2.2 diskusi pertemuan ke-2

Tantangan Masa Kini terhadap Dasar Falsafah Negara, Pancasila

Tantangan Masa Kini terhadap Dasar Falsafah Negara, Pancasila

by Clarisa Candra Utama -
Number of replies: 1

Identitas nasional menghadapi tantangan yang justru datang dari dalam negeri dengan berbagai isu seperti penguatan isu perubahan dasar negara, berita-berita hoax yang merambah jauh,  mendorong isu-isu politik yang mengancam keruntuhan negara. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah perlu mengantisipasi masalah ini, dengan menanamkan sifat-sifat luhur Pancasila dan melihat bahwa Pancasila adalah ideologi terbuka dan sistem kepercayaan yang menyatukan.

 

Berikut referensi sumber yang dikutip:

Situru, R. S. (2019). Pancasila dan Tantangan Masa Kini. Elementary Journal2(1), 34-41.


In reply to Clarisa Candra Utama

Re: Tantangan Masa Kini terhadap Dasar Falsafah Negara, Pancasila

by Farah Izza Azzahra -
Menurut saya, berita hoax tidak hanya pemerintah saja yang harus mengantisipasi, tetapi masyarakat dari berbagai unsur juga perlu sadar, cerdas, dan cermat dalam menyikapi setiap berita yang ada karena hal ini dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia dan dapat menjerumuskan beberapa pihak. Masyarakat harus berhati-hati terhadap setiap berita karena beberapa judul berita ada yang bersifat provokatif maka harus ditelusuri terlebih dulu isi berita, sumber berita, dan keaslian berita tersebut. Masyarakat dapat melaporkan berita-berita hoax tersebut ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia atau fitur Report Status yang ada di setiap media sosial jika menemukan berita hoax atau berita negatif.

Sumber Referensi
Anisa. 2021. Rapat Koordinasi dalam Rangka Edukasi, Sosialisasi dan Antisipasi Menyikapi Informasi Hoax Covid-19https://kominfo.kulonprogokab.go.id/detil/1448/rapat-koordinasi-dalam-rangka-edukasi-sosialisasi-dan-antisipasi-menyikapi-informasi-hoax-covid-19. Diakses tanggal 30 Agustus 2021.
Yunita. 2017. Ini Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya. https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media. Diakses tanggal 30 Agustus 2021.