Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

ANALISIS GIZI

ANALISIS GIZI

by Widya Dwi Hardiyanti -
Number of replies: 0

NAMA : WIDYA DWI HARDIYANTI

NIM : K8118073

KELAS : 6B

ANALISIS GIZI MENU MAKANAN ANAK USIA DINI

1.      Apakah menu yang Anda rancang sudah termasuk dalam menu makanan sehat? Berikan alasannya!

Sudah. Karena sudah mengandung kandungan zat gizi makro dan mikro yang meliputi sumber makanan karbohidrat, protein, lemak, mineral serta vitamin. Sudah mengandung gizi seimbang karena mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Gizi seimbang mengandung komponen-komponen yang kurang lebih sama, yaitu cukup secara kuantitas, cukup secara kualitas, mengandung berbagai zat gizi (energi, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral) yang diperlukan tubuh untuk proses pertumbuhan dan perkembahan anak usia dini.

2.      Klasifikasikan zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam menu rancangan Anda!

Zat Gizi Makro

Zat Gizi Mikro

Karbohirat

Protein

Lemak

Mineral

Vitamin

Nasi Putih

Telur

Keju Parut

Air

Sawi Hijau

Tepung Terigu

Daging Ayam

Minyak Goreng

Kecap Asin

Daun Bawang

Kecap Manis

Bawang Merah

Bawang Putih

3.      Berkaitan dengan materi dari pertemuan 9-13, buatlah daftar manfaat apakah yang bisa diambil dari menu yang Anda rancang dan berikan masing-masing alasannya!

a.       Sumber zat tenaga, yaitu nasi putih dan tepung terigu mengandung karbohidrat yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Sumber energi utama untuk sel darah merah, otak, dan sistem saraf pusat. Membantu perasaan kenyang, penting untuk mendorong buang air besar yang sehat, dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

b.      Sumber zat pengatur, yaitu sayuran. Zat pengatur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berperan untuk melancarkan bekerjanya fungsi organ tubuh.

c.       Sumber zat pembangun, yaitu hasil olahan makan hewani. Makanan sumber zat pembangun yang digunakan dalam menu makanan yang akan saya buat berasal dari hewan yaitu hasil olahan telur dan daging ayam. Zat pembangun berperan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak. protein merupakan komponen struktur utama seluruh sel tubuh dan berfungsi sebagai enzim dan hormon. Protein hewani yang diperoleh dari telur dan daging ayam merupakan protein berkualitas tinggi. Makanan yang tinggi daya cerna proteinnya (>95%).