Pembelajaran Berbasis Masalah
TAHAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
1.
Orientasi Mahasiswa pada Masalah
Mahasiswa melakukan analisis tentang permasalahan Pendidikan
nilai yang ada di wilayahnya masing-masing.
2.
Pengorganisasian Mahasiswa
Mahasiswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas
belajar yang berhubungan dengan masalah yang dipilih.
3.
Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok
Mahasiswa mengumpulkan informasi yang sesuai dan
melakukan observasi untuk mendapat penjelasan serta pemecahan masalah.
4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
Mahasiswa merencanakan dan menyiapkan bentuk
laporan yang sesuai untuk menunjukkan hasil observasi. Laporan dapat berbentuk
laporan tertulis, video, atau model lainnya.
5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan
Masalah
Langkah terakhir dari pelaksanaan problem based
learning adalah mahasiswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
penyelidikan dan proses-proses yang sudah dilewati.