Train the students to have skills in understanding various kinds of reading texts: Discussion, Annecdotes, Narrative, and Review texts.

Train students to be able to have skills in academic presentation, interview, describing graphs, becoming a moderator in a conference, and debate.

Introducing literary genres and basic elements of each genre as well as some theories of literature.  

Train students to be able to have skills in academic presentation, interview, being a moderator in a conference, describing graphs, and debate. 

This course focuses on Film Adaptation from literary works. To be able to that the students have to be familiarized with the language of cinema so that they can discuss the film adaptations. The students are expected to explain different perspectives between the original literary works and their film adaptations as well as the reasons behind the different perspectives from that in the literary works. The students are exposed to reading of the original literary works and watching the film adaptations so they can develop the skill to recognize symbolism in both written and audio visual media.

Mata kuliah ini mempelajari seluk beluk dasar ilmu kewirausahaan yang kemudian diambil nilai-nilai dasarnya sebagai suatu sikap mental. Selain itu juga belajar membuat suatu system usaha yang nantinya dapat diaplikasikan melalui PKM

setelah mengikuti mata kuliah kebudayaan Jawa ini, diharapkan pengetahuan mahasiswa tentang peri kehidupan masyarakat Jawa, baik kebudayaan maupun kesusastraannya dari zaman kuna hingga abad ke-21 bertambah.   

Menjelaskan tentang proses tumbuh dan berkembangnya Negara-negara Eropa Modern dan relevansinya dengan Indonesia

Mata kuliah ini bernama Metode Penelitian Linguistik, yang memberikan siswa pengetahuan, sikap, dan ketrampilan seputar review
hasil penelitian terkait, membuat proposal bab 1 dan bab 3 yang merupakan inti dalam menentukan novelty dan cara menelitinya.

Seminar Sastra merupakan mata kuliah bagi mahasiswa yang mengambil bidang sastra. Mahasiswa harus sudah memiliki bekal pengetahuan tentang objek material dan objek formal. Dosen mengarahkan mahasiswa, agar dapat memilih dan menentukan objek material serta objek formal yang menjadi calon penelitiannya. Objek material dan obek formal tersebut selanjutnya dibuat draft proposal, dengan menerapkan metodologi yang sudah didapatkan pada mata kulaih sebelumnya, yaitu mata kuliah metode penelitian sastra. Draft proposal penelitian mahasiswa dipresentasikan di depan kelas dan mendapat masukan peserta mata kuliah ini dan juga dosen. Masukan-masukan saat presentasi tersebut digunakan untuk merevisi draft proposal menjadi proposal. Proposal dikonsultasikan kepada dosen dan pembimbing skripsi. Proposal yang sudah di acc oleh pembimbing skripsi akan diseminarkan di depan dosen dan mahasiswa bidang sastra.  

Mata kuliah kebudayaan Jawa, bertujuan memperkenalkan budaya Jawa, utamanya tentang nilai-nilai luhur dan kearifan lokal budaya Jawa yang tercermin hasil pemikiran dan tertuang dalam bentuk adat istiadat, tradisi, nilai, pranata, ideologi, etos, dan produk-produk budaya yang dihasilkannya seperti batik, wayang, manuskrip, dan sebagainya. Pengertian tentang budaya, wujud dan unsur-unsurnya, menjadi dasar utama yang harus dapat dideskripsikan oleh mahasiswa, termasuk peran, posisi dan perkembangan kebudayaan Jawa di era digital saat ini dan peran media, terutama media sosial. Teknologi dan media sebagai sarana dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran dan persebaran berbagai nilai penting dalam kebudayaan Jawa  kepada mahasiswa dapat tersampai dengan cara yang lebih mudah.

Seminar Proposal Kajian Timur Tengah merupakan mata kuliah program Studi Sastra Arab  FIB Mahasiswa pengkaji mata kuliah ini diarahkan untuk bisa memahami secara teoritis tentang pedoman dasar penulisan karya ilmiah dan secara praktis mahasiswa dilatih untuk mampu menerapkan dasar-dasar pengetahuan metodis pokok penulisan karya Ilmiah meliputi aspek pemilihan topik penelitian sesuai dengan bidang keilmuan dan ketertarikannya pada objek kajian , selanjutnya mahasiswa diarahkan untuk bisa memahami latar belakang masalah penelitian, literature review, riset gap di antara penelitian yang sudah ada, kemudian menyusun rumusan masalah dan tujuannya, pengumpulan dan analisis data, pembahasan, kesimpulan dan saran serta referensi yang digunakan

  Gerakan Keagamaan di Timur Tengah adalah mata kuliah yang mengkaji tetang  aspek normatif dan historis agama-agama yang berkembang di wilayah Timur Tengah. Kegiatan pembelajaran mata kuliah ini meliputi  Pemilihan jenis gerakan yang aktual, Mencari definii nama gerakan,  meneluuri tokoh-tokoh pendiri, mengidentifikasi doktrin keyakinan dan pemikiran, mengidentifikasi wilayah persebaran, dan mencari sumber-sumber ajaran berdasarkan penelusuran referensi.

Khath Arabiy adalah mata kuliah menulis Arab indah  dengan berbagai jenis model. bidang ini mengajarkan mahasiswa bagaimana membuat seni tulis kaligrafi dalam berbagai media kaligrafi. Untuk mampu menulis indah mahasiswa dibekali dengan pengetahuan teori kaidah penulisan serta praktek secara langsung. Karena itu kegiatan pembelajaran meliputi observasi teks khat kaligrafi arab dengan mengidentifikasi berbagai jenis tulisan yang digunakan, obervasi tulisan di lapangan, praktek , berlatih menulis dan membuat karya kaligrafi melalui berbagai media seperti kertas, kanvas, kayu, triplek, dll

Mata kuliah ini adalah mata kuliah praktik menerjemahkan yang mengasah kompetensi mahasiswa dalam menerjemahkan berbagai teks berbahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Materi mencakup berbagai strategi dan metode penerjemahan yang ada. Kegiatan pembelajaran meliputi praktik menerjemahkan berbagai jenis teks di laboratorium komputer, pengukuran kualitas terjemahan (simple research), survei ke target pembaca, serta presentasi terjemahan yang dihasilkan (baik secara lisan maupun tertulis).

Mata kuliah membahas tentang Pancasila secara teori dan praktik

Mata kuliah Sejarah Pemikiran Arab Modern (SPAM) ini merupakan kelompok MPK sebagai mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa Program Studi Sastra Arab. materi ini diarahkan pada gagasan yang berlangsung di dunia Arab dalam menanggapi ide-ide modernitas, di dalamnya ditunjukkan bagaimana arus pemikiran yang ada pada satu pihak menegaskan kembali prinsip keadilan sosial Islam, dan pada pihak lain menjustifikasi pemisahan antara agama dan politik. memfokuskan pada Timur Tengah pada gilirannya membidani kelahiran berbagai isme pada abad 20. di sin i juga diarahkan untuk menelusuri kecenderungan utama pemikiran-pemikiran yang berkembang pasca  perang dunia II. 

Mata Kuliah ini mempelajari sejarah perkembangan religi, perkembangan budaya, Kerajaan-kerajaan di Jawa

Mata Kuliah ini membahas kaiatan antara bahasa dan budaya. Setiap aktifitas dan benda manusia banyak yang mengandung filosofi dan unsur budaya.

Kuliah ini empelajari berbagai teori kebudayaan yang  daat dterapkan untuk menganalisis karya sastra.  

Mata Kuliah ini mempelajari konsep dasar teori feminis perkembangan,dan aplikasinya dalam raah kesusastraan Melayu klasik.   

Mata Kuliah ini mempelajari aspek-aspek kelisanan dlam kebudayaan Melayu. 

Menguasai teori-teori dan pendekatan   obyek kajian sintaksis, hubungan sintaksis dengan ilmu lain, frase (pengertian, struktur, tipe konstruksi, realasi antar unstur pembentuknya, kategori, dan aplikasi dalam kalimat), Klausa (pengertian klausa, jenis klausa, struktur dan makna klausa), Kalimat (pengertian kalimat, jejer, wasesa, lesan, katrangan, geganep, kategori  pengisi fungsi kalimat, jenis kalimat, analisis kalimat dan aplikasinya dalam kalimat bahasa Jawa yang baik dan benar)

Pengantar Sosiologi mempelajari dan memahami konsep dasar dan teori teori sosiologi serta mampu memakainya dalam melihat realitas sosial yang terjadi, pada telaah konsep, metodologi, paradigma, masyrakat dan kelompok sosial, unsur masyarakat, kebudayaan, interaksi sosial, norma sosial, lembaga sosial, pengendalian sosial, stratifikasi sosial, mobilitas sosial, perubahan sosial, Teori Fungsional Talcot Parson, Teori Konflik Karl Marx, dan Teori Fenomenologi.

materi perkuliahan ini berhubungan dengan bahasa dan proses berpikir. oleh karena itu, materi perkuliahan ini meliputi persepsi, produksi, komprehensi ujaran, pemerolehan bahasa pertama, pembelajaran bahasa kedua, dan gangguan berbahasa

Matakuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan teori dan konsep ilmu bahasa. Dengan mata kuliah ini mahasiswa dibekali dengan teori-teori Pragmatik dan menerapkannya di dalam interaksi berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: lokusi, ilokusi, perlokusi, cooperative principle of conversation, observance vs non-observance maxim cooperative principle of conversation, indirectness, theory of politeness, penerapan Pragmatik dalam berbagai bidang.

Mata kuliah ini menelaah sesuatu yang begitu halus yang disebut sifat manusia. Mahasiswa, khususnya  yang belajar ilmu-ilmu sosial, dengan mempelajari Antropologi Budaya dapat menyoroti konsep-konsep dan metode pendekatan yang khas dengan maksud memperoleh pemahaman tentang manusia, perilaku dan kecenderungan budaya, dan mengetahui apa yang menjadi latar belakang aneka perilaku budaya itu. Selain itu, mahasiswa dapat memperoleh jawaban atas persoalan tentang karekteristik manusia yang berhubungan dengan sistem sosialnya. Antropologi Budaya membicarakan aspek-aspek kehidupan manusia yang berlainan, dari  sini mahasiswa sesungguhnya dapat mencapai persamaan dari padanya.


Sejarah sastra Arab I merupakan mata kulah yang mengkaji kondisi sosial, perkembangan kesusastraan Arab, tokoh-tokoh atau sastrawan penting pada periode tertentu. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dan prasyarat bagi mat akuliah sejarah sastra Arab II.

Mata kuliah ini merupakan kelompok MPK sebagai mata kuliah  Wajib bagi mahasiswa Program studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya   

Teori dan Kritik Sastra merupakan mata kuliah wajib yang menjelaskan tentang pengantar 

kajian kritik sastra dan teori-teori sastra yang dapat diaplikaikan dalam penelitian sastra.

Analisis wacana sastra merupakan mata kuliah yang dasar pembahasannya adalah kajian bidang garapan linguistik. Dia melihat berfungsinya suatu bahasa sebagaimana dia diterapkan dalam proses komunikasi interaktif. Melalui mata kuliah ini, dijelaskan pengertian dan ruang lingkup wacana; unsur-unsur wacana; keutuhan struktur wacana beserta aspek-aspeknya; tema, judul, dan topikalisasi wacana; berbagai klasifikasi wacana; dan analisis wacana. Untuk melengkapi dan memudahkan pemahaman analisis wacana, dipraktekkan juga contoh-contoh penerapan analisis wacana fiksi (sastra).