Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2. Mata kuliah ini berkaitan dengan percakapan sehari-hari dalam bahasa Arab. Pembahasan mata kuliah ini tentang percakapan yang benar dalam bahasa Arab dengan memanfaatkan fi'l madhi, keterangan waktu, ism fa'il, kata tanya, bilangan, kalimat negatif, kalimat kondisional, kata sambung, ism tafdhil, kalimat pasif dalam bahasa Arab. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan idiom dan kosakata dengan berbagai topik dalam percakapan atau teks bahasa Arab. Aktivitas pembelajaran pada mata kuliah ini yaitu ceramah dan praktik.

Matakuliah ini merupakan matakuliah ketrampilan membaca teks (150-500 kata), baik berharakat maupun tidak berharakat, memahami informasi yang terkandung di dalamnya, membuat pertanyaan dengan kata tanya ma, man,hal, mata, aina, kaifa, limaza, membuat jawaban, dan menceritakan kembali isi teks, baik secara lisan maupun tulis. Matakuliah ini diberikan secara terpadu antara pengayaan materi dan latihan-latihan. Pengayaan materi dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan teks-teks Arab, baik berharakat maupun tidak berharakat, berikut budaya yang terkandung di dalamnya. Tugas terstruktur lebih banyak dikerjakan dalam kelompok untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dan juga secara individu sebagai tugas-tugas rumah. Latihan-latihan diperlukan sebagai evaluasi kemampuan pemahaman teks secara komprehensif.

Matakuliah ini merupakan matakuliah ketrampilan membaca teks (150-500 kata), baik berharakat maupun tidak berharakat, memahami informasi yang terkandung di dalamnya, membuat pertanyaan dengan kata tanya ma, man,hal, mata, aina, kaifa, limaza, membuat jawaban, dan menceritakan kembali isi teks, baik secara lisan maupun tulis. Matakuliah ini diberikan secara terpadu antara pengayaan materi dan latihan-latihan. Pengayaan materi dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan teks-teks Arab, baik berharakat maupun tidak berharakat, berikut budaya yang terkandung di dalamnya. Tugas terstruktur lebih banyak dikerjakan dalam kelompok untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dan juga secara individu sebagai tugas-tugas rumah. Latihan-latihan diperlukan sebagai evaluasi kemampuan pemahaman teks secara komprehensif.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2. Mata kuliah ini berkaitan dengan percakapan sehari-hari dalam bahasa Arab.  Pembahasan mata kuliah ini tentang percakapan yang benar dalam bahasa Arab dengan memanfaatkan fi’l madhi, keterangan waktu, ism fa’il, kata tanya, bilangan, kalimat negatif, kalimat kondisional, kata sambung, ism tafdhil, kalimat pasif dalam bahasa Arab. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan idiom dan kosakata dengan berbagai topik dalam percakapan atau teks bahasa Arab. Aktivitas pembelajaran pada mata kuliah ini yaitu ceramah dan praktek 


Nahwu II adalah matakuliah lanjutan dari nahwu I yang yang membahas tentang musnad ilaih (subyek), musnad (predikat) dan fudlah (komplementer) yang bebentuk ism (kata benda) beri‘rab nasb (akusatif), dan fudlah beri‘rab jar (genetif). Untuk musnad ilah difokuskan pada ism inna, sedangkan musnad pada khabar kana. Sementara fudlah beri‘rab nasb yang dikaji adalah mafa’il seperti maf‘ul bih, maf‘ul muthlaq, maful li ajlih, maf‘ul fih dan maf’ul ma‘ah; dan mulhaq mafail seperti hal, istisna’, dan tamyiz.  Adapun fudlah beri‘rab jar yang dikaji adalah harf al-jar dan idhafah. Mata kuliah ini juga diperdalam dengan contoh-contoh bahasa Arab modern dengan model analisis fungsional (wazifi) yang mencakup binyah (kategori), mauqi’/wazifi (fungsi), ma‘ani al-abwab an-nahwiyyah (peran), i‘rab (deklinasi) serta ‘alaqah (relasi) antar unsur sintaksis seperti tadham (kolokasi, unsur-unsur inti, susun buang), rutbah (tata urut, susun balik), dan rabt (hubungan, konkordansi)

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib yaitu MKU Universitas yang diberikan kepada Mahasiswa semester 2. 

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2 . Mata kuliah sharaf 2 merupakan mata kuliah berjenjang dari sharaf 1. Mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah ini apabila lulus mata kuliah sharaf 1. Pembahasan mata kuliah ini meliputi ism/nomina ditinjau dari segi jenisnya. Selain itu juga dijelaskan tentang tasghir, nisbah, ism nakirah dan ma’rifah, dhamir, ism ‘alam, ism isyarah, ism maushul, ism muqtarin bi al, almu’arraf  bil-idhafah,al munada maqsud, ism jamid dan ism musytaq.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti presentasi, diskusi dan tanya jawab

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2. Mata kuliah ini berkaitan dengan percakapan sehari-hari dalam bahasa Arab.  Pembahasan mata kuliah ini tentang percakapan yang benar dalam bahasa Arab dengan memanfaatkan fi’l madhi, keterangan waktu, ism fa’il, kata tanya, bilangan, kalimat negatif, kalimat kondisional, kata sambung, ism tafdhil, kalimat pasif dalam bahasa Arab. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan idiom dan kosakata dengan berbagai topik dalam percakapan atau teks bahasa Arab. Aktivitas pembelajaran pada mata kuliah ini yaitu ceramah dan praktek 


Mata kuliah agama Islam memberikan pemahaman dan penalaran ilmiah tentang ajaran agama Islam dengan menggunakan dalil akliah dan nakliah sehingga mahasiswa mampu beragama secara benar dalam kehidupan beragamaan di Indonesia

mata kuliah pendidikan bahasa indonesia  merupakan mata kuliah yang mengajarkan Pemakaian  bahasa Indonesia yang baik dan benar; Pengertian Bahasa Indonesia yang baik;Pengertian bahasa Indonesia yang benarMempelajari dasar-dasar Bahasa Indonesia baku; - Ciri-ciri bahasa Indonesia baku; - Ciri-ciri bahasa Indonesia tak baku; - Penulisan Huruf Kapital - Penulisan Huruf Miring - Penulisan Kata Turunan- Penulisan Gabungan Kata - Penulisan Partikel - Penulisan Singkatan - Penulisan Akronim - Penulisan Angka - Penulisan Lambang Bilangan  empelajari proses penalaran ilmiah secara memadai (penalaran induktif, deduktif, dan salah nalar)Mempelajari kalimat-kalimat efektif  - kesepadanan dan kesatuan- kesejajaran- penekanan- kehematan,-kevariasian Mempelajari  bagaimana mengembangkan paragraf klimaks- antiklimaksumum khusus – khusus umum  sebab-akibat definisi luas klasifikasi empelajari  bagaimana memilih topik dan judul pemilihan topik pembatasan topik perbedaan topik dan judul tujuan penulisan Mempelajari  bagaimana memilih topik dan judulpemilihan topik pembatasan topikperbedaan topik dan judultujuan penulisan


Dalam kelas ini mahasiswa mempelajari keterampilan berbahasa inggris baik secara umum baik aktif maupun pasif. 
Secara spesifik, mahasiswa mempelajari berbagai jenis ekspresi bahasa Inggris lisan dan kaidahnya. Kegiatan 
pembelajaran meliputi observasi teks tulis sebagai bahan dasar dan ide, mengidentifikasi register bahasa yang digunakan, praktek mengekspresikan secara tertulis dan lisan, dan berlatih berbicara secara mandiri maupun kelompok.  


Panduan untuk teori dan praktik dalam menyimak, memahami, membedakan, menirukan dan mengucapkan karakter pelafalan dalam bahasa Arab.

Mahasiswa akan mendapatkan penjelasan tentang sistem gramatika dalam bahasa Arab. Di mulai dari penjelasan tentang kelas kata dalam bahasa Arab yang diklasifikasikan menjadi tiga macam yaitu, ism (nomina), fi’l (verba) dan charf (partikel). Selain itu, mata kuliah ini difokuskan pada kajian hubungan antar konstituen kebahasaan, sehingga mahasiswa akan mengetahui perubahan harakat dari setiap konstituen bahasa. Dengan fokus materi-materi tersebut, mahasiswa pada akhirnya akan dapat mengidentifikasi setiap unsur-unsur dalam susunan bahasa Arab, serta menentukan I’rab (perubahan akhir huruf) dengan tepat.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2 . Mata kuliah sharaf 2 merupakan mata kuliah berjenjang dari sharaf 1. Mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah ini apabila lulus mata kuliah sharaf 1. Pembahasan mata kuliah ini meliputi ism/nomina ditinjau dari segi jenisnya. Selain itu juga dijelaskan tentang tasghir, nisbah, ism nakirah dan ma’rifah, dhamir, ism ‘alam, ism isyarah, ism maushul, ism muqtarin bi al, almu’arraf  bil-idhafah,al munada maqsud, ism jamid dan ism musytaq.  Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti presentasi, diskusi dan tanya jawab

Kebudayaan Timur Tengah mempelajari tentang objek material kebudayaan Timur Tengah. Objek material itu meliputi, artefak, sosifak, dan mentifsk. Mahasiswa diberikan wawasan tentang objek format, berupa berbagai teori yang dapat dipakai untuk mengkaji kebudayaan Tiimur Tengah.

Istilah Timur Tengah condong mengarah kepada wilayah budaya, jadi tidak memiliki batas tertentu. Definisi yang umum dipakai yaitu wilayah yang terdiri dari: Bahrain, Siprus, Mesir, Turki, Iran (Persia), Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman dan Palestina. Dan Iran merupakan batas yang paling timur, terkadang dengan memasukkan Afganistan dan Pakistan barat karena kedekatannya (secara suku dan agama) dengan kelompok mayoritas dari masyarakat Iran. Juga karena keterkaitan sejarah karena pernah menjadi bagian dari kerajaan yang wilayahnya mencakup daerah-daerah tersebut. Afganistan, Tajikistan, dan Pakistan barat memiliki hubungan budaya, bahasa, dan sejarah dengan Iran. Sementara hubungan antara Iran dengan negara-negara Arab karena adanya hubungan agama dan kedekatan secara geografi. Umumnya yang disebut Timur Tengah secara harfiah adalah daerah-daerah negara berikut: Suriah, Lebanon,  Palestina, Israel, dan Mesir. 

Pada mata kuliah Kebudayaan Timur Tengah II ini mengkaji materi sejak zaman Islam sampai masa modern


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib untuk memahami, membedakan, menirukan dan mengucapkan karakter abjad dalam bahasa Arab

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib fakultas Ilmu Budaya bagi semua mahasiswa Program studi pada fakultas FIB, Mata Kuliah Pengantar Ilmu Budaya merupakan mata kuliah dasar untuk masuk ke dalam Pengetahuan Budaya secara lebih mendalam . Aspek –aspek pengetahuan budaya meliputi gagasan, tingkah laku, dan hasil yang telah dicapai di dalam aktivitas manusia sebagai subjek dan objek budaya.

Mata kuliah bahasa Amiyah menyajikan dasar-dasar teori dan kemahiran bahasa Arab Amiyah. Dasar-dasar teori mencakup hubungan bahasa Arab fusha dan bahasa Arab Amiyah, serta pengantar fonetik dan gramatika bahasa Arab Fushha. Sedangkan dasar-dasar kemahiran mencakup kemahiran dasar mendengarkan dan berbicara bahasa Amiyah dengan tema perkenalan, aktivitas sehari-hari, aktivitas di kampus, di pasar, di airport, aktivitas olahraga dan hiburan,  serat kuliner. Mata kuliah ini bersifat pilihan bagi semeseter enam dengan bobot 2 SKS.