Mata kuliah ini adalah mata kuliah praktik menerjemahkan yang mengasah kompetensi mahasiswa dalam menerjemahkan berbagai teks berbahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Materi mencakup berbagai strategi dan metode penerjemahan yang ada. Kegiatan pembelajaran meliputi praktik menerjemahkan berbagai jenis teks di laboratorium komputer, pengukuran kualitas terjemahan (simple research), survei ke target pembaca, serta presentasi terjemahan yang dihasilkan (baik secara lisan maupun tertulis).

Mata Kuliah ini mempelajari aspek-aspek kelisanan dlam kebudayaan Melayu. 

Mata Kuliah ini mempelajari konsep dasar teori feminis perkembangan,dan aplikasinya dalam raah kesusastraan Melayu klasik.   

Pengantar Sosiologi mempelajari dan memahami konsep dasar dan teori teori sosiologi serta mampu memakainya dalam melihat realitas sosial yang terjadi, pada telaah konsep, metodologi, paradigma, masyrakat dan kelompok sosial, unsur masyarakat, kebudayaan, interaksi sosial, norma sosial, lembaga sosial, pengendalian sosial, stratifikasi sosial, mobilitas sosial, perubahan sosial, Teori Fungsional Talcot Parson, Teori Konflik Karl Marx, dan Teori Fenomenologi.

Mata kuliah ini menelaah sesuatu yang begitu halus yang disebut sifat manusia. Mahasiswa, khususnya  yang belajar ilmu-ilmu sosial, dengan mempelajari Antropologi Budaya dapat menyoroti konsep-konsep dan metode pendekatan yang khas dengan maksud memperoleh pemahaman tentang manusia, perilaku dan kecenderungan budaya, dan mengetahui apa yang menjadi latar belakang aneka perilaku budaya itu. Selain itu, mahasiswa dapat memperoleh jawaban atas persoalan tentang karekteristik manusia yang berhubungan dengan sistem sosialnya. Antropologi Budaya membicarakan aspek-aspek kehidupan manusia yang berlainan, dari  sini mahasiswa sesungguhnya dapat mencapai persamaan dari padanya.


Mata kuliah membahas tentang Pancasila secara teori dan praktik

Kuliah ini empelajari berbagai teori kebudayaan yang  daat dterapkan untuk menganalisis karya sastra.  

Mata Kuliah ini membahas kaiatan antara bahasa dan budaya. Setiap aktifitas dan benda manusia banyak yang mengandung filosofi dan unsur budaya.

materi perkuliahan ini berhubungan dengan bahasa dan proses berpikir. oleh karena itu, materi perkuliahan ini meliputi persepsi, produksi, komprehensi ujaran, pemerolehan bahasa pertama, pembelajaran bahasa kedua, dan gangguan berbahasa

Matakuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan teori dan konsep ilmu bahasa. Dengan mata kuliah ini mahasiswa dibekali dengan teori-teori Pragmatik dan menerapkannya di dalam interaksi berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: lokusi, ilokusi, perlokusi, cooperative principle of conversation, observance vs non-observance maxim cooperative principle of conversation, indirectness, theory of politeness, penerapan Pragmatik dalam berbagai bidang.

Menguasai teori-teori dan pendekatan   obyek kajian sintaksis, hubungan sintaksis dengan ilmu lain, frase (pengertian, struktur, tipe konstruksi, realasi antar unstur pembentuknya, kategori, dan aplikasi dalam kalimat), Klausa (pengertian klausa, jenis klausa, struktur dan makna klausa), Kalimat (pengertian kalimat, jejer, wasesa, lesan, katrangan, geganep, kategori  pengisi fungsi kalimat, jenis kalimat, analisis kalimat dan aplikasinya dalam kalimat bahasa Jawa yang baik dan benar)

Mata kuliah Sejarah Pemikiran Arab Modern (SPAM) ini merupakan kelompok MPK sebagai mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa Program Studi Sastra Arab. materi ini diarahkan pada gagasan yang berlangsung di dunia Arab dalam menanggapi ide-ide modernitas, di dalamnya ditunjukkan bagaimana arus pemikiran yang ada pada satu pihak menegaskan kembali prinsip keadilan sosial Islam, dan pada pihak lain menjustifikasi pemisahan antara agama dan politik. memfokuskan pada Timur Tengah pada gilirannya membidani kelahiran berbagai isme pada abad 20. di sin i juga diarahkan untuk menelusuri kecenderungan utama pemikiran-pemikiran yang berkembang pasca  perang dunia II. 

Mata kuliah ini merupakan kelompok MPK sebagai mata kuliah  Wajib bagi mahasiswa Program studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya   

Teori dan Kritik Sastra merupakan mata kuliah wajib yang menjelaskan tentang pengantar 

kajian kritik sastra dan teori-teori sastra yang dapat diaplikaikan dalam penelitian sastra.

Analisis wacana sastra merupakan mata kuliah yang dasar pembahasannya adalah kajian bidang garapan linguistik. Dia melihat berfungsinya suatu bahasa sebagaimana dia diterapkan dalam proses komunikasi interaktif. Melalui mata kuliah ini, dijelaskan pengertian dan ruang lingkup wacana; unsur-unsur wacana; keutuhan struktur wacana beserta aspek-aspeknya; tema, judul, dan topikalisasi wacana; berbagai klasifikasi wacana; dan analisis wacana. Untuk melengkapi dan memudahkan pemahaman analisis wacana, dipraktekkan juga contoh-contoh penerapan analisis wacana fiksi (sastra).

Sejarah sastra Arab I merupakan mata kulah yang mengkaji kondisi sosial, perkembangan kesusastraan Arab, tokoh-tokoh atau sastrawan penting pada periode tertentu. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dan prasyarat bagi mat akuliah sejarah sastra Arab II.

Mata Kuliah ini mempelajari sejarah perkembangan religi, perkembangan budaya, Kerajaan-kerajaan di Jawa