Mata Kuliah ini membelajarkan kepada mahasiswa tentang Konsep Kurikulum dan pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar beserta Pengembangan Desain Kurikulum Tematik berdasarkan perkembangan zaman.

Mata kuliah ini memberi bekal kepada para mahasiswa untuk melakukan berbagai macam penelitian

Penguasaan terhadap berbagai  keterampilan kerajinan tangan meliputi : melipat, menggunting, menganyam, merangkai, meronce,  teknik memasak, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP.

Mata kuliah ini memberi bekal kepada para mahasiswa tentang Konsep, Karakteristik dan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas

Memahami konsep dasar seni teater, mampu menyusun atau membuat rancangan karya teater, mampu membuat memperagakan karya teater dalam pementasan, mampu menyusun rencana pembelajaran seni teater di SD, mampu

mengajarkan seni teater di SD.

Mata kuliah ini mempelajari tentang problematika bahasa Indonesia, problematika pembelajaran bahasa Indonesia, dan perkembangan kajian tentang problematika bahasa Indonesia. Mahasiswa diharapkan mampu menangkap berbagai bentuk problematika bahasa Indonesia, sehingga memiliki pengetahuan dapat menerapkan bahasa indonesia dalam komunikasi lisan dan penyusunan karya tulis.

mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian kuantitatif dan macam-macam penelitian kuantitatif

Mata kuliah ini membahassubtansi materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang ada diSekolah Dasar
(SD) kelas I, II, III, IV, V, VI, membahas model-model pembelajaran inovatifdalam pembelajaran
IPS meliputi model pembelajaran Tematik, model ContekstualTeaching and Learning (CTL),
Kooperatif, Kuantum Teaching, Problem Based Learning(PBL), Projek Based Learning (PjBL),
Bermain peran dan lain-lain, membuat perencanaanpembelajaran dan simulasi pembelajaran IPS di
kelas rendah dan kelas tinggi yang sesuaidengan materi, metode, model strategi, yang mendukung
pembelajaran Ilmu PengetahuanSosial (IPS) di Sekolah Dasar, serta mampumengevaluasi.

Menguasai konsep micro teaching dan delapan ketrampilan mengajar, dapat membuat rencana pembelajaran micro teaching, dapat mensimulasikan 8 ketrampilan mengajar secara terpisah, dan dapat menerapkan 8 ketrampilan dasar mengajar secara terintegrasi. Praktek mengajar secara integrasi 8 ketrampilan mengajar di SD

Mata kuliah ini akan membantu para mahasiswa dalam rangka latihan peningkatan mutu pembelajaran.  Karena diketahui bahwa mutu pembelajaran dimulai dari kelas.

Mata kuliah ini akan membantu para mahasiswa dalam rangka latihan peningkatan mutu pembelajaran.  Karena diketahui bahwa mutu pembelajaran dimulai dari kelas.

Mata kuliah ini sebagai landasan pemahaman dan kemampuan pengelolaan materi Bahasa Jawa dengan baik. Mahasiswa dapat mengaplikasikan bahasa dan sastra Jawa dengan lancar. Adapun isi pokok mata kuliah ini meliputi maca lan nulis aksara Jawa, kawruh lan kagunan basa, paramasastra dan kasusastran.


Penguasaan terhadap berbagai  keterampilan kerajinan tangan meliputi : melipat, menggunting, menganyam, merangkai, meronce,  teknik memasak, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran SBdP.

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dan mepresentasikannya sesuai kaidah imiah baku

Pada Mata Kuliah ini Mahasiswa diajarkan tentang tata cara  menyusun proposal  dan laporan PTK sesuai dengan sistematika serta prosedur yang benar

Mata kuliah ini membahas tentang  konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS, dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa  dituntut untuk memahami kepemimpinan dan  tata  kelola  serta cara  mengevaluasi pelaksanaan MBS. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.membahas tentang  konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS, dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa  dituntut untuk memahami kepemimpinan dan  tata  kelola  serta cara  mengevaluasi pelaksanaan MBS. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.

Mata kuliah ini membahas tentang  konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS, dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa  dituntut untuk memahami kepemimpinan dan  tata  kelola  serta cara  mengevaluasi pelaksanaan MBS. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.membahas tentang  konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS, dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa  dituntut untuk memahami kepemimpinan dan  tata  kelola  serta cara  mengevaluasi pelaksanaan MBS. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.

Mahasiswa diarahkan untuk menguasai konsep dasar MBS, komponen-komponen MBS (manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen pendiidk dan tenaga kependidikan, manajemen keuangan, manajemen hmas an pelayanan prima), dan cara mengimplementasikan MBS. Selanjutnya, mahasiswa dituntut untuk memahami kepemimpinan dan tata kelola serta cara mengevaluasi pelaksanaan MBS. Setelah itu, mahasiswa dibimbing untuk mendiskusikan cara membuat laporan pelaksanaan MBS.

Mata kuliah ini sebagai landasan pemahaman dan kemampuan pengelolaan materi Bahasa Jawa dengan baik. Mahasiswa dapat mengaplikasikan bahasa dan sastra Jawa dengan lancar. Adapun isi pokok mata kuliah ini meliputi maca lan nulis aksara Jawa, kawruh lan kagunan basa, paramasastra dan kasusastran.


Mata kuliah ini membahassubtansi materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang ada diSekolah Dasar (SD)  kelas  I, II, III, IV, V, VI, membahas   model-model pembelajaran inovatifdalam  pembelajaran IPS meliputi model pembelajaran Tematik, model ContekstualTeaching and  Learning (CTL), Kooperatif, Kuantum Teaching, Problem Based  Learning(PBL), Projek Based Learning (PjBL), Bermain peran dan lain-lain, membuat perencanaanpembelajaran dan  simulasi pembelajaran  IPS di kelas rendah dan kelas tinggi yang sesuaidengan materi, metode, model strategi, yang mendukung pembelajaran Ilmu PengetahuanSosial (IPS) di Sekolah Dasar, serta mampumengevaluasi

Mata kuliah ini membahas substansi bidang Seni Teater secara konseptual serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik untuk anak usia SD yang meliputi: konsep dan fungsi seni teater, ruang lingkup seni teater, karakteristik seni teater anak, apresiasi seni teater, pengalaman pementasan seni tari teater, pembelajaran seni teater.


Memiliki pengetahuan konseptual Bahasa Inggris yknii keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Inggris