Greetings to all learners enrolled in the e-learning course on Academic Writing, proudly presented by the English Education Department! As your lecturer, I am delighted to embark on this educational journey with you. This course has been carefully designed to empower you with the fundamental skills of effective academic writing, which are crucial not only for your academic success but also for your future roles as educators. Whether you're new to the intricacies of scholarly writing or seeking to refine your skills, this course will provide you with practical tools and insights to confidently engage with various forms of academic discourse. Join me in unraveling the art of expressing ideas with clarity, precision, and impact, as we together cultivate the essential skill of academic writing in the context of English education.

Extensive reading adalah sebuah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris dimana mahasiswa harus membaca berbagai teks yang relatif panjang yang berisi berbagai materi dan pengetahuan umum. Matakuliah extensive reading ini bertujuan mengembangkan kemampuan membaca mahasiswa dan juga mengembangkan sikap positif mahasiswa untuk membaca berbagai teks secara extensif. Mahasiswa diminta untuk membaca berbagai bacaan autentik dalam bahasa Inggris agar menjadi pembaca yang mahir dan percaya diri. Matakuliah ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemerolehan bahasa (language acquisition) dan pengetahuan umum lainnya bagi mahasiswa. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mencari dan memilih berbagai bacaan autentik sesuai dengan minatnya dan menggunakan waktunya untuk melakukan Sustained Silent Reading (SSR), Timed Repeat Reading (TRR), dan Speed Word Matching (SWM) untuk meningkatkan keterampilan membaca dan kelancaran membaca (reading fluency). Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai isu dalam extensive reading; memiliki kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai teks mengacu pada tujuan dan penggunaannya; menjelaskan kontribusi extensive reading dalam pemebalajaran bahasa Inggris; dan berkemampuan melakukan penelitian di bidang extensive reading.    

Extensive reading adalah sebuah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris dimana mahasiswa harus membaca berbagai teks yang relatif panjang yang berisi berbagai materi dan pengetahuan umum. Matakuliah extensive reading ini bertujuan mengembangkan kemampuan membaca mahasiswa dan juga mengembangkan sikap positif mahasiswa untuk membaca berbagai teks secara extensif. Mahasiswa diminta untuk membaca berbagai bacaan autentik dalam bahasa Inggris agar menjadi pembaca yang mahir dan percaya diri. Matakuliah ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemerolehan bahasa (language acquisition) dan pengetahuan umum lainnya bagi mahasiswa. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mencari dan memilih berbagai bacaan autentik sesuai dengan minatnya dan menggunakan waktunya untuk melakukan Sustained Silent Reading (SSR), Timed Repeat Reading (TRR), dan Speed Word Matching (SWM) untuk meningkatkan keterampilan membaca dan kelancaran membaca (reading fluency). Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai isu dalam extensive reading; memiliki kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai teks mengacu pada tujuan dan penggunaannya; menjelaskan kontribusi extensive reading dalam pemebalajaran bahasa Inggris; dan berkemampuan melakukan penelitian di bidang extensive reading.    

Mata kuliah ini berbobot 2 SKS dan bersifat wajib lulus. Mata kuliah ini merupakan seri mata kulaiah Language Teaching Evaluation I dimaksudkan untuk membekali mahasiswa berkaitan dengan teori dan praktik penilaian untuk mengukur hasil belajar peserta didik, khususnya hasil belajar bahasa Inggris. Mata kuliah ini secara berturut-turut membahas tentang pendekatan penilaian listening, mendesaian penilaian untk mengukur listening skills, mendesaian penilaian untuk mengukur speaking skills, mendesaian penilaian untuk mengukur reading skills, mendesaian penilaian untuk mengukur writing skills, mendesaian penilaian untuk mengukur vocabulary, mendesaian penilaian untuk mengukur grammar, dan mendesaian penilaian untuk mengukur HOTS dalam pembelajaran bahasa Inggris. Perkuliahan didesain mengikuti metode pembelajaran proyek berbasis kelompok (team-based project), yaitu kelas dibagi menjadi kelompok lebih dari 1 (satu) mahasiswa untuk mengerjakan tugas bersama selama jangka waktu yang ditentukan; kelompok diberikan masalah nyata yang terjadi di masyarakat atau pertanyaan kompleks, kemudian diberikan ruang untuk membuat rencana kerja dan model kolaborasi; setiap kelompok mempersiapkan presentasi/karya akhir yang ditampilkan di depan dosen, kelas, atau audiens lainnya yang dapat memberikan umpan balik yang konstruktif; dan dosen membina setiap kelompok selama periode pekerjaan proyek dan mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam kolaborasi. Tagihan untuk mengukur capaian belajar mahasiswa adalah tes, proyek, dan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai aktivitas perkuliahan.

Mata kuliah Listening 5 memadukan strategi intensive dan extensive listening. Di dalamnya, mahasiswa menerapkan keterampilan predicting topics, identifying context: situation, participants, setting, purpose, identifying general idea, mentioning explicitly and implicitly stated ideas, identifying speakers’ tone, identifying speaker’s intended meaning form certain expressions, identifying culturally bound expressions, identifying academic expressions, serta merespon dengan tepat materi-materi yang terkait. Selain materi yang diberikan oleh dosen di kelas, mahasiswa mencari materi dengan topik yang sesuai dengan minat mereka yang bersifat akademik dan terkait dengan English teaching, untuk selanjutnya dibahas dalam diskusi kelompok maupun kelas.

Mata kuliah menuntut mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan berbagai skill yang sudah mereka dapatkan selama Listening di semester 1, 2, 3,4.

Students are able to understand curriculum elements, overview of language curriculum design, curriculum design principles, approaches in curriculum design, language curriculum design, and curriculum-based teaching and evaluation materials in English language education. In addition, students will learn how to analyze and design curriculum-based teaching and evaluation materials in English language education. 

Perkuliahan ini (KB0514505) memberikan bekal kepada para mahasiswa tentang pengetahuan dan keterampilan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan Structure and Written Expressions secara benar dan tepat. Dengan menguasai Structure and Written Expressions tersebut, diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menyusun Ekspresi bahasa Inggris secara benar dalam rangka menunjang perkuliahan keempat keterampilan berbahasa (Listening, Speaking, Writing, dan Reading) dan penyiapan Test of English. Mata kuliah ini memberikan bekal teori tentang struktur bahasa Inggris (sekitar 35 %) dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada mahasiswa untuk berlatih (sekitar 65 %).

Public Speaking course is an advanced course after the Academic Speaking course. In this course, students are taught about: 1) The nature of Public Speaking and the ethics, 2) Speech preparation: getting started, 3) Speech preparation: organizing and outlining, 4) Presenting the speech, 5) Varieties of public speaking. At the end of the course, students are expected to be able to understand, design, and present their speech with a good public speaking competence.

Perkuliahan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang konsep dan kemampuan mengembangkan materi ajar Bahasa Inggris berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan materi yang sesuai dengan keseluruhan design pembelajaran; sehingga mahasiswa mampu mengevaluasi, mendesain, dan menyusun materi ajar Bahasa Inggris.

ESP equips students with the knowledge and skills to do need analysis and to plan a learning English based on the needs of the learners. ESP enables students to design and implement English learning for specific purposes using appropriate methods, materials, and evaluation in accordance with the objectives of the learning English

Mahasiswa dapat memahami elemen kurikulum serta menganalisa dan merancang bahan ajar dan evaluasi berbasis  kurikulum dalam pendidikan bahasa Inggris


Mahasiswa dapat merancang proposal penelitian, instrumen dan pelaporan data penelitian sesuai kaidah penelitian dan penulisan


Mahasiswa memiliki kompetensi membaca berbagai jenis bacaan dengan minat dan memiliki ide ide penelitian terkait Extensive Reading. Di akhir pembelajaran extensive reading, mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap belajar, dan outcome extensive reading


Mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dalam menulis artikel berbasis pada riset dengan mengembangkan argumen secara sistematis dan detail yang mendukung. Di akhir pembelajaran ini mahasiswa memiliki kompetensi menulis artikel untuk publikasi. 


Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan sistem pengujian, penilaian dan evaluasi hasil belajar bahasa Inggris. Cakupan mata kuliah ini meliputi introduction to language testing; The Principles and Techniques of Constructing Test; Techniques of Scoring in Language Test and Assessment; Converting Raw Scores into the Standard Scores;   Conditions of Good Tests; Discrete point, integrative, and pragmatic tests; Authentic Assessment in English Language Teaching; Techniques of Constructing Non-test and Tabulating Data of Non-test; Techniques of self-assessment in ELT; Test administration; Assessment of Learning, Assessment for learning, and Assessment as Learning; dan Reporting Results of Assessment.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami, menganalisa isi berbagai bahan bacaan, menguasai intisari membaca, meningkatkan minat membaca, dan mengenali serta memiliki ide riset di bidang Extensive Reading.


Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami, menganalisa isi berbagai bahan bacaan, menguasai intisari membaca, meningkatkan minat membaca, dan mengenali serta memiliki ide riset di bidang Extensive Reading.

Mata kuliah Critical Listening di semester 5 memadukan strategi intensive dan extensive listening. Di dalamnya, mahasiswa menerapkan keterampilan predicting topics, identifying context: situation, participants, setting, purpose, identifying general idea, mentioning explicitly and implicitly stated ideas, identifying speakers’ tone, identifying speaker’s intended meaning form certain expressions, identifying culturally bound expressions, identifying academic expressions, serta merespon dengan tepat materi-materi yang terkait. Selain materi yang diberikan oleh dosen di kelas, mahasiswa mencari materi dengan topik yang sesuai dengan minat mereka yang bersifat akademik dan terkait dengan English teaching, untuk selanjutnya dibahas dalam diskusi kelompok maupun kelas. Mata kuliah menuntut mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan berbagai skill yang sudah mereka dapatkan selama Listening di semester 1, 2, 3,dan 4.