Topic outline

  • Kelas Strategi Pembelajaran

    SELAMAT DATANG DI KELAS STRATEGI PEMBELAJARAN

    SEMANGAT BERPROSES DAN BELAJAR


    intro


    [Introduce Our Class Members]


    Jesicha Mutiara Dewi Krisnawati Lisa Kartika Muthia Rahmah Novi Alviana 

    Jesicha           Krisnawati              Lisa                Muthia               Novi     


    Suci Ramadhani Tasya Widya Sari Wafiq Abrar

      Suci                  Tasya                Wafiq

  • Pertemuan 1: Pemilihan Strategi Pembelajaran (Jesicha)

    Assalamualaikum semuanyaa.. untuk mengawali pertemuan kita pada kali ini silahkan Saudara berdoa terlebih dahulu. Sebelumnya kita akan membahas mengenai pemilihan strategi pembelajaran, yang didalamnya memuat prinsip - prinsip, kriteria guru, kriteria pemilihan dan hal-hal ysng perlu dipertimbangkan oleh guru.


    Tujuan Pembelajaran :

    Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh Guru atau dengan tambahan referensi dari sumber belajar yang lain, siswa diharapkan mampu memahami materi Pemilihan Strategi Pembelajaran dengan baik.


    Materi tersebut meliputi:

    A. Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran 

    B. Kriteria Guru dalam Pemilihan Strategi Pembelajaran

    C. Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran sebagai Dasar Pertimbangan Pembelajaran

    D. Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Guru dalam Pemilihan Strategi Pembelajaran

  • Pertemuan 2 : Strategi Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses (Muthia)

    Memahami Strategi Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses yang meliputi :

    1. Definisi Strategi Pembelajaran Standar Proses

    2. Sistem Pembelajaran Strategi Pembelajaran Standar Proses


    Tujuan Pembelajaran

    1. Melalui ceramah, siswa diharapkan mampu menjelaskan definisi dari strategi pembelajaran standar proses dengan tepat

    2. Melalui studi kasus dan diskusi, siswa diharapkan mampu menyebutkan system pembelajaran dengan strategi pembelajaran standar proses dengan benar dan sesuai


    Selamat pagi semua!

    Setelah mengetahui tentang materi pemilihan strategi pembelajaran kita akan beralih pada penerapan dari strategi pembelajaran. Oleh karena itu, mohon materi sebelumnya jangan dilupakan, karena tentu saja akan ada kaitannya dengan materi pada pertemuan kali ini. Sebagai persiapan silahkan materi sebelumnya dibaca-baca lagi agar tidak mengalami kebingungan ketika masuk pada materi strategi pembelajaran standar proses. 


    Selanjutnya untuk kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan pada pertemuan kali ini antara lain :
    1.  Belajar materi secara mandiri dengan mendowload pdf yang sudah disediakan
    2. Masuk ke link pertemuan yang telah di siapkan
    3. Mengerjakan penugasan secara individu
    4. Melakukan diskusi terkait materi yang sudah dijelaskan
    5. Mengerjakan soal kuis untuk menguji kemampuan saudara
  • Pertemuan 3 : Peranan Guru dalam Strategi Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses (Novi)

    Assalamualaikum Saudara... 

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

    Untuk mengawali pertemuan kita pada kali ini silahkan Saudara berdoa menurut kepercayaan dan agama masing-masing.

    Sebelumnya akan ibu ingatkan kembali bahwa pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai mengenai strategi pembelajaran berdasarkan proses yang memuat definisi dari strategi pembelajaran tersebut dan apa saja yang ada di dalamnya.


    Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai peranan guru dalam strategi pembelajaran berdasarkan standar proses.


    Tujuan Pembelajaran :

    Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh Guru atau dengan tambahan referensi dari sumber belajar yang lain dan melalui diskusi kelompok, siswa diharapkan mampu memahami materi Peranan Guru dalam Strategi Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses dengan baik dan benar.


    Materi pertemuan kali ini meliputi :

    1. Peranan Guru dalam Strategi Pembelajaran Standar Proses.

  • Pertemuan 4 : Aktivitas, Metode, dan Media Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses (Lisa)

    Assalamualaikum semuanyaa.. untuk mengawali pertemuan kita pada kali ini silahkan Saudara berdoa terlebih dahulu. Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai peranan guru dalam strategi pembelajaran berdasarkan standar proses yang tentunya masih ada kaitannya dengan materi yang akan kita pelajari pada pertemuan ini.


    Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai aktivitas, metode dan media pembelajaran berdasarkan standar proses.


    Tujuan Pembelajaran :

    Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh Guru atau dengan tambahan referensi dari sumber belajar yang lain, siswa diharapkan mampu memahami materi Aktivitas, Metode dan Media Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses dengan baik.


    Materi tersebut meliputi:

    1. Aktivitas Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses

    2. Metode Pembelajaran Standar Proses

    3. Media Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses


  • Pertemuan 5 : Konsep Pengelolaan Kelas (Krisnawati)

    Assalamualaikum semuanyaa.. untuk mengawali pertemuan kita pada kali ini silahkan Saudara berdoa terlebih dahulu. Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai strategi pembelajaran berdasarkan standar proses dan berbagai komponen lainnya.


    Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini kita akan membahas materi baru yaitu mengenai konsep pengelolaan kelas.


    Tujuan Pembelajaran :

    Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh Guru atau dengan tambahan referensi dari sumber belajar yang lain, siswa diharapkan mampu memahami materi Konsep Pengelolaan Kelas dengan baik.


    Materi tersebut meliputi :

    1. Pengertian Pengelolaan Kelas

    2. Indikator Pengelolaan Kelas yang Baik

    3. Tujuan Pengelolaan Kelas

    4. Pentingnya Pengelolaan Kelas

    5. Prinsip Pengelolaan Kelas

    6. Komponen – Komponen dalam Pengelolaan Kelas

  • Pertemuan 6 : Perbedaan Pengelolaan Kelas dan Pengelolaan Pengajaran Serta Masalah Pengelolaan Kelas (Suci)

    Assalamualaikum semuanyaa.. untuk mengawali pertemuan kita pada kali ini silahkan Saudara berdoa terlebih dahulu. Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas konsep pengelolaan kelas yang tentunya masih ada kaitannya dengan materi yang akan kita pelajari pada pertemuan ini.


    Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan pengelolaan kelas dan pengelolaan pengajaran serta masalah pengelolaan kelas.


    Tujuan Pembelajaran :

    Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh Guru atau dengan tambahan referensi dari sumber belajar yang lain, siswa diharapkan mampu memahami materi Pengelolaan Kelas dan Pengelolaan Pengajaran Serta Masalah Pengelolaan Kelas dengan baik.

  • Pertemuan 7 : Usaha Preventif dalam Pengelolaan Kelas dan Kelas yang Menyenangkan (Tasya)

    Memahami materi pembelajaran tentang Usaha Preventif dalam Pengelolaan Kelas dan Kelas yang Menyenangkan. 

    Materi ini meliputi :

    A. Usaha Preventif dalam Pengelolaan Kelas
    1. Pengertian Usaha Preventif
    2. Dimensi Usaha Preventif
    3. Langkah - Langkah Usaha Preventif
    B. Kelas yang Menyenangkan
    1. Pengertian Kelas yang Menyenangkan
    2. Syarat Kelas yang Menyenangkan
    3. Hal yang Dilakukan Guru dalam Rangka Kelas yang Menyenangkan

    TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Melalui metode ekspositori, siswa diharap mampu memahami dan menganalisis mengenai pengertian, dimensi, dan langkah - langkah usaha preventif secara baik dan teliti.
    2. Melalui metode inkuiri, siswa diharap mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menjelaskan mengenai pengertian, syarat, dan hal yang dilakukan guru dalam rangka kelas yang menyenangkan secara berkelompok dengan benar.

    Selamat pagi saudara - saudara, masih ingatkan jika minggu kemarin kita baru saja membahas mengenai perbedaan pengelolaan kelas dan pengelolaan pengajaran serta masalah yang ada dalam pengelolaan kelas. Setelah mempelajari materi tersebut, saya harap saudara sudah mengetahui sedikit terkait apa itu pengelolaan kelas. Sebelum memulai pembelajaran, mari kita ingat kembali materi di minggu lalu karena materi tersebut tentunya akan berkaitan dengan materi minggu ini. Baik, disini saya akan memberikan pretest kepada saudara supaya saya tau seberapa saudara paham mengenai materi minggu ini dengan acuan materi minggu lalu.

  • Pertemuan 8 : Keterampilan Mengelola Kelas dan Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas (Wafiq)

    Assalamualaikum semuanyaa.. untuk mengawali pertemuan kita pada kali ini silahkan Saudara berdoa terlebih dahulu. Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas Usaha Preventif dalam Pengelolaan Kelas dan Kelas yang Menyenangkan yang tentunya masih ada kaitannya dengan materi yang akan kita pelajari pada pertemuan ini.


    Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai Keterampilan Mengelola Kelas dan Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas.


    Tujuan Pembelajaran :

    Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh Guru atau dengan tambahan referensi dari sumber belajar yang lain, siswa diharapkan mampu memahami materi Keterampilan Mengelola Kelas dan Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas dengan baik.


    Materi tersebut meliputi :

    A. Ketrampilan Mengelola Kelas


       1. Pengertian Ketrampilan Mengelola Kelas

       2. Tujuan Ketrampilan Mengelola Kelas

       3. Komponen Ketrampilan Mengelola Kelas

       4. Prinsip Penggunaan Ketrampilan Mengelola Kelas

       5. Ketrampilan Mengelola Kelas yang Baik

       6. Hal yang Harus Dihindari dalam Pengembangan Ketrampilan Mengelola Kelas


    B. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas


       1. Pendekatan Kekuasaan

       2. Pndekatan Ancaman

       3. Pendekatan Kebebasan

       4. Pendekatan Resep

       5. Pendekatan Perubahan Tingkah Laku

       6. Pendekatan Pengajaran 

       7. Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial

       8. Pendekatan Proses Kelompok

       9. Pendekatan Elektis atau Pluralistik

  • UJIAN TENGAH SEMESTER