Mata kuliah kajian matematika lanjut adalah mata kuliah yang bertujuan untuk memberi bekal mahasiswa agar mampu membahas satu topik matematika (dapat berupa topik pada bidang analisis, aljabar, geometri, statistik, atau terapan) secara mandiri sebagai pengembangan dan pendalaman materi perkuliahan dan menuliskan dalam bentuk makalah yang diseminarkan

Materi yang disampaikan dalam mata kuliah Pengelolaan Kelas Digital adalah transformasi digital dalam pendidikan, desain instruksional pembelajaran digital, sumber-sumber pembelajaran digital, perencanaan pembelajaran digital, dan asesmen pembelajaran digital

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan konsep-konsep penelitian kuantitatif, penyusunan instrumen penelitian, pelaksanaan penelitian eksperimental, kausal komparatif, korelasional, konsep dan model penelitan dan pengembangan, langkah-langkah penelitian dan pengembangan  serta penyusunan proposal dan  laporan penelitian

Pada Mata Kuliah Kalkulus Multivariabel dipelajari konsep – konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral pada fungsi peubah banyak

Pada Mata Kuliah Kalkulus Multivariabel dipelajari konsep – konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral pada fungsi peubah banyak. Materi pada mata kuliah ini meliputi teknik dasar turunan dan integral fungsi multivariabel, menerapkan teori untuk menghitung gradien, turunan berarah, volume benda pejal, luas permukaan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum dan minimum.


Pada Mata Kuliah Kalkulus Multivariabel dipelajari konsep – konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral pada fungsi peubah banyak

Materi mata kuliah ini meliputi : ruang vektor umum, ruang hasil kali dalam, nilai eigen dan vektor eigen, transformasi linear

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Mata Kuliah Aljabar Linier 1.

Mata kuliah ini berisi tentang konsep teoritis kajian filosofis, teoretis pedagogik, prinsip, konsep pengetahuan dan implementasi pendidikan inklusif khususnya pada pembelajaran matematika serta perlindungan terhadap anak

Mata kuliah Media Pembelajaran Matematika membimbing mahasiswa untuk dapat mengembangkan alat peraga nyata maupun alat peraga maya untuk pembelajaran matematika di SMP dan SMA. Kegiatan pengembangan ini dimulai dari perencanaan, pendesainan, dan penerapan alat peraga. Penerapan alat peraga ini digunakan untuk menguji ketepatan, kevalidan dan keefektifan alat peraga dalam pembelajaran matematika yang telah didesain, sesuai karakteristik materi ajar.

Mata kuliah Media Pembelajaran Matematika membimbing mahasiswa untuk dapat mengembangkan alat peraga nyata maupun alat peraga maya untuk pembelajaran matematika di SMP dan SMA. Kegiatan pengembangan ini dimulai dari perencanaan, pendesainan, dan penerapan alat peraga. Penerapan alat peraga ini digunakan untuk menguji ketepatan, kevalidan dan keefektifan alat peraga dalam pembelajaran matematika yang telah didesain, sesuai karakteristik materi ajar.

Pada Mata kuliah program linier mahasiswa akan mempelajari materi mengenai cara memodelkan permasalahan program linier dan menggunakan metode grafik, metode simpleks, metode penalti/teknik M, metode dua fase, dan dualitas. Selain itu dibahas juga kasus khusus dari permasalahan program linier, yaitu tentang masalah transportasi dan penyelesaian masalah transportasi dengan menggunakan metoda transportasi, serta cara penyelesaian kejadian – kejadian khusus dari masalah transportasi, serta masalah Penugasan dan penyelesaian masalah penugasan dengan menggunakan metode Hungaria

Mata Kuliah Program linier berisi ciri-ciri masalah Program linier dan cara memodelkan permasalahan program linier. Pada mata kuliah ini dibahas berbagai metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan program linier. Metode yang dibahas pada mata kuliah ini meliputi metode grafik, metode simpleks, metode Teknik M, metode dua fase, dualitas, metode Transportasi dan metode Hungaria.


Metode Statistika 2 merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai statistika inferensial, dimana dalam praktek akan sangat bermanfaat untuk pengolahan data dalam suatu penelitian. Secara garis besar, topik-topik yang diberikan untuk mata kuliah ini adalah konsep dan penerapan dari : Analisis Variansi, Analisis Regresi dan Korelasi, dan Analisis Kovariansi.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai statistika inferensial, dimana dalam praktek akan bermanfaat untuk pengolahan data penelitian. Materi mata kuliah meliputi : Analisis Variansi (Anava Satu Jalan dan Dua Jalan), Analisis Regresi dan Korelasi, dan Analisis Kovariansi.

Mata kuliah Pendidikan Inklusi mengkaji pendidikan inklusi baik dari segi konsep, sistem, dan kurikulum. Mata kuliah ini juga mengkaji jenis-jenis serta karakteristik anak berkebutuhan khusus serta adaptasi kurikulum dan sarpra sesuai dengan kebutuhan masing-masing abk, teknologi bantu dalam implementasi pendidikan inklusi, serta konsep kebijakan dan perlindungan anak.


Mahasiswa mampu menggunakan alat peraga konkrit (nyata) dan maya untuk mengajarkan konsep-konsep matematika. Selain itu, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan alat peraga konkrit dan alat peraga maya, serta menggunakannya dalam pembelajaran matematika, pada jenjang pendidikan SMP dan SMA.


Metode Statistika II merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai statistika statistika inferensial, dimana dalam praktek akan sangat bermanfaat untuk pengolahan data dalam suatu penelitian. Secara garis besar, topik-topik yang diberikan untuk Metode Statistika II adalah : Analisis Variansi satu dan dua jalan, Analisis Regresi dan Korelasi, Analisis kovariansi


Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa

Menguasai konsep teoritis kajian filosofis, teoretis pedagogi, prinsip, konsep pengetahuan dan implementasi pendidikan inklusif, mampu mengidentifikasi peserta didik berkebutuhan khusus, menguasai prinsip dan teknik dasar adaptasi kurikulum dan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, khususnya pengembangannya  pada pembelajaran matematika


Pada Mata kuliah program linier mahasiswa akan mempelajari materi mengenai cara memodelkan permasalahan program linier dan menggunakan metode grafik, metode simpleks, metode penalti/teknik M, metode dua fase, dan dualitas untuk menyelesaikan permasalahan program linier. Selain itu dibahas juga kasus khusus dari permasalahan program linier, yaitu tentang masalah transportasi dan masalah penugasan. Pada mata kuliah ini dipelajari penerapan metode transportasi untuk menyelesaikan masalah transportasi dan Metode Hungaria untuk menyelesaikan permasalahan penugasan. Agar mahasiswa mengetahui arah pembelajaran mata kuliah ini, sebelum perkuliahan dimulai akan lebih baik jika mahasiswa membaca terlebih dahulu RPS mata kuliah ini dan jangan lupa mempelajari referens- referensi yang ada pada RPS tersebut.

Mata Kuliah Program linier berisi ciri-ciri masalah Program linier dan cara memodelkan permasalahan program linier. Pada mata kuliah ini dibahas berbagai metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan program linier. Metode yang dibahas pada mata kuliah ini meliputi metode grafik, metode simpleks, metode Teknik M, metode dua fase, dualitas, metode Transportasi dan metode Hungaria.


Metode Statistika II merupakan mata kuliah yang  memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai statistika statistika inferensial, dimana dalam praktek akan sangat bermanfaat untuk pengolahan data dalam suatu penelitian. Secara garis besar, topik-topik yang diberikan untuk Metode Statistika II adalah : Analisis Variansi satu dan dua jalan, Analisis Regresi dan korelasi, Analisis kovariansi.

Pendidikan Inklusi adalah mata kuliah yang menelaah bagaimana pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus, bagaimana guru memfasilitasi pembelajaran di kelas inklusi baik dari sisi pengembangan kurikulum dengan membuat adaptasi maupun modifikasi, rencana pembelajaran, media dan asesmennya

Bahan kajian matakuliah Pendidikan Inklusi ini meliputi : 1) Konsep Pendidikan Inklusi, 2) Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah, 3) Keberagaman Peserta Didik, 4) Identifikasi dan Asesmen Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, 5) Studi Kasus di Sekolah, 6) Adaptasi Kurikulum dan Pembelajaran, 7) Teknologi Informasi dan Teknologi Bantu dalam Implementasi Pendidikan Inklusi, 8) Perlindungan Anak

Mata kuliah Media Pembelajaran Matematika ini membimbing mahasiswa untuk dapat mengembangkan alat peraga nyata maupun alat peraga maya dalam pembelajaran matematika di SMP dan SMA. Kegiatan pengembangan ini dimulai dari perencanaan, pendesainan, dan penerapan alat peraga yang telah dibuat dalam pembelajaran matematika. Penerapan alat peraga ini digunakan untuk menguji ketepatan, kevalidan dan keefektifan alat peraga dalam pembelajaran matematika yang telah didesain, sesuai dengan karakteristik materi ajar. 


Mata kuliah Perencanaan  Pembelajaran Matematika bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan membuat perangkat desain pembelajaran berdasar pada pelaksanaan kurikulum 2013 dengan bimbingan guru mitra dan pengampu


Mata kuliah program linier berisi materi mengenai cara memodelkan permasalahan program linier dan menggunakan metode grafik, metode simpleks, metode penalti/teknik M, metode dua fase, dan dualitas serta metode simpleks direvisi untuk menyelesaikan permasalahan program linier. Selain itu dibahas juga kasus khusus dari permasalahan program linier, yaitu tentang masalah transportasi dan cara penyelesaian masalah transportasi dengan menggunakan metoda transportasi, serta cara penyelesaian kejadian – kejadian khusus dari masalah transportasi tersebut.

Menguasai konsep teoritis kajian filosofis, teoretis pedagogi, prinsip, konsep pengetahuan dan implementasi pendidikan inklusif di sekolah, mampu mengidentifikasi keberagaman peserta didik berkebutuhan khusus, mampu mengidentifikasi & menyusun assesment peserta didik berkebutuhan khusus, studi kasus tentang pendidikan inklusi di sekolah, menguasai tentang adaptasi kurikulum, pembelajaran & sarpras, teknologi informasi dalam implementasi pendidikan, menguasai konsep dan kebijakan perlindungan anak.


Pada mata kuliah ini, akan membahas prinsip-prinsip sikap guru profesional yang mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik dan juga diajakan menganalisis kegiatan bimbingan dan konseling, serta keterampilan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa mengenai statistika inferensial, dimana dalam praktek akan bermanfaat untuk pengolahan data penelitian. Materi mata kuliah meliputi : Analisis Variansi (Anava Satu Jalan dan Dua Jalan), Analisis Regresi dan Korelasi, dan Analisis Kovariansi.

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep – konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral untuk fungsi dua variabel atau lebih, meliputi : vektor dalam ruang-tiga, limit dan kekontinuan untuk fungsi dua variabel atau lebih, turunan untuk fungsi dua variabel atau lebih dan Integral Lipat


Mata kuliah program linier berisi materi mengenai cara memodelkan permasalahan program linier dan menggunakan metode grafik, metode simpleks, metode penalti/teknik M, metode dua fase, dan dualitas serta metode simpleks direvisi untuk menyelesaikan permasalahan program linier. Selain itu dibahas juga kasus khusus dari permasalahan program linier, yaitu tentang masalah transportasi dan cara penyelesaian masalah transportasi dengan menggunakan metoda transportasi, serta cara penyelesaian kejadian – kejadian khusus dari masalah transportasi tersebut.

Materi Aljabar Lienar II meliputi  : ruang vector umum, ruang hasilkali dalam, nilai eigen dan vector eigen, transformasi linear

Mahasiswa menguasai materi aljabar linear, konsep dan pola pikir keilmuan Matematika dan mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan ruang vektor yaitu : ruang vektor umum, ruang hasilkali dalam, nilai eigen dan vector eigen, transformasi linear

Mata kuliah penilaian pembelajaran bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengkonstruksi, mendesain intrumen tes dan non tes dengan syarat kebaikan suatu instrumen, mengolah serta mengadminisrtrasi dan mengetahui kegunaan hasil  tes/non tes untuk melakukan penilaian authentic terhadap hasil belajar matematika  siswa dan penelitian pendidikan.

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika 2 ini merupakan mata kuliah wajib yang ditawarkan di semester 4. Mata kuliah ini membahas metodologi penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan.  Mata kuliah ini memfasilitasi  mahasiswa agar mampu menjelaskan dan menerapkan konsep-konsep dasar  penelitian, tahap-tahap dan teknik pemeriksaan keabsahan data, analisis dan penafsiran data, penyusunan  rancangan  penelitian  serta  penyusunan  laporan  penelitian  kualitatif,  PTK serta mengenal konsep konsep dasar penelitian pengembangan