Deskripsi Mata Kuliah

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini disajikan di semester 4, S-1 Pendidikan Akuntansi, berbobot 3 sks. Mata Kuliah ini mengkaji tentang :

  1. Strategi pembelajaran dan cara pemilihannya
  2. Pembelajaran berbasis strandar proses
  3. Pengelolaan kelas

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Sikap

  1. Menunjukkan sikap ketakwaan kepada Tuhan YME dengan beragama, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan moral dan etika , serta tanggung jawab sebagai warga negara yang baik berdasarkan Pancasila serta menghargai perbedaan, peduli terhadapmasyarakat dan lingkungan,mentaati hukum dan berkontribusi terhadap peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dan bernegara berdasarkan profesinya di Akuntansi dan Pendidikan Akuntansi.
  2. Mengembangkan diri berdasarkan bidang keahlian secara mandiri dan berkelanjutan dengan menginternalisasikan etika akademi, karakter dan transferable softskills.

Ketrampilan Umum

  1. Mampu berkomunikasi efektif dari proses berpikir logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam menerapkan IPTEKS untuk kehidupan bermasyarakat secara global dan berbudaya serta menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur dengan memperhatikan etika ilmiah agar ispa masuk di dunia kerja sebagai sarjana Pendidikan Akuntansi.
  2. Mampu mengambil keputusan strategis dan bertanggung jawab berdasarkan analisis informasi dan data, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pihak terkait baik di dalam maupun diluar lembaganya.
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan Kembali data untuk proses evaluasi diri dalam rangka menjamin kesahihan,mencegah plagiasi, dan pertanggung jawaban terhadap pencapaian hasil kerja sendiri maupun kelompok kerjanya.

Pengetahuan

  1. Mampu menerapkan konten pengetahuan keakuntansian dan dasar-dasar paedagogik untuk merencanakan kurikulum dan pembelajaran akuntansi di Pendidikan menengah (SMA/MK dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan mengevaluasi serta melakukan perbaikan proses pembelajaran akuntansi yang inovatif dengan mengaplikasikan konsep didaktik paedagogik dan keilmuan di bidang akuntansi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kebutuhan Society 5.0.

DAFTAR BUKU REFERENSI

  1. Awang I.S. 2017. Strategi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. STKIP Persada Khatulistiwa.
  2. Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Mengajarkan Konten dan Kemampuan Berpikir Pearson.
  3. Evertson, Carolyne M dan Carol S. Weinstein. Handbook of Classroom Management (Research, Practice and Contemporary Issues). 2006. Rotledge.
  4. Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Grasindo.
  5. Ming-tak Hue dan Lie Wai-shing. 2008. Classroom Management Creating Positive Learning Environtment. Hongkong University Press.
  6. Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada.
  7. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
  8. Santrock, John W. 2016. Educational Psychology:Theory and Application to Fitness and Performance, Sixth Edition. Mc.Graw-Hill Education.

(No announcements have been posted yet.)