Matakuliah ini akan membantu mahasiswa untuk mempelajari bagaimana mengidentifikasi novelty dan state of the art penelitian kualitatif bidang bimbingan dan konseling dan terampil merancang sebuah proposal penelitian kualitatif secara berkelompok yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan penalaran, merdeka belajar, atau  tugas akhir. 

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang Pemahaman individu: teknik nontesting.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama, berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami kedudukan pemahaman individu dalam keseluruhan penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, menjelaskan kompetensi konselor dalam menyelenggarakan pengumpulan data sehubungan dengan pemahaman individu, mengklarifikasi beda teknik testing dan non testing dalam pemahaman individu, mengenal, menemukan, menganalisis, dan menyiapkan praktikum pada semester berikutnya teknik pemahaman individu: wawancara, observasi, angket, sosiometri, DCM, AUM Umum, AUM

PTSDL, ITP, IKMS, Autobiografi.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang pendekatan-pendekatan modern dalam konseling.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kedudukan teori-teori modern yang melatarbelakangi munculnya pendekatan-pendekatan konseling, mengenali dan mendeskripsikan beberapa pendekatan konseling modern, sebagai berikut: 1) Pendekatan Konseling Psikoanalisis, 2) Pendekatan Konseling Jungian, 3) Pendekatan Konseling Psikologi Individual, 3) Pendekatan Konseling Eksistensial, 4) Pendekatan Konseling Gestalt, 5) Pendekatan Konseling Client Centered, 6) Pendekatan Konseling Behavioral, 7) Pendekatan Konseling REBT, 8) Pendekatan Konseling CBT, 9) Pendekatan Konseling Trait and Factor, 10) Pendekatan Konseling Realita; menganalisis falsafah dasar, pandangan tentang manusia, dan pandangan konseling masing-masing pendekatan konseling modern; mengkaji dan membandingkan berbagai pendekatan konseling modern menggunakan tabel perbandingan/ peta kognitif pendekatan konseling; mempersiapkan diri untuk melakukan praktikum konseling modern pada pembelajaran semester berikutnya.

Mata Kuliah Pegembangan Kompetensi Konselor adalah mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa untuk mampu melakukan analisis kebutuhan dan tuntutan kompetensi konselor, memilih metode dan pendekatan, serta mengembangkan  bahan pembelajaran   guna memperoleh kompetensi konselor profesional yang akurat sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan jaman.


Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep evaluasi dan supervisi dalam bimbingan dan konseling, pentingnya akuntabilitas, membandingkan berbagai model evaluasi dan supervise dalam bimbingan dan konseling, menyusun dalan mengembangkan standar dan instrumen evaluasi dan supervisi berdasarkan model tertentu , melaksanakan berbagai model evaluasi dan supervisi, serta merumuskan rekomendasi sebagai tindak lanjut hasil evaluasi dan supervisi yang dilakukan.

Mahasiswa mampu memilih dan mengadministrasikan (menyelenggarakan, menilai, menganalisis, dan menginterpretasikan) jenis-jenis tes sesuai dengan kebutuhan sebagai langkah memahami individu dalam rangka pelaksanaan layanan BK.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pilihan terkait implementasi program bimbingan dan konseling di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).

Mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMA; memahamai prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMA; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMA meliputi (1) Perencanaan/ planning, (2) Perancangan / Designing; (3) PelaksanaanImplementing; (4) Evaluasi / Evaluating serta (5) Pengembangan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMA.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang manajemen bimbingan dna konseling komprehensif.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).

Melalui mata kuliah ini Mahasiswa diharapkan memiliki (1) sikap dan perilaku  ilmiah, mandiri, respect, kerja unggul;(2) menguasai pengetahuan tentang dasar teori dan struktur organisasi program BK Komprehensif, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi,  dan mengembangkan program BK komprehensif; dan (3) terampil menyusun program BK berbasis kebutuhan dan evaluasi data di sekolah.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang Pemahaman individu: teknik nontesting.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok, berani memunculkan ide yang inovatif (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami kedudukan pemahaman individu dalam keseluruhan penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, menjelaskan kompetensi konselor dalam menyelenggarakan pengumpulan data sehubungan dengan pemahaman individu, mengklarifikasi beda teknik testing dan non testing dalam pemahaman individu, mengenal, menemukan, menganalisis, dan menyiapkan praktikum pada semester berikutnya teknik pemahaman individu: wawancara, observasi, angket, sosiometri, DCM, AUM Umum, AUM PTSDL, ITP, IKMS, Autobiografi.

Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar bimbingand an konseling pribadi sosial, cara menyusun asesmen kebutuhan sesuai  , strategi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial, dan cara mempraktikkan strategi layanan mulai penyusunan RPL sampai tahap  evaluasi  layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial.

Menganalisis dan menerapkan konsep atau teori-teori Bimbingan dan Konseling Spiritual untuk   memperkuat dirinya sebagai calon konselor pendidikan.


Mahasiswa mampu memilih dan mengadministrasikan (menyelenggarakan, menilai, menganalisis, dan menginterpretasikan) jenis-jenis tes sesuai dengan kebutuhan sebagai langkah memahami individu dalam rangka pelaksanaan layanan BK.

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori dan prisip bimbingan dan konseling karier ke dalam praktek untuk membantu para siswa di sekolah dalam merencanakan, mempersiapkan, dan mengembangkan karier di semua jenjang pendidikan yang dilandasi sikap ilmiah, kritis, etis, inovatif, dan bertanggungjawab; yang meliputi kegiatan-kegiatan pengenalan dan pemahaman jenis-jenis dan karakteristik pekerjaan, cara memahami diri pribadi siswa, penyusunan alat pemahaman diri dan praktik cara penggunaannya serta simulasi pembimbingan, dan latihan menyusunan program kegiatan bimbingan dan konseling karier dalam konteks pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.

 

Mahasiswa difasilitasi pengelaman belajar untuk: mengembangkan sikap, jujur, kerja keras, mandiri, menetapkan target puncak, respect dalam proses perkuliahan, dan untuk menghasilkan produk program BK komprehensif di suatu sekolah;menguasai dasar teori dan struk organisasi BK Komprehensif; dan pengetahuan bagaimana mengelola program BK (merencanakan, merancang, melaksanakan, mengeval dan mengembangkan program secara Komprehensif); dan memberikan pengalaman belajar melalui magang-­‐‑2 di sekolah dalam upaya memperoleh data dan informasi tentang pengelolaan program BK di sekolah magang dan menyusun program pengembangann

Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar bimbingan dan konseling pribadi sosial, cara menyusun asesmen kebutuhan sesuai sasaran layanan, strategi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial, dan cara mempraktikkan hingga melakukan evaluasi layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang pendekatan-pendekatan modern dalam konseling.  Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan sikap disiplin, mandiri, kerjasama,  berani mengungkapkan pendapat, berani menampilkan unjuk kerja, berani memberikan kritik dan masukan yang membangun dalam sebuah kelompok (soft skills).

 

Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kedudukan teori-teori modern yang melatarbelakangi munculnya pendekatan-pendekatan konseling, mengenali dan mendeskripsikan beberapa pendekatan konseling modern, sebagai berikut: 1) Pendekatan Konseling Psikoanalisis, 2) Pendekatan Konseling Jungian, 3) Pendekatan Konseling Psikologi Individual, 3) Pendekatan Konseling Eksistensial, 4) Pendekatan Konseling Gestalt, 5) Pendekatan Konseling Client Centered, 6) Pendekatan Konseling Behavioral, 7) Pendekatan Konseling REBT, 8) Pendekatan Konseling CBT, 9) Pendekatan Konseling Trait and Factor, 10) Pendekatan Konseling Realita; menganalisis falsafah dasar, pandangan tentang manusia, dan pandangan konseling masing-masing pendekatan konseling modern; mengkaji dan membandingkan berbagai pendekatan konseling modern menggunakan tabel perbandingan/ peta kognitif pendekatan konseling; mempersiapkan diri untuk melakukan praktikum konseling modern pada pembelajaran semester berikutnya.

Matakuliah ini membahas landasan, paradigma, tujuan, jenis, alat pengumpul data, teknik analisis, dan tata penulisan penelitian kualitatif pada lingkup pendidikan dan bimbingan dan konseling.

Matakuliah ini membahas karakteristik, penyusunan, implementasi, dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling komprehensif bagi peserta didik di taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Matakuliah ini adalah matakuliah yang membahas tentang pendekatan-pendekatan modern dalam konseling. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memperoleh pembekalan yang memadai dalam pelaksanaan konseling. Matakuliah ini mengenalkan beberapa pendekatan konseling modern, sebagai berikut: 1) Pendekatan Konseling Psikoanalisis, 2) Pendekatan Konseling Psikologi Individual, 3) Pendekatan Konseling Gestalt, 4) Pendekatan Konseling Client Centered, 5) Pendekatan Konseling Behavioral, 6) Pendekatan Konseling REBT, 7) Pendekatan Konseling Trait and Factor, 8) Pendekatan Konseling Realita, dan 9) Pendekatan Konseling Eksistensial.

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep evaluasi dan supervisi dalam bimbingan dan konseling, pentingnya akuntabilitas, membandingkan berbagai model evaluasi dan supervise dalam bimbingan dan konseling, menyusun dalan mengembangkan standar dan instrumen evaluasi dan supervisi berdasarkan model tertentu , melaksanakan berbagai model evaluasi dan supervisi, serta merumuskan rekomendasi sebagai tindak lanjut hasil evaluasi dan supervisi yang dilakukan.

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal Pendidikan Menengah dan Kejuruan serta penyusunan program BK di SMK 

Matakuliah ini adalah matakuliah yang bertujuan untuk membantu mahasiswa mengenali metode nontesting dalam asesmen

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk menguasai konsep dasar program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di jenjang SMP; memahamai prinsip pelaksanaan, elemen program serta komponen program BK Komprehensif di jenjang SMP; memahami tahapan penyusunan program BK komprehensif di jenjang SMP meliputi (1) Perencanaan : Persiapan / planning dan Perancangan / Designing; (2) pelaksanaan; (3) Evaluasi, pelaporan dan Tindak lanjut; mampu menyusun dan mengembangakan program BK Komprehensif untuk jenjang SMP.