Matakuliah Renang I 

Sebuah mata kuliah yang membahas ruang lingkup tentang pengembangan kurikulum sebagai pengalaman belajar dan program pembelajaran disekolah/institusi dan seluruh kegiatan yang dilakukan disekolah/institusi dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dengan mengkaji kurikulum yang berlaku dan upaya pengembangannya yang sesuai dengan mata pelajaran  PJOK


Mata kuliah ini merupakan matakuliah yang berisi teori 40% dan praktek 60%. Matakuliah ini akan diberikan didalam kelas untuk materi teori yang diantaranya diberikan dalam bentuk simulasi-simulasi dan brain storming, di luar kelas dalam bentuk bermain dan permainan  tradisional   yang dikemas  berupa implementasi kearifan lokal, serta dilakukan sebagai sarana rekreasi dalam pembelajaran penjas  dengan materi- materi seperti : Betengan, Gobag sodor, ,bentik, bekelan, congklak, dan lain-lain.Pada akhir perkuliahan mahasiswa berupa pembuatan model games original yang merupakan kreativitas mahasiswa

Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran merupakan Mata kuliah Proses Belajar Mengajar (MK PBM), yang bertujuan meningkatkan wawasan, sikap dan keterampilan yang komprehensif berkenaan dengan Konsep Dasar Perencanaan Pengajaran Olahraga, Model Mengajar dalam Perencanaan Pengajaran, Pengembangan Model Perencanaan Pengajaran terutama dalam hal pembuatan program tahunan, program semester, dan program harian pendidikan jasmani.

1.   Memiliki pengertian dan tujuan mempelajari PPC OR

2.      Memiliki pengetahuan tentang pencegahan,  respon cedera dan tindakan perawatan cedera dalam   olahraga

3.      Memiliki pengetahuan tentang cedera luka dan perdarahan

4.      Memiliki pengetahuan tentang cedera strain, sprain dan tindakan perawatan

5.      Memiliki pengetahuan tentang cedera fraktur dan dislokasi sendi.dan tindakan perawatan

6.      Memiliki pengetahuan tentang pembebatan dan praktek pembebatan atau perawatan cedera

7.   Memiliki pengetahuan tentang berbagai tindakan perawatan/pertolongan pada gangguan umum.


Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan tentang Tenis Lapangan, serta mengerti dan paham dalam bermain Tenis Lapangan

Mata Kuliah Pembelajaran Tematik  merupakan Mata kuliah Proses Belajar Mengajar (MK PBM), yang bertujuan meningkatkan wawasan, sikap dan keterampilan yang komprehensif berkenaan dengan  kompetensi mahasiswa minat khusus penjas SD dalam  memahami dan  menerapkan  prinsip-prinsip pembelajaran tematik, yang mencakup: 1) prinsip penggalian tema, 2) prinsip pengelolaan pembelajaran, 3) prinsip evaluasi, dan 4) prinsip reaksi serta berbagai permasalahan yang timbul dalam penerapan pembelajaran tematik dalam Penjas  di SD

mahasiswa mampu dan mengetahui prinsip dasar tes dan pengukuran dalam penjas

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan tentang Tenis Lapangan, serta mengerti dan paham dalam bermain Tenis Lapangan


Pengertian, ruang lingkup dan prinsip penggunaan masase pada cedera olahraga dengan keadaan akut dan kronis, serta memahami prinsip , sdasar penatalaksanaan masase cedera olahraga pada cedera ekstermitas atas dan bawah.


Mata kuliah ini membahas tentang teori dan praktek bola basket lanjut yang terdiri dari permainan, perwasitan dan penyelenggaraan pertandingan bola basket berdasarkan kompetensi yang terkait dengan perolehan keterampilan motorik, kesegaran jasmani, kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor.

Pada perkuliahan ini dipraktekkan tentang gerak dasar pencaksiklat yang terdiri dari pembentukan sikap, pembentukan gerak, belaan dan serangan. Dipraktekkan juga tentang jurus baku tunggal serta metodik mengajar pencaksilat dan pengetahuan tentang peraturan perwasitan dan pertandingan pencaksilat. Penekanan dalam mata kuliah ini adalah gerak dasar serta didaktik dan metodik pembelajaran pencak silat.


Mata kuliah Pencak silat memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan di bident pencaK silat bagi mahasiswa yang meliputi sejarah pencak silat, peraturan pertandingan, tehnik dasar dan gurus dal am pancake silat.

Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran merupakan Mata kuliah Proses Belajar Mengajar (MK PBM), yang bertujuan meningkatkan wawasan, sikap dan keterampilan yang komprehensif berkenaan dengan Konsep Dasar Perencanaan Pengajaran Olahraga, Model Mengajar dalam Perencanaan Pengajaran, Pengembangan Model Perencanaan Pengajaran terutama dalam hal pembuatan program tahunan, program semester, dan program harian pendidikan jasmani

Mata kuliah ini diberikan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam hal konsep, teori dan aplikasi penelitian dalam bidang pendidikan jasmani. Adapun konten dalam matakuliah ini adalah tentang konsep dan teori  jenis penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif. Mahasiswa mengaplikasikan   metodo penelitian sesuai dengan masalah penelitian yang diambil, serta  memahami jenis-jenis penelitian dan yang melingkupinya seperti penetapan desain penelitian, penentuan  populasi, teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data sampai  dengan teknik penyimpulan analisis data. Produk akhir matakuliah ini mahasiswa dapat menghasilkan proposal penelitian dibidang pendidikan jasmani.