Pertemuan 13: Diskusi hasil pertemuan 13

Tugas Analisis Gizi

Tugas Analisis Gizi

by Putri Agustina -
Number of replies: 0

1. Apakah menu yang Anda rancang sudah termasuk dalam menu makanan sehat? Berikan alasannya.

Bubur hati ayam, brokoli, dan edamame merupakan salah satu makanan sehat yang sering digunakan sebagai MPASI untuk anak 1-2 tahun. Bubur ini mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Selain bahan yang digunakan adalah bahan makanan yang pilihan, alami dan sehat, proses pemasakan bubur ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Terkadang masakan yang terlalu lama dimasak dengan api menjadikan makanan tersebut berkurang kebaikan gizi nya. 

2. Klasifikasikan zat gizi makro dan mikro yang terkandung dalam menu rancangan Anda.

Dalam menu bubur ini terdapat zat gizi baik makro maupun mikro di setiap bahan nya, antara lain yaitu:

Nasi Putih: Karbohidrat

Hati Ayam Kukus: Protein, Zat Besi, Vit B12, Vit A, Vit C

Brokoli: Serat, Vit C, Vit K, Kalium

Edamame: Asam Amino Essensial, Vit A, asam lemak omega-3, folat dan vitamin B

Bawang Putih: Antioksidan

Minyak Zaitun: Lemak Tak Jenuh, Antioksidan, Zat Besi

3. Berkaitan dengan materi dari pertemuan 9-13, buatlah daftar manfaat apakah yang bisa diambil dari menu yang Anda rancang, dan berikan masing-masing alasannya.

-Nasi bermanfaat sebagai sumber karbohidrat untuk anak, kemudian tekstur bubur nasi ini dapat melancarka pencernaan untuk anak batita 

- Hati ayam mempunyai banyak manfaat untuk anak. Hati ayam mengandung vitamin A (jenis retinol), B12, C, asam folat, fosfor, dan zat besi yang mendukung perkembangan organ anak , serta baik untuk proses pembentukkan sistem kekebalan tubuh.

-Edamame memiliki manfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak. Edamame juga mengandung nutrisi penting untuk perkembangan otak dan struktur sel bayi, seperti: asam lemak omega-3, folat dan vitamin B lainnya, vitamin K, zat besi, serta zinc.

-Brokoli dapat menjaga kesehatan mata anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, meningkatkan daya kerja otak, menguatkan tulang dan gigi