Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

Tugas Analisis Gizi

Tugas Analisis Gizi

by Putri Oktaviani -
Number of replies: 0

1. Menurut saya menu Sup Campur  sudah termasuk dalam menu makanan sehat karena mengandung zat gizi seimbang yang terdiri dari protein hewani, protein nabati, dan juga sayur-sayuran. Selain itu penggunaan penyedap rasa non msg seperti maseko juga masuk ke dalam ciri masakan sehat. Sup Campur ini juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

2. Zat yang terdapat dalam Sup Campur, yaitu:

  • Zat Gizi Makro: Zat gizi makro yang terkandung dalam Sup Campur yaitu Protein, lemak, karbohidrat yang terkandung dalam bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sup campur
  • Zat Gizi Mikro: Zat gizi mikro yang terdapat dalam Sup Campur sangat beragam diantaranya natrium, kalium, magnesium, zat besi, seng, kalsium, fosfor, asam folat, beta karoten, serat, selenium, Vitamin (A, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B12)

3. Manfaat dari menu Sup Campur

  • Udang; udang kaya akan vitamin B12 yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah sehingga anak akan terhindar dari penyakit anemia sejak dini. Selain kaya akan vitamin B12, udang juga kaya akan zat besi yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energy dalam tubuh anak sehingga anak bisa beremangat dalam melakukan kegiatan.
  • Tahu putih; Vitamin D dan kalsium yang terkandung dalam tahu dapat merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang. Maka dari itu konsumsi tahu sangat dianjurkan untuk anak supaya mencegah osteoporosis di usia mendatang.
  • Bakso sapi; bakso sapi kaya akan protein yang dapat meningkatkan sistem imun, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, produksi enzim dan hormon yang dapat menjaga fungsi sel dan organ tubuh, protein dalam bakso juga dapat menjadi cadangan energy.

Selain manfaat-manafaat tersebut, beragam vitamin dan nutrisi mikro lain yang terdapat dalam wortel, kembang kol, jagung muda, bawang bombay, bawang putih dan daun bawang juga memiliki manfaat yang saya baik untuk tumbuh kembang anak. Diantaranya vitamin A dari wortel untuk kesehatan mata anak, kembang kol untuk mencegah masalah pencernaan pada anak, serat yang terkandung dalam jagung muda dapat melancarkan metabolism tubuh anak, dan berbagai manfaat lain.