Hukum Internasional Publik merupakan seperangkat hukum yang mengatur tentang hubungan antara para subyek hukum internasional, baik negara-negara, negara dengan organisasi internasional maupun subyek hukum internasional lainnya. pada perkuliahan HI ini akan dipelajari secara lebih detil tentang pengertian, perkembangan, subyek hukum, sumber hukum, konsep wilayah negara, hubungan antar negara, penyelesaian sengketa yang timbul atas hubungan internasional dan perkembangan-perkembangan terbaru atas HI.

Hukum Internasional Publik merupakan seperangkat hukum yang mengatur tentang hubungan antara para subyek hukum internasional, baik negara-negara, negara dengan organisasi internasional maupun subyek hukum internasional lainnya. Mata kuliah hukum internasional publik ini merupakan mata kuliah ilmu dasar dan prasyarat utama bagi mahasiswa yang ingin mengambil mata kuliah lain di bagian hukum internasional. Oleh karenanya, muatan materi yang diajarkan pada mata kuliah hukum internasional ini mencakup materi-materi mendasar, yaitu pengenalan konsep hukum internasional, sejarah, dasar mengikat, subyek-subyek dan sumber-sumber hukumnya; penjelasan tentang konsep, prinsip dan teori tentang wilayah negara, suksesi, dan yurisdiksinya; penjelasan tentang hubungan antar negara dan penyelesaian sengketa yang timbul diantara para subyek hukum; serta penjelasan tentang hubungan antara HAM dan HI kontemporer.

Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana cara mengumpulkan, menjelaskan, meringkas, mengolah, menganalisis dan membuat interpretasi data secara deskriptif maupun inferensi.

Proses prosedur penanganan perkara pidana sejak penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pemeriksaan dalam sidang, putusan, upaya hukum, pelaksanaan putusan.