Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa

1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi, jujur, sopan, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan perkuliahan 

2. Memiliki pengetahuan yang komperhensif berkaitan dengan teori dan aplikasi pragmatik

3. Terampil menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar teori pragmatik serta terapannya dalam pembelajaran


Sosiolinguistik

Melalui matakuliah ini mahasiswa dibekali materi untuk memperoleh pemahaman dan keterampilan tentang model-model pembelajaran inovatif Bahasa dan sastra berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berjejaring serta dapat mengembangkan model pembelajaran berjejaring yang dapat diterapkan di dalam kelas maupun di luar kelas, baik untuk satuan Pendidikan dasar dan menengah serta di perguruan tinggi. Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyajikan buah pikiran, hasil telaah, dan rencana atau hasil penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra yang berciri inovatif dan konstruktif agar mahasiswa mampu merumuskan dan menyajikan suatu masalah akademik dalam bidang pembelajaran Bahasa pada tingkat lanjut secara jelas, sistematis, runtut, dan logis, serta mampu menanggapi dan menggunakan tanggapan yang diperoleh untuk meningkatkan mutu pemikiran dan penulisannya.

Mata kuliah ini membekali mahasiswa  tentang konsep-konsep dan implementasi evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan program bidang pendidikan bahasa Indonesia. Mahasiswa dibekali dengan konsep-konsep umum evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia, evaluasi ranah kognitif, ranah prikomotor, ranah afektif, pengolahan hasil evaluasi, konsep evaluasi program pendidikan, model evaluasi Formative-Summative, CIPP, CSE-UCLA, Discrepancy, Kilpatrick, dan model Goal-Free..