Topic outline

  • A. UMUM

    selamat datang pada perkuliahan pendidikan kewarganegaraan



  • Pertemuan ke 1. HAKIKAT PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN UTUH SARJANA ATAU PROFESIONAL

    Tujuan Pembelajaran: 

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencerdasan Kehidupan Bangsa setelah menyimak penjelasan melalui link youbtube.
    2. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Mengapa Diperlukan Pendidikan Kewarganegaraan dengan menjawab pertanyaan.
    3. Mahasiswa dapat menguraikan  Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia setelah mempelajari .ppt
    4. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tentang Dinamika dan Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan setelah menyimak penjelasan melalui youtube
    5. Mahasiswa dapat menjelaskan  Esensi dan Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan untuk Masa Depan setelah mempelajari .ppt


  • Pertemuan Ke 2. ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi identitas nasional setelah menyimak penjelasan melalui youtube.

    2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Identitas Nasional Indonesia melalui diskusi

    3. Mahasiswa dapat menganalisis dinamika dan tantangan Identitas Nasional Indonesia melalui diskusi diskusi kelas.



  • PERTEMUAN 3. INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian integrasi nasional menurut  para ahli dengan benar setelah menyimak penjelasan dosen melalui link youtube

    2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis integrasi nasional dengan lengkap setelah mempelajari e book

    3. Mahaiswa dapat mencontohkan dimensi integrasi nasional yang meliputi: 1) Integrasi politik, 2) Integrasi ekonomi, dan 3) integrasi sosial budaya dengan lengkap dengan mengisi lembar kerja LK 3

    4. Mahasiswa dapat membedakan konsep integrasi dengan disintegrasi dengan benar setelah menyimak penjelasan dosen melalui link youtube.



  • Pertemuan Ke 4. NILAI DAN NORMA KONSTITUSIONAL UUD NRI 1945 DAN KONSTITUSIONALITAS KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN DI BAWAH UUD

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara setelah menyimak penjelasan melalui link  youtube.

    2. Mahasiswa dapat menganalisis Dinamika dan Tantangan Konstitusi dalam Kehidupan dengan berdiskusi pada forum diskusi.

    3. Mahasiswa dapat menyimpulkan Esensi dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara setelah mempelajari e book.



  • Pertemuan Ke 5. HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara setelah mengikuti penjelasan melalui link youtube

    2. Mahasiswa dapat menjelakan Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Indonesia dengan berdiskusi



  • Pertemuan ke 6. Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menganalisis dinamika dan tantangan harmoni kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara setelah mempelajari e book

    2 . Mahasiswa dapat mengevaluasi pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara melalui diskusi.


  • Pertemuan ke 7. Hak dan kewajiban warga negara pada masa pandemi

    Tujuan pembelajaran:

    1. mahasiswa dapat mengidentifikasi hak dan kewajiban warga negara pada masa pandemi dengan menjawab pertanyaan.

    2. mahasiswa dapat merumuskan hak dan kewajiban warga negara pada masa pandemi dengan menjawab pertanyaan


  • Pertemuan ke-8 (Ujian Tengah Semester)

  • Pertemuan Ke 9. Demokrasi di Indonesia

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menjelaskan  Konsep dan Urgensi Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila setelah menyimak 

        penjelasan melalui youtube

    2. Mahasiswa dapat menganalisis alasan  Diperlukan Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila dengan dengan berdiskusi

    3. Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila 

        setelah mempelajari e book

    4. Mahasiswa dapat membuat video pendek dengan tema pendidikan kewarganegaraan



  • Pertemuan ke 10. Kritik jurnal

    Tujuan pembelajaran:

    1. mahasiswa dapat melakukan kritik jurnal terkait PKn dengan menelusuri jurnal melalui portal garuda

    2. mahasiswa dapat melakukan kritik jurnal terkait PKn  dengan mengisi LK 10



  • Pertemuan ke 11. Pengalaman kritik jurnal

    Tujuan Pembelajaran:

    Diberikan tugas kritik jurnal mahasiswa dapat menjelaskan pengalaman belajar melalui menu chat


  • Pertemuan ke-12. DINAMIKA HISTORIS KONSTITUSIONAL, SOSIAL-POLITIK, KULTURAL, SERTA KONTEKS KONTEMPORER PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN

    Tujuan Pembelajaran:
    1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan dengan menyimak penjelasan melalui youtube
     2. Mahasiswa dapat menganalisis alasan mengapa diperlukan penegakan hukum yang berkeadilan dengan berdiskusi
     3. Mahasiswa dapat menjelaskan sumber historis, sosiologis, politis tentang penegakan hukum yang berkeadilan dengan mempelajari e book yang disediakan

  • Pertemuan ke -13. Wawasan Nusantara

    Tujuan pembelajaran:

    1. mahasiswa dapat menjelaskan alasan  diperlukannya Wawawan Nusantara setelah menyimak penjelasan dosen melalui link youtube

    2. mahasiswa dapat menggali Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Wawasan Nusantara dengan menjawab pertanyaan


  • Pertemuan ke 14. Penyusunan Makalah Kelompok

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat mengevaluasi implementasi nilai-nilai PKn dengan berdiskusi

    2. Mahasiswa dapat menyusun makalah tentang PKn sesuai format melalui kerja kelompok.


  • Pertemuan ke-15. Penyajian makalah kelompok

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Mahasiswa dapat menyajikan makalah kelompok  melalui diskusi kelas secara mandiri.

    2. Mahasiswa dapat mendokumentasikan penyajian makalah kelompok masing-masing dan diunggah di youtube disertai chapters


  • Pertemuan ke-16 (Ujian Akhir Semester)