The seminar on thesis proposal aims to assist students to finalize their thesis proposal drafts through an activity of mentoring and peer review in a writing center-like atmosphere. Students will examine the components of a research proposal's introduction, literature review, and methodology section. The result of the examination will be used to guide students revise their original draft. Peer review will be conducted in class sessions. Feedback and suggestions on the three sections of the thesis proposal will be given during the first eight sessions of the course. The remaining eight sessions will be used to present, discuss, and revise the completed draft. At the end of the semester, students have to recap their progress, input, revisions made, and future revisions/ plan in form of a journal.

Mata Kuliah Article Writing menuntut mahasiswa untuk mengasah beragam keterampilan, seperti navigasi pangkalan jurnal ilmiah bereputasi, membaca dan menulis akademik, metodologi riset, literasi akademik, serta manajemen riset lapangan dan tekstual. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa juga diasah keterampilan dasar menulis, seperti parafrase, meringkas kritis, sintesis, sitasi, dan dokumentasi. Keterampilan dasar ini terintegrasi dalam kegiatan menulis manuskrip, seperti bagian pendahuluan, kajian/tinjauan pustaka, dan metodologi riset. Untuk mempermudah proses akuisisi pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa dilatih menganalisis manuskrip mentor untuk mengkaji aspek kebaharuan, orisinalitas, gap riset, dan kontribusi riset. Selain itu, mahasiswa belajar melakukan navigasi dan evaluasi riset-riset sebelumnya untuk memetakan landasan teori, konseptual dan empiris. Mata kuliah ini juga memandu mahasiswa mengetahui isu-isu metodologi yang diperlukan dalam penulisan bagian metodologi riset. Mahasiswa dilatih melaporkan hasil/temuan riset serta mendiskusikan hasil/temuan riset tersebut. Mereka juga mempelajari penulisan kesimpulan dengan beragam textual moves, seperti sintesis temuan/hasil, kontribusi, implikasi, kelemahan riset, dan rekomendasi riset selanjutnya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa mengevaluasi dan memilih jurnal sasaran untuk manuskrip yang mereka selesaikan.


Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, ketarampilan, pengalaman belajar baru, dan literasi terkait dengan makna dan pemnggunaaanya dalam komunikasi sehari hari dan juga di bidang Pendidikan Bahasa Inggris termasuk dalam proses pembelajaran, pembuatan materi ajar dan menilai proses dan hasil belajar. Mata kuliah ini juga memperkenalkan topik-topik riset terkait Semantics dan Pragmatics.


Mata Kuliah Article Writing menuntut mahasiswa untuk mengasah beragam keterampilan, seperti navigasi pangkalan jurnal ilmiah bereputasi, membaca dan menulis akademik, metodologi riset, literasi akademik, serta manajemen riset lapangan dan tekstual. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa juga diasah keterampilan dasar menulis, seperti parafrase, meringkas kritis, sintesis, sitasi, dan dokumetasi. Keterampilan dasar ini terintegrasi dalam kegiatan menulis manuskrip, seperti bagian pendahuluan, kajian/tinjauan pustaka, dan metodologi riset. Untuk mempermudah proses akuisisi pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa dilatih menganalisis manuskrip mentor untuk mengkaji aspek kebaharuan, orisinalitas, gap riset, dan kontribusi riset. Selain itu, mahasiswa belajar melakukan navigasi dan evaluasi riset-riset sebelumnya untuk memetakan landasan teori, konseptual dan empiris. Mata kuliah ini juga memandu mahasiswa mengetahui isu-isu metodologi yang diperlukan dalam penulisan bagian metodologi riset. Mahasiswa dilatih melaporkan hasil/temuan riset serta mendiskusikan hasil/temuan riset tersebut. Mereka juga mempelajari penulisan kesimpulan dengan beragam textual moves, seperti sintesis temuan/hasil, kontribusi, implikasi, kelemahan riset, dan rekomendasi riset selanjutnya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa mengevaluasi dan memilih jurnal sasaran untuk manuskrip yang mereka selesaikan. Jadi, mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa untuk menerbitkan manuskrip mereka pada jurnal bereputasi atau terindeks “Scopus/SSCI” tidak berbayar (no publication fee/charge).


Mata kuliah Sound Identification and Discrimination memperkenalkan siswa dengan bagaimana memahami teks sederhana berbahasa Inggris dari unsur yang paling kecil yaitu sound dan unsur suprasegmental (stress & intonation) sampai pada unsur kata, frasa dan kalimat dengan memfokuskan pada subtema letters, numbers, short description terkait dengan diri pribadi dengan menggunakan bottom-up strategy.


Mata kuliah Essay Writing adalah mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Paragraph Development. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan bagaimana mengembangkan paragraph menjadi essay dengan melalui pengalaman belajar/kegiatan yaitu menuliskan topic sentence dan kalimat-kalimat pendukungnya, membuat outline qof essay, membuat draft of essay berdasarkan outline yang telah tersusun, membaca ulang draft of essay dan membuat koreksi terhadap draft yang telah dibuat, serta memanfaatkan schoology, turnitin, grammarly, dan mendeley untuk menyusun essay dengan tepat dan akurat. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi dan mengerjakan tugas akhir berkelompok.



Intensive Reading 2 is a continuation of Intensive Reading 1. 

As the name suggests, Intensive Reading Course focuses on reading texts intensively i.e. thoroughly with clear goals, e.g. answering comprehension questions, studying the vocabulary, and learning the subject matter. 

The instruction in this IR course focuses on both understanding the content and on reading strategies/ skills. Metacognition on the strategies is nurtured.

Following Macalister (2011), four learning goals for IR are:

1. Focusing on new languages such as vocabulary and grammar
2. Focusing on ideas such as themes and topics
3. Learning new skills such as making inferences and identifying main ideas
4. Paying attention to text features such as genre structure and cohesion

This IR course in particular also attempts to help learners to improve their reading speed and encourages extensive reading to improve learners' fluency. 



Perkuliahan ini (KB0516113) memberikan bekal kepada para mahasiswa tentang pengetahuan dan keterampilan dasar untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan penggunaan struktur atau tatabahasa Inggris (terutama parts of speech: Adjective, Adverb, Article, Preposition, Conjunction, dan Complex tenses) secara benar dan tepat. Kompetensi ini melengkapi apa yang sudah mereka pelajari di semester sebelumnya (yaitu semester 1), yang berupa kompetensi mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan parts of speech  (Nouns, Pronouns, Verbs, dan Auxiliaries)sesuai dengan kegunaannya. Dengan menguasai Parts of Speech tersebut, diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menyusun Basic Sentence Patterns secara benar dalam rangka menunjang perkuliahan keempat keterampilan berbahasa (Listening, Speaking, Writing, dan Reading). Mata kuliah ini memberikan bekal teori tentang struktur bahasa Inggris (sekitar 35 %) dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada mahasiswa untuk berlatih (sekitar 65 %).

 

 


Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru. Mahasiswa akan memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru. Secara spesifik, materi mata kuliah ini meliputi:

a.      Kajian Guru

b.     Tanggung Jawab, Hak, dan Kewajiban Guru

c.      Kinerja Guru

d.      Profesi dan Kode Etik Guru

e.      Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0

Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru. Mahasiswa akan memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru. Secara spesifik, materi mata kuliah ini meliputi:

a.       Kajian Guru

b.      Tanggung Jawab, Hak, dan Kewajiban Guru

c.       Kinerja Guru

d.      Profesi dan Kode Etik Guru

e.      Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0