EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR 

[KELAS: A]

Kimia Organik 1 mempelajari Menggambarkan struktur molekul organic berdasarkan perkembangan teori struktur molekul organik, Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada alkane dan sikloalkana,  Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada Alkena dan Alkuna,  Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada benzene, Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada alkil halida, Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada alcohol dan eter, Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada aldehida dan keton, Mendiskripsikan struktur, nama,sifat, dan reaksi kimia pada asam karboksilat dan amina

Selamat datang di Mata Kuliah Evaluasi Proses dan hasil Belajar KImia

Mata kuliah ini secara terperinci akan berisi : (1). prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil belajar peserta didik, (2). macam-macam instrumen asesmen, (3). teknik menganalisis, mengolah dan memaknai data hasil asesmen, (4). penyusunan perencanaan dan perangkat asesmen kognitif, afektif, dan psikomotor, (5). melakukan uji coba di lapangan, (6). penentuan kriteria instrumen asesmen yang baik meliputi validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, efektifitas kunci dan pengecoh, (6). Metode penskoran dan penilaian, (7). Program percepatan, pengayaan dan remidial,              Manfaat Kuliah

Perkuliahan ini bermanfaat untuk melatih mahasiswa :

(1). menguasai prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil belajar peserta didik,

(2). merencanakan dan melaksanakan asesmen proses dan hasil belajar peserta didik,

(3). memanfaatkan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran

 Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini secara terperinci akan berisi : (1). prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil belajar peserta didik, (2). macam-macam instrumen asesmen, (3). teknik menganalisis, mengolah dan memaknai data hasil asesmen, (4). penyusunan perencanaan dan perangkat asesmen kognitif, afektif, dan psikomotor, (5). melakukan uji coba di lapangan, (6). penentuan kriteria instrumen asesmen yang baik meliputi validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, efektifitas kunci dan pengecoh, (6). Metode penskoran dan penilaian, (7). Program percepatan, pengayaan dan remidial,

 Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi

I.           Menjelaskan prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil belajar peserta didik

                   1.            Menjelaskan makna, fungsi, dan prosedur asesmen

                   2.            Menjelaskan instrumen / alat asesmen berbentuk tes secara sistematis

                   3.            Menjelaskan instrumen / alat asesmen berbentuk non tes secara sistematis

                   4.            Menjelaskan  teknik menganalisis data hasil asesmen

                   5.            Menjelaskan teknik mengolah  data hasil asesmen

                   6.            Menjelaskan cara memaknai data  hasil asesmen

II.         Merencanakan dan melaksanakan asesmen proses dan hasil belajar peserta didik

                   1.         Membuat kisi-kisi asesmen proses dan hasil belajar kimia

                   2.         Menulis instrumen proses dan hasil belajar

                   3.         Melakukan telaah secara teoritis instrumen proses dan hasil belajar

                   4.         Melakukan ujicoba asesmen dalam pembelajaran

                   5.         Menguji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh

III.      Memanfaatkan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran

                   1.         Menentukan posisi siswa dilihat dari ketuntasan belajar yang telah ditetapkan

                   2.         Merancang program remidi bagi siswa yang berada di bawah ketuntasan

                   3.         Merancang program pengayaan bagi siswa yang mencapai ketuntasan belajar optimal


Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa Pendidikan Kimia semester III. Kajian matakuliah ini adalah hukum-hukum termodinamika dan aplikasinya. Capaian mata kuliah Kimia Fisika I adalah mengaplikasikan hukum termodinamika pertama, termokimia, hukum termodinamika kedua, energi bebas, dan hukum termodinamika ketiga pada berbagai permasalahan proses kimia fisika.

Mata kuliah Kimia Organik I meliputi perkembangan teori struktur molekul organik, struktur, tata nama, sifat fisika dan reaksi-reaksi pada senyawa hidrokarbon (alkana, sikloalkana, alkena, alkuna, aromatik) dan turunan hidrokarbon (alkil halida, alkohol, eter, aldehid, keton)