Pengelolaan Kelas Digital merupakan mata kuliah penciri FKIP UNS yang memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kompetensi mengajar dengan membekali mahasiswa dengan pengetahuan,  keterampilan, sikap, nilai, pengalaman, dan literasi digital baik secara mandiri dan kelompok dengan kerangka TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge)

CAD 2 BARU, merupakan mata kuliah ini merupakan matakuliah desain mekanis berbantuan komputer dalam format 3D yang merupakan pembaharuan dari CAD 2 sebelumnya setelah dilakukan rekonstruksi mata kuliah. Terdapat 5 CPMK yang merupakan penyempurnaan CPMK pada mata kuliah sebelumnya, disertai dengan penyesuaian dengan bidang kompetensi lulusan dan ketercakupan jenis perangkat lunak yang dipakai.

Matakuliah ini agar mahasiswa mampu menghitung dan merencanakan elemen-elemen mesin yang bersifat sederhana. Mata kuliah elemen mesin adalah mata kuliah yang membahas mengenai perhitungan tegangan yang bekerja pada elemen mesin kemudian merencanakan dimensi-dimensi elemen mesin tersebut secara aman. Pengetahuan yang mendukung mata kuliah ini adalah : gaya-gaya statis dan dinamis, mekanika kekuatan material, fisika serta matematika. Adapun materi ajar yang disampaikan meliputi: Transmisi, Kopling dan Penggerak.

Mata Kuliah ini mempelajari tentang jenis-jenis turbin berdasarkan fuluidanya, merancang turbin air (pelton, francis dan kaplan), merancang turbin angin, merancang turbin uap dan merancang turbin gas.


Mata  kuliah  ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui  konsep pemeriksaan, analisis dan perbaikan sistem pemindah tenaga dan pengendali kendaraan. Sistem pemindah tenaga yang dimaksud meliputi: mekanisme kopling, sistem transmisi baik manual maupun otomatis, poros propeler, dan differensial. Sedangkan yang terkait dengan sistem pengendali pada mata kuliah ini meliputi: sistem kemudi, sistem suspendi dan sistem rem.

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengidentifikasi mesin  sepeda motor bensin, mengenal konstruksi dan jenis komponen sesuai fungsinya masing-masing,dan mengetahui komponen yang ada pada mesin sepeda motor  bensin. Materi ajar yang disampaikan meliputi komponen mesin  sepeda motor bensin; pemeriksaan pengukuran dimensi komponen mesin sepeda motor bensin, melakukan perbaikan sistem bahan bakar mesin sepeda motor bensin, melakukan perbaikan sistem pelumasan dan pendinginan, melakukan perbaikan sistem pengapian konvensional dan CDI, menghidupkan mesin  sepeda motor bensin, diagnosa kerusakan sistem bahan bakar dan pengapian, serta tune up mesin sepeda motor bensin. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning dan Pembelajaran Praktik Langsung.


Mata Kuliah Turbin diharapkan   mahasiswa mampu memahami jenis-jenis turbin berdasarkan fuluidanya, merancang turbin air pelton, francis dan kaplan, merancang turbin angin, merancang turbin uap dan merancang turbin gas.

Mata Kuliah Turbin diharapkan   mahasiswa mampu memahami jenis-jenis turbin berdasarkan fuluidanya, merancang turbin air pelton, francis dan kaplan, merancang turbin angin, merancang turbin uap dan merancang turbin gas.

Setelah Mempelajari Mata kuliah Teknik Pemeliharaan Industri mahasiswa mampu memanfaatkan Ipteks yang relevan dalam lingkup pendidikan teknik mesin dan teknik otomotif untuk mengenali peserta didik, merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan dan supervisi serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praksis pendidikan teknik mesin atau teknik otomotif.

PRAKTEK MOTOR BAKAR (KB2214405) merupakan mata kuliah wajib di semester IV (Genap). Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengidentifikasi kerusakan , mengenal konstruksi dan jenis komponen sesuai fungsinya masing-masing, dapat melakukan pengukuran komponen, melakukan perawatan, mengatasi gangguan serta dapat memperbaiki komponen yang rusak sesuai spesifikasi dengan benar. Materi ajar yang disampaikan meliputi komponen mesin bensin; pemeriksaan pengukuran dimensi komponen mesin bensin, melakukan perbaikan sistem bahan bakar motor bensin, melakukan perbaikan sistem pelumasan dan pendinginan, melakukan perbaikan sistem pengapian konvensional dan CDI, menghidupkan mesin bensin, diagnosa kerusakan sistem bahan bakar dan pengapian, serta tune up motor bensin. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning dan Pembelajaran Praktik Langsung

Mata kuliah CAD 2 ini merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan mata kuliah prasyarat CAD 1 yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin pada semester V. Bobot mata kuliah ini adalah 2 SKS pembelajaran berbasis proyek, setiap tatap muka selama 2 X 50 menit. Secara garis besar materi yang dipelajari pada mata kuliah CAD meliputi 8 tahap pembelajaran yaitu: (1) Sketch 2D dan 3D Solidworks; (2) Modeling 3D Solidworks; (3) Modeling sheet metal dan weldment; (4) Gambar assembly dan gambar kerja; (5) Animasi Explode View; (6) Finite Element Analysis (FEA); dan (7) Proyek Menggambar Mesin

Mata kuliah CAD 2 ini merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan mata kuliah prasyarat CAD 1 yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin pada semester V. Bobot mata kuliah ini adalah 2 SKS pembelajaran berbasis proyek, setiap tatap muka selama 2 X 50 menit. Secara garis besar materi yang dipelajari pada mata kuliah CAD meliputi 8 tahap pembelajaran yaitu: (1) Sketch 2D dan 3D Solidworks; (2) Modeling 3D Solidworks; (3) Modeling sheet metal dan weldment; (4) Gambar assembly dan gambar kerja; (5) Animasi Explode View; dan diakhiri dengan (7) Proyek Menggambar Mesin.