- Course creator: rian rokhmad hidayat
Matakuliah ini akan
membantu mahasiswa untuk mempelajari bagaimana mengidentifikasi novelty dan
state of the art penelitian kualitatif bidang bimbingan dan konseling dan
terampil merancang sebuah proposal penelitian kualitatif secara berkelompok
yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan penalaran, merdeka belajar,
atau tugas akhir.
- Course creator: rian rokhmad hidayat
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang Pemahaman individu: teknik nontesting. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami kedudukan pemahaman individu dalam keseluruhan penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, menjelaskan kompetensi konselor dalam menyelenggarakan pengumpulan data sehubungan dengan pemahaman individu, mengklarifikasi beda teknik testing dan non testing dalam pemahaman individu, mengenal, menemukan, menganalisis, dan menyiapkan praktikum pada semester berikutnya teknik pemahaman individu: wawancara, observasi, angket, sosiometri, DCM, AUM Umum, AUM
PTSDL, ITP, IKMS, Autobiografi.- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang pendekatan-pendekatan modern dalam konseling. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kedudukan teori-teori modern yang melatarbelakangi munculnya pendekatan-pendekatan konseling, mengenali dan mendeskripsikan beberapa pendekatan konseling modern, sebagai berikut: 1) Pendekatan Konseling Psikoanalisis, 2) Pendekatan Konseling Jungian, 3) Pendekatan Konseling Psikologi Individual, 3) Pendekatan Konseling Eksistensial, 4) Pendekatan Konseling Gestalt, 5) Pendekatan Konseling Client Centered, 6) Pendekatan Konseling Behavioral, 7) Pendekatan Konseling REBT, 8) Pendekatan Konseling CBT, 9) Pendekatan Konseling Trait and Factor, 10) Pendekatan Konseling Realita; menganalisis falsafah dasar, pandangan tentang manusia, dan pandangan konseling masing-masing pendekatan konseling modern; mengkaji dan membandingkan berbagai pendekatan konseling modern menggunakan tabel perbandingan/ peta kognitif pendekatan konseling; mempersiapkan diri untuk melakukan praktikum konseling modern pada pembelajaran semester berikutnya.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Mata Kuliah Pegembangan Kompetensi Konselor adalah mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa untuk mampu melakukan analisis kebutuhan dan tuntutan kompetensi konselor, memilih metode dan pendekatan, serta mengembangkan bahan pembelajaran guna memperoleh kompetensi konselor profesional yang akurat sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan jaman.
- Course creator: Adi Dewantoro
- Course creator: wagimin wagimin
Pada
mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep evaluasi dan supervisi dalam
bimbingan dan konseling, pentingnya akuntabilitas, membandingkan berbagai model
evaluasi dan supervise dalam bimbingan dan konseling, menyusun dalan
mengembangkan standar dan instrumen evaluasi dan supervisi berdasarkan model
tertentu , melaksanakan berbagai model evaluasi dan supervisi, serta merumuskan
rekomendasi sebagai tindak lanjut hasil evaluasi dan supervisi yang dilakukan.
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Mahasiswa mampu memilih dan mengadministrasikan (menyelenggarakan,
menilai, menganalisis, dan menginterpretasikan) jenis-jenis tes sesuai dengan kebutuhan
sebagai langkah memahami individu dalam rangka pelaksanaan layanan BK.
- Course creator: Agus Tri Susilo
Mata kuliah ini adalah mata kuliah pilihan terkait implementasi program bimbingan dan konseling di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).
Mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMA; memahamai prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMA; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMA meliputi (1) Perencanaan/ planning, (2) Perancangan / Designing; (3) Pelaksanaan/ Implementing; (4) Evaluasi / Evaluating serta (5) Pengembangan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMA.- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang manajemen bimbingan dna konseling komprehensif. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).
Melalui mata kuliah ini Mahasiswa diharapkan memiliki (1) sikap dan perilaku ilmiah, mandiri, respect, kerja unggul;(2) menguasai pengetahuan tentang dasar teori dan struktur organisasi program BK Komprehensif, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan mengembangkan program BK komprehensif; dan (3) terampil menyusun program BK berbasis kebutuhan dan evaluasi data di sekolah.- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: edy legowo
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang Pemahaman individu: teknik nontesting. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).
|
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar bimbingand an konseling pribadi sosial, cara menyusun asesmen kebutuhan sesuai , strategi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial, dan cara mempraktikkan strategi layanan mulai penyusunan RPL sampai tahap evaluasi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Menganalisis dan menerapkan konsep atau teori-teori Bimbingan dan Konseling Spiritual untuk memperkuat dirinya sebagai calon konselor pendidikan. |
- Course creator: Prof. Dr. Asrowi, M.Pd
- Teacher: Iwan Maulana
Mahasiswa
mampu memilih dan mengadministrasikan
(menyelenggarakan, menilai, menganalisis, dan menginterpretasikan) jenis-jenis tes sesuai dengan kebutuhan
sebagai langkah memahami individu dalam rangka pelaksanaan layanan BK.
- Course creator: Agus Tri Susilo
- Course creator: Citra Tectona Suryawati
- Course creator: wagimin wagimin
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: edy legowo
Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar bimbingan dan konseling pribadi sosial, cara menyusun asesmen kebutuhan sesuai sasaran layanan, strategi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial, dan cara mempraktikkan hingga melakukan evaluasi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang pendekatan-pendekatan modern dalam konseling. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).
Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kedudukan teori-teori modern yang melatarbelakangi munculnya pendekatan-pendekatan konseling, mengenali dan mendeskripsikan beberapa pendekatan konseling modern, sebagai berikut: 1) Pendekatan Konseling Psikoanalisis, 2) Pendekatan Konseling Jungian, 3) Pendekatan Konseling Psikologi Individual, 3) Pendekatan Konseling Eksistensial, 4) Pendekatan Konseling Gestalt, 5) Pendekatan Konseling Client Centered, 6) Pendekatan Konseling Behavioral, 7) Pendekatan Konseling REBT, 8) Pendekatan Konseling CBT, 9) Pendekatan Konseling Trait and Factor, 10) Pendekatan Konseling Realita; menganalisis falsafah dasar, pandangan tentang manusia, dan pandangan konseling masing-masing pendekatan konseling modern; mengkaji dan membandingkan berbagai pendekatan konseling modern menggunakan tabel perbandingan/ peta kognitif pendekatan konseling; mempersiapkan diri untuk melakukan praktikum konseling modern pada pembelajaran semester berikutnya.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
Matakuliah
ini membahas landasan, paradigma, tujuan, jenis, alat pengumpul data, teknik
analisis, dan tata penulisan penelitian kualitatif pada lingkup pendidikan dan
bimbingan dan konseling.
- Course creator: rian rokhmad hidayat
Matakuliah ini membahas karakteristik, penyusunan, implementasi, dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling komprehensif bagi peserta didik di taman kanak-kanak dan sekolah dasar.
- Course creator: rian rokhmad hidayat
Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang pendekatan-pendekatan modern dalam konseling. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memperoleh pembekalan yang memadai dalam pelaksanaan konseling. Matakuliah ini mengenalkan beberapa pendekatan konseling modern, sebagai berikut: 1) Pendekatan Konseling Psikoanalisis, 2) Pendekatan Konseling Psikologi Individual, 3) Pendekatan Konseling Gestalt, 4) Pendekatan Konseling Client Centered, 5) Pendekatan Konseling Behavioral, 6) Pendekatan Konseling REBT, 7) Pendekatan Konseling Trait and Factor, 8) Pendekatan Konseling Realita, dan 9) Pendekatan Konseling Eksistensial.
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Pada
mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep evaluasi dan supervisi dalam
bimbingan dan konseling, pentingnya akuntabilitas, membandingkan berbagai model
evaluasi dan supervise dalam bimbingan dan konseling, menyusun dalan
mengembangkan standar dan instrumen evaluasi dan supervisi berdasarkan model
tertentu , melaksanakan berbagai model evaluasi dan supervisi, serta merumuskan
rekomendasi sebagai tindak lanjut hasil evaluasi dan supervisi yang dilakukan.
- Course creator: Dr. Naharus Surur, M.Pd
Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal Pendidikan Menengah dan Kejuruan serta penyusunan program BK di SMK
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk membantu mahasiswa mengenali metode nontesting dalam asesmen
- Course creator: Ma'rifatin Indah Kholili
- Course creator: Ribut Purwaningrum
Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk
menguasai konsep dasar program
Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMP; memahamai prinsip pelaksanaan,
elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMP; memahami
tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMP meliputi (1)
Perencanaan : Persiapan / planning dan Perancangan / Designing; (2)
pelaksanaan; (3) Evaluasi, pelaporan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan
mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMP.
- Course creator: Adi Dewantoro