selain itu mahasiswa juga akan mengkaji bagaimana pendekatan STEM dan STEAM sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dipercaya efektif untuk meningkatkan kemampuan skill abad 21 dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Mahasiwa  juga akan mengkaji bagaimana memanfaatkan pengetahuan sejarah dan budaya untuk mengajarkan konsep matematika. Setelah mengkaji semua hal tersebut, pada akhirnya mahasiswa diminta untuk mengkaji peranan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika termasuk isu tentang pembelajaran daring dan luring.


Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari isu-isu terbaru dalam pembelajaran matematika melalui kajian literatur hasil penelitian dari beberapa pakar dunia seperti Jo Boaler, Lyn D. English dan pakar-pakar pendidikan matematika  tingkat internasional lainnya. Mahasiswa akan mempelajari konsep growth mindset dan fixed mindset dalam belajar matematika dan bagaimana teori ini dapat membantu guru dan siswa mempelajari matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan bermakna. Selain itu mahasiswa juga akan mengkaji bagaimana pendekatan STEM dan STEAM sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dipercaya efektif untuk meningkatkan kemampuan skill abad 21 dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Mahasiwa  juga akan mengkaji bagaimana memanfaatkan pengetahuan sejarah dan budaya untuk mengajarkan konsep matematika. Setelah mengkaji semua hal tersebut, pada akhirnya mahasiswa diminta untuk mengkaji peranan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika termasuk isu tentang pembelajaran daring dan luring.   


Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa kemampuan Bahasa Inggris yang dibutuhkan bagi calon guru matematika

Kapita selekta matematika sekolah menengah I adalah matakuliah inti yang bersifat wajib di prodi pendidikan matematika UNS. Matakuliah ini mendorong mahasiswa untuk mampu menganalisis pengetahuan konseptual dan prosedural konsep-konsep esensial pada Aljabar untuk sekolah mennegah. Matakuliah ini mencakup: : Persamaan, Pertidaksamaan dan Fungsi Kuadrat, Fungsi Rasional Pecah, Suku banyak dan Teorema Sisa, Persamaan Pangkat Tinggi, Barisan dan Deret, Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma, Matematika Ekonomil. Matakuliah ini menekankan pada kemampuan analisis, sintesis dan evaluasi bidang matematika Aljabar untuk memberi bekal pada calon guru matematika dalam mengajar konsp-konsep tersebut di tingkat sekolah menengah.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa belajar:  konsep dasar  pengukuran, penilaian dan evaluasi pembelajaran matematika;  pengertian  penilaian yang dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah; memahami pengertian penilaian formatif dan berlatih menyusun penialaian formatif;  merancang, menyusun, menggunakan dan mengolah hasil penilaian pengetahuan, ketrampilan dan sikap; melakukan analisis instrument dan butir instrument baik berupa tes maupun non tes; dan berlatih memanfaatkan TI untuk melakukan penilaian.  Pembelajaran pada mata kuliah ini menggunakan sistem student centered, menggunakan kombinasi metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) dan  pembelajaran proyek berbasis kelompok (team-based project). Pembelajaran dilakukan  secara on line  dan off line dengan berbagai media diantaranya portal akademik pada fitur SPADA, Zoom meeting, google meet, google clasroom dan WA Grup serta LMS lainnya. Penilaian untuk mengetahui keberhasilan belajar mahasiswa pada perkuliahan ini dengan memperhatikan aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan melalui tes, penugasan, dan pengamatan


Teori Bilangan adalah cabang matematika yang mempelajari bilangan, khususnya bilangan prima sebagai pembentuk bilangan integer. Materi ini sangat berguna dalam ilmu komputer dan kriptografi. Materi mata kuliah ini mencakup teorema binomial, sistem bilangan cacah, sistem bilangan bulat, sistem bilangan rasional, dan sistem bilangan real, konsep, sifat dan hubungan tentang habis dibagi, faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan bilangan bulat, bilangan prima dan faktorisasi prima, dan kongruensi


Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk menerapkan   teori-teori belajar, Pendekatan Belajar, model-model pembelajaran  kooperatif,   yang telah dipelajari untuk dibuat dalam sebuah lembar kerja dan skenariao pembelajaran yang inovatif. Merancang suatu learning trajektori pembelajarn matematika pada konsep: bilangan, pengukuran, aljabar, statistik, geometri dan peluang pada matematika sekolah.


Algoritma pemrograman merupakan mata kuliah yang mempelajari cara mengkonstruksi langkah-langkah penyelesaian masalah secara logis, sistematis, dan komprehensif dengan menggunakan pemrograman 


Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika 2 ini merupakan mata kuliah wajib yang ditawarkan di semester 4. Mata kuliah ini membahas metodologi penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan dalam pendidikan matematika.  Mata kuliah ini memfasilitasi  mahasiswa agar mampu menjelaskan dan menerapkan konsep-konsep dasar  penelitian, tahap-tahap dan teknik pemeriksaan keabsahan data, analisis dan penafsiran data, penyusunan  rancangan  penelitian  serta  penyusunan  laporan  penelitian  kualitatif,  PTK serta mengenal konsep konsep dasar penelitian pengembangan dalam pendidikan matematik.


Mata kuliah persamaan diferensial merupakan mata kuliah yang mempelajari bagaimana menentukan penyelesaian / solusi dari berbagai jenis persamaaan diferensial biasa beserta MNA nya dan juga sistem persamaan diferensial biasa. Topik pembicaraan mulai dari pengenalan berbagai jenis persamaan diferensial biasa, persamaan diferensial biasa tingkat 1, persamaan diferensial biasa tingkat 2 atau lebih, dan sistem persamaan diferensial biasa.


Mata kuliah persamaan diferensial merupakan mata kuliah yang mempelajari bagaimana menentukan penyelesaian / solusi dari berbagai jenis persamaaan diferensial biasa beserta MNA nya dan juga sistem persamaan diferensial biasa. Topik pembicaraan mulai dari pengenalan berbagai jenis persamaan diferensial biasa, persamaan diferensial biasa tingkat 1, persamaan diferensial biasa tingkat 2 atau lebih, dan sistem persamaan diferensial biasa.


Mata kuliah Media Pembelajaran Matematika membimbing mahasiswa untuk dapat meggunakan alat peraga yang tersedia di sekitar lingkungan untuk mengajarkan konsep-konsep matematika dasar. Selain itu mereka diharapkan dapat mengembangkan alat peraga nyata maupun alat peraga maya untuk mengajarkan konsep-konsep yang lebih komplek dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran dimulai dengan mempelajari berbagai jenis alat peraga yang dapat digunakan untuk mengajaran konsep-konsep dasar matematika. Setelah itu, mahasiswa diarahkan untuk melakuka kegiatan pengembangan ini dimulai dari perencanaan, pendesainan, dan penerapan alat peraga. Penerapan alat peraga ini digunakan untuk menguji ketepatan, kevalidan dan keefektifan alat peraga yang telah didesa