Selamat datang di mata kuliah riset dan pengembangan pendidikan inklusif

Mata kuliah ini mengkaji teoritik, mengidentifikasi dan membahas serta pemecahan masalah
yang berkaitan dengan studi kasus pengelolaan SLB


Mata kuliah KajianKajian Kebijakan Pendidikan Khusus (SLB) merupakan mata kuliahpilihanbagi mahasiswa yang
mengambilkonsentrasi Pendidikan Khusus/Sekolah Khusus (SLB). Mata kuliah ini memuat kajian teori dan lapangan
terutamapenyelenggaraan dan pengelolaan Sekolah Luar Biasa.Ruang lingkup materi dari MK ini adalah :(1)Konsep, teori,
prinsip dan landasan kebijakan pendidikan khusus, (2)Manajemenpengelolaandan Administrasi Sekolah Luar Biasa(3)
Standar Pendidikan Nasional dan Pendidikan Khusus (SLB), (4)Menyusun Rencana Kerja Sekolah (Rencana Tahunan,
Rencana Mingguan dan Rencana Harian), (5)Kurikulum dan Pembelajaran di SLB, (6Pendirian Sekolah Luar Biasa (SLB), (7)
Kepemimpinan Kepala Sekolah, (8)Kepengawasan Sekolah Luar Biasa


Mata Kuliah Kajian Kebijakan dan Implementasi Manajemen SLB, merupakan mata kuliah pilihan wajib yang harus diambil oleh mahasiswa S2 PB FKIP UNS dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam memahami seluk beluk penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah khusus (SLB). Muatan mata kuliah ini secara umum mencakup : (1) Manajemen Sekolah Luar Biasa, (2) Perencanaan SLB, (3) Pengorganisasian, dan pengendalian SLB, (4) Pengembangan SLB, (5) Tugas pokok, dan fungi Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan Pengawas Sekolah.  Melalui mata kuliah ini, mahasiswa setelah lulus diharapkan telah siap untuk mengelola sekolah khusus atau SLB.


Mata Kuliah Studi Kasus Manajemen Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus merupakan mata kuliah pilihan wajib yang harus diambil oleh mahasiswa S2 PB FKIP UNS dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam memahami seluk beluk penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah khusus (SLB) dan program pendidikan layanan khusus. Muatan mata kuliah ini secara umum ada dua bagian besar (1) Studi Kasus Manajemen Sekolah Khusus, dan (2) Studi Kasus Manajemen Pendidikan Layanan Khusus. Masing-masing bagian, dikaji dari sisi implementasi dalam praktik di lapangan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa setelah lulus diharapkan telah siap untuk mengelola sekolah khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan tentang manajemen pendidikan inklusi, baik di dunia maupun di Indonesia.. Perkuliahan  menerapkan pembelajaran aktif. Beberapa  sumber literatur disediakan, tetapi mahasiswa harus memperkayanya dari sumber-sumber lain, terutama materi tentang strategi merancang pendidikan inklusi.


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memadukan penemuan-penemuan baru pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan dan praktik metodologi penelitian baik sebagai akademisi maupun praktisi dalam bidang pendidikan luar biasa