Mata kuliah Klasifikasi dan Tajuk Subjek ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar klasifikasi dan tajuk subjek. Tujuannya agar mahasiswa bisa menentukan nomor klasifikasi dengan tepat berdasarkan subjek yang telah ditentukan sebelumnya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur. 

Mata kuliah Manajemen Perpustakaan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar tentang manajemen perpustakaan yang mencakup pengertian manajemen perpustakaan, sejarah perkembangan perpustakaan, struktur organisasi dan administrasi perpustakaan, manajemen perencanaan perpustakaan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengembangan koleksi perpustakaan, manajemen pengolahan koleksi perpustakaan, manajemen layanan perpustakaan, manajemen sistem informasi, manajemen perencanaan gedung dan tata ruang perpustakaan serta sarpras, manajemen promosi perpustakaan, manajemen mutu, pengorganisasian dan kepemimpinan, penganggaran dan pengawasan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mata kuliah Etika Profesi Pustakawan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi UNS. Mata kuliah ini membahas tentang filsafat, teori, dan konsep etika/moral kaitannya dengan profesi kepustakawanan. Mahasiswa diperkenalkan proses moral reasoning agar mampu memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik. Mahasiswa dilatih untuk senantiasa bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang diambil. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan berlatih membuat keputusan, serta pengerjaan tugas terstruktur.


Mata kuliah Etika Profesi Pustakawan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi UNS. Mata kuliah ini membahas tentang filsafat, teori, dan konsep etika/moral kaitannya dengan profesi kepustakawanan. Mahasiswa diperkenalkan proses moral reasoning agar mampu memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik. Mahasiswa dilatih untuk senantiasa bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang diambil. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan berlatih membuat keputusan, serta pengerjaan tugas terstruktur.

Mata kuliah Manajemen Perpustakaan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar tentang manajemen perpustakaan yang mencakup pengertian manajemen perpustakaan, sejarah perkembangan perpustakaan, struktur organisasi dan administrasi perpustakaan, manajemen perencanaan perpustakaan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengembangan koleksi perpustakaan, manajemen pengolahan koleksi perpustakaan, manajemen layanan perpustakaan, manajemen sistem informasi, manajemen perencanaan gedung dan tata ruang perpustakaan serta sarpras, manajemen promosi perpustakaan, manajemen mutu, pengorganisasian dan kepemimpinan, penganggaran dan pengawasan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mata kuliah Pengembangan Sumber Informasi membahas tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen sumber informasi, pembuatan kebijakan pengembangan sumber informasi, seleksi sumber informasi, pengadaan berbagai macam sumber informasi, alat bantu seleksi suber informasi, stock opname, penyiangan sumber informasi sampai pada evaluasi sumber informasi di perpustakaan.


Mata kuliah literasi data dan teknologi informasi adalah mata kuliah yang bertujuan agar tiap lini mahasiswa di berbagai bidang dapat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan bisa melakukan pemanfaatan data disekitar dalam sebuah informasi yang akurat dan ilmiah. 

Mata kuliah literasi data dan teknologi informasi adalah mata kuliah yang bertujuan agar tiap lini mahasiswa di berbagai bidang dapat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan bisa melakukan pemanfaatan data disekitar dalam sebuah informasi yang akurat dan ilmiah. 

Mata kuliah yang  membahas kajian kewarganegaraan yang meliputi: Identitas dan Integrasi Nasional, Hak dan Kewajiban  Warganegara, Negara dan Konstitusi, Demokrasi Indonesia,  HAM dan Rule of Law, Geopolitik Indonesia, dan Geostrategi  Indonesia. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Dirjen Dikti No 43/ Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi dan  Panduan Belmawa Dikti tentang MKWU Pendidikan Kewarganegaraan tahun 2014.

Mata kuliah Manajemen Perpustakaan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar tentang manajemen perpustakaan yang
mencakup pengertian manajemen perpustakaan, sejarah perkembangan perpustakaan, struktur organisasi dan
administrasi perpustakaan, manajemen perencanaan perpustakaan, manajemen sumber daya manusia,
manajemen pengembangan koleksi perpustakaan, manajemen pengolahan koleksi perpustakaan, manajemen
layanan perpustakaan, manajemen sistem informasi, manajemen perencanaan gedung dan tata ruang
perpustakaan serta sarpras, manajemen promosi perpustakaan, manajemen mutu, pengorganisasian dan
kepemimpinan, penganggaran dan pengawasan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.




Mata kuliah Pengembangan Sumber Informasi ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentan pengertian dan ruang lingkup manajemen sumber informasi, pembuatan kebijakan pengembangan sumber informasi, seleksi sumber informasi, pengadaan berbagai macam sumber informasi, alat bantu seleksi suber informasi, stock opname, penyiangan sumber
informasi sampai pada evaluasi sumber informasi di perpustakaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.




Mata kuliah Pengembangan Sumber Informasi ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen sumber informasi, pembuatan kebijakan pengembangan sumber informasi, seleksi sumber informasi, pengadaan berbagai macam sumber informasi, sampai pada evaluasi sumber informasi di perpustakaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mata kuliah literasi internet dan data adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa di era industry 4.0 agar mempunyai kemampuan mencari, membaca, memahami, membuat, dan mengkomunikasikan data sebagai informasi.

Mata kuliah Indeks dan Abstrak ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, jenis, unsur, dan prinsip pembuatan indeks dan abstrak, penyusunan indeks anotasi dan abstrak informatif, pembuatan indeks secara manual, penggunaan media komputer dalam pembuatan indeks otomatis serta membuat abstrak secara rinci sesuai dengan prinsip dasarnya sampai pada evaluasi indeks dan abstrak. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mahasiswa akan mempelajari tentang pengertian, jenis, unsur dan prinsip pembuatan indeks dan abstrak, penyusunan indeks anotasi dan abstrak informatif, pembuatan indeks secara manual, penggunaan media komputer dalam pembuatan indeks otomatis serta membuat abstrak secara rinci sesuai dengan prinsip dasarnya sampai pada evaluasi indeks dan abstrak.

Mata kuliah ini mengulas sumber rujukan/ sumber referensi beserta jenis, kegunaan dan turunannya sebagai koleksi referensi/ rujukan di perpustakaan. Selanjutnya, mata kuliah ini juga mengajarkan bagaimana memberdayakan, mempromosikan dan evaluasi sumber rujukan yang dimiliki perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna yang relevan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam menyelesaikan mata kuliah ini dengan metode yang melibatkan mahasiswa pada forum diskusi kelompok dan observasi terhadap sumber rujukan umum di berbagai jenis perpustakaan.

Mata kuliah ini mengulas sumber rujukan/ sumber referensi beserta jenis, kegunaan dan turunannya sebagai koleksi referensi/ rujukan di perpustakaan. Mata kuliah Sumber Rujukan Umum juga mengajarkan bagaimana memberdayakan, mempromosikan dan evaluasi sumber rujukan yang dimiliki perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna yang relevan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam menyelesaikan mata kuliah ini dengan metode yang melibatkan mahasiswa pada forum diskusi kelompok dan observasi terhadap sumber rujukan umum di berbagai jenis perpustakaan.

Mata kuliah Pengembangan Sumber Informasi ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen sumber informasi, pembuatan kebijakan pengembangan sumber informasi, seleksi sumber informasi, pengadaan berbagai macam sumber informasi, sampai pada evaluasi sumber informasi di perpustakaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mata kuliah Manajemen Perpustakaan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen perpustakaan, bidang kajian manajemen, fungsi manajemen,  manajemen perpustakaan ditinjau dari segi teknis dan nonteknis penyelengaraan perpustakaan, perpustakaan sebagai suatu organisasi, dan pengantar manajemen sistem informasi perpustakaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mata kuliah Manajemen Perpustakaan ini ditujukan untuk mahasiswa pada semester 2 (dua) di Prodi D3 Perpustakaan, Sekolah Vokasi, UNS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen perpustakaan, bidang kajian manajemen, fungsi manajemen,  manajemen perpustakaan ditinjau dari segi teknis dan nonteknis penyelengaraan perpustakaan, perpustakaan sebagai suatu organisasi, dan pengantar manajemen sistem informasi perpustakaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pengerjaan tugas secara terstruktur.

Mahasiswa diberikan pemahaman tentang tahap pengolahan koleksi perputakaan, mulai dari menentukan subjek sebuah koleksi (tajuk subjek), mengelompokkan koleksi dengan sistem tertentu dengan sistem klasifikasi perpustakaan dan tahap pemberian simbol/ no pada buku dengan rumusan dan cara yang akan dijelaskan pada materi klasifikasi. Sehingga koleksi perpustakaan dapat ditemukan dengan cepat tepat dan mudah saat temu balik informasi.


Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang, urgensi Bahasa Indonesia dalam lingkup perguruan tinggi dan ruang lingkup teks akademik, dan ragam teks akademik. Topik-topik yang akan dibahasa dalam perkuliahan ini antara lain (1) sejarah, kedudukan, danfungsiBahasaIndonesia;(2)ruanglingkupteksakademikdanteksnonakademik;(3)ragamciriteksakademik;(4)ruanglingkupparagraf dalam teks akademik; (5) kutipan dalam teks akademik; (6) penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber; (7) Teks ulasan buku sebagai salah satu jenis teks akademik; (8) proposal kegiatan dan proposal penelitian; (9) laporan penelitian dan laporan kegiatan; (10) Artikel ilmiah sebagai aktualisasi keilmuan.


Teknologi informasi 2 lebih memfokuskan pada penggunaan teknologi informasi untuk pustakawan yang berkaitan dengan pemanfaataan teknologi informasi untuk penelusuran informasi, mengelola sumber informasi dan menyebarluaskan informasi. 

Mata kuliah ini mempelajari tentang kejadian dan fenomena alam